Beranda Tiket Wisata

CURUG PELANGI Bandung Tiket & Pesona – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Pelangi : Rp20.000Jam Buka: 07.30 WIB - 17.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Desa Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40551

Daerah Bandung Barat sejak lama terkenal dengan wisata kawasan pegunungannya. Nama-nama seperti Gunung Tangkuban Perahu atau Tebing Keraton jelas tidak asing lagi di telinga. Namun selain dua nama tersebut masih banyak keindahan lainnya. Di daerah Cisarua ada satu air terjun yang sangat indah bernama Curug Pelangi.

Namanya belum terlalu terkenal secara luas, padahal keindahannya begitu menawan. Memiliki tinggi mencapai 87 meter Curug Pelangi menjadi salah satu yang tertinggi di Jawa Barat. Air terjun ini berada di kawasan lembah yang sangat asri. Kealamiannya terbukti dengan banyaknya monyet yang hidup di area curug.

Harga Tiket Masuk Curug Pelangi

Untuk berkunjung ke air terjun ini wisatawan perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Harga tiketnya cukup terjangkau. Dengan sekali bayar bisa menikmati dan bermain di air terjun sepuasnya. Selain itu siapkan juga biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Curug Pelangi
Tiket Masuk Rp20.000
Parkir
Motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: CURUG Tilu Bandung Tiket Masuk & Pesona Keindahan

Jam Buka Curug Pelangi

Tempat wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional yang sangat panjang. Curug Pelangi buka dari pagi hingga sore hari. Namun wisatawan bisa bermalam atau berkemah di sekitar area air terjun.

Jam Buka Curug Pelangi
Setiap Hari 07.30 WIB – 17.00 WIB

Air Terjun Dengan Panorama Alam Asri

Indahnya air terjun di tengah hutan dengan pesona alami
Air terjun ini memiliki ciri khas tingginya yang menjulang dengan panorama asri di sekitarnya. Foto: Gmaps/Dede Diaz Abdurahman

Meski namanya belum begitu populer faktanya curug ini sudah lama menjadi tempat wisata. Tercatat air terjun ini sudah menjadi destinasi wisata sejak 1992. Namun sempat tutup selama empat tahun dari 2010-2014 untuk renovasi. Lewat promosi dari media sosial akhirnya curug ini mulai lebih dikenal oleh publik. Renovasi hanya pada aksesnya saja. Tidak banyak perubahan yang pada area air terjun.

Daya tarik dari air terjun ini adalah kesan alaminya yang begitu kental. Pepohonan hijau mengelilingi area air terjun. Masih terdapat monyet-monyet liar bergelantungan menciptakan pesonanya tersendiri. Sejauh ini suasana masih cukup sepi sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran.

Pemberian nama Air Terjun Pelangi pun terbilang baru. Penamaannya terinspirasi ketika malam hari ada atraksi lampu sorot lampu yang menyinari aliran air terjun. Hal itu membuat air terjun terlihat warna-warni seperti pelangi.

Baca: Wisata Curug Maribaya Tiket Masuk & Aktivitas

Perjalanan Menuju Air Terjun

Akses anak tangga menuju air terjun dengan pemandangan asri
Sebelum mencapai air terjun wisatawan akan menuruni ratusan anak tangga dengan suasana sejuk dan asri. Foto: Gmaps/Rizki Pratama

Jangan menganggap wisatawan akan langsung dapat menyaksikan air terjun sesampainya di lokasi wisata. Dari area parkir masih harus berjalan menuruni lembah melewati anak tangga. Jalur aksesnya sangat panjang dan terdiri dari ratusan anak tangga. Selain itu jalurnya terbilang cukup curam. Maka pastikan tubuh dalam kondisi fit ketika mengunjungi air terjun ini.

Dari atas keindahan air terjun sudah dapat terlihat. Air deras yang jatuh ke bawah seakan membuat tidak sabar untuk segera turun ke bawah. Sepanjang perjalanan menuju air terjun wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang memesona. Pepohonan di kanan kiri tangga menjadikan suasana terasa teduh meskipun di siang yang terik. Wisatawan bisa sesekali berhenti untuk berfoto ria dengan latar belakang keindahan lembah.

Baca: CURUG CIMAHI Bandung Tiket Masuk & Pesona Keindahan

Melihat Monyet Habitat Asli Curug Pelangi

Di sepanjang perjalanan wisatawan akan banyak bertemu dengan monyet-monyet liar. Monyet-monyet ini merupakan satwa asli kawasan Curug Pelangi. Jenis monyet yang ada di air terjun ini adalah monyet ekor panjang.

Tidak perlu khawatir karena mereka sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Tapi perlu hati-hati dengan makanan atau minuman bawaan. Usahakan untuk menyembunyikannya ke dalam tas dan tidak terlihat oleh monyet. Karena secara insting monyet tersebut akan mengambil makanan dan minuman yang terlihat.

Banyaknya monyet yang berkeliaran di kawasan wisata ini menjadi bukti kealamiannya. Selain tentu saja udara segar khas pegunungan terasa begitu menyejukkan jiwa.

Baca: Curug Cipanas Lembang Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Keindahan Curug Pelangi

Keindahan area ir terjun yang begitu memanjakan mata
Tempatnya sangat asri sehingga cocok dipakai untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Foto: Gmaps/Rosyad_Jamil219

Sesampainya di bawah wisatawan akan dapat melihat megahnya air terjun. Air yang mengalir deras sangat jernih dan segar. Ketika berdiri lebih dekat wisatawan akan merasakan percikan-percikan air yang menyegarkan. Keindahan air terjun dapat dinikmati dengan duduk di bebatuan sungai atau rerumputan di tepi sungainya.

Bermain Air

Air terjun dengan air yang jernih dan menyegarkan
Wisatawan juga dapat menikmati kesegaran air dengan mandi di area tepian kolam atau aliran sungainya. Foto: Gmaps/Cep Budi Dharma

Airnya yang jernih dan dingin seakan menggoda wisatawan untuk bermain-main. Wisatawan bisa menikmati kesegaran air dengan mandi di aliran sungainya. Tidak disarankan mandi di kolam bawah air terjun. Hal itu karena kedalamannya yang lebih dari 2 meter.

Bermalam di Curug Pelangi

Alamnya yang masih sangat alami membuat tempat ini juga cocok jadi sebagai area berkemah. Pada saat malam suasana sunyi begitu menenangkan. Wisatawan bisa menghabiskan malam dengan menyalakan api unggun dan berbincang. Suara deru air terjun menambah suasana menjadi semakin syahdu.

Selain itu ketika malam hari wisatawan juga dapat melihat atraksi yang luar biasa. Sorot lampu akan menyinari air terjun. Hal itu membuat airnya berubah warna-warni mulai dari merah, biru, hijau dan kuning.

Baca: CURUG CILENGKRANG Bandung Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Air Terjun dari Ketinggian

Kiendahan Curug Pelangi dari atas
Selain turun ke bawah wisatawan juga dapat menikmati keindahan air terjun dari atas. Foto: Gmaps/Subiyandono 69

Selain turun ke bawah wisatawan juga dapat melihat keindahan air terjun dari atas. Terdapat anjungan yang menjorok ke jurang dengan panorama yang indah. Di area tersebut dilengkapi dengan meja dan kursi untuk bersantai. Dari tempat tersebut akan terlihat jelas pesona air terjun dan lembah di sekitarnya.

Fasilitas Curug Pelangi

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, gazebo, musala, warung makan dan pusat informasi

Lokasi Curug Pelangi

Air terjun ini beralamat di Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berjarak 18km dari pusat kota dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini