Beranda Tiket Wisata

Danau Buyan Buleleng : Tiket & Ragam Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Danau Buyan : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali, Indonesia, 81161

Meski namanya tak sepopuler Danau Kintamani ataupun Bedugul, Danau Buyan menawarkan keindahan yang tidak kalah cantiknya. Suasana di tempat ini juga sejuk karena berada di ketinggian 1.350mdpl.

Danau Buyan merupakan danau terbesar dari tiga danau kembar yang ada di Desa Pancasari. Memiliki luas 490 hektar Danau ini berada di antara Danau Tamblingan dan Danau Beratan. Kawasannya yang masih sangat alami dan begitu asri membuat tempat ini sangat cocok bagi penggemar petualangan. Menariknya lagi danau ini dikelilingi barisan perbukitan dan hutan. Sehingga menawarkan pemandangan yang berbeda.

Harga Tiket Masuk Danau Buyan

Untuk berwisata ke Danau Buyan wisatawan perlu membayar tiket masuk. Namun tenang saja harganya masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000

Baca: Pulau Menjangan Buleleng Snorkeling Asik di Utara Bali

Jam Buka Danau Buyan

Untuk berwisata ke Danau Buyan wisatawan bisa datang kapas saja karena tempat ini buka setiap hari.

Jam Buka
Jam Buka24 Jam

Danau Yang Terbentuk Dari Letusan Gunung

Danau di kawasan perbukitan
Keindahan danau dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya. Foto: Gmaps/Faisal Alrogi

Ada sejarah menarik perihal munculnya danau ini. menurut cerita Danau Buyan terbentuk dari letusan Gunung Lesung. Akibat letusan tersebut muncul sebuah kaldera yang lama kelamaan terisi air dan terbentuklah sebuah danau. Memiliki luas 490 hektar dan kedalaman 87 meter, danau ini memiliki panorama cantik khas pegunungan. Wilayahnya yang juga berada di area konservasi, membuat hutan di tempat ini sangat asri dan terjaga.

Di sekitar danau terlihat juga area sawah dan perkebunan milik warga yang menambah keindahannya. Tak jauh dari area danau ada sebuah telaga bernama Telaga Aya. Di tepi telaga berdiri bangunan pura sebagai tempat persembahyangan penduduk setempat. Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan di danau ini. salah satu yang jadi favorit adalah camping dan bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Baca: Brahma Vihara Arama Keindahan Stupa Borobudur Buleleng

Nikmatnya Bersantai di Tepi Danau

Pemandangan yang sangat asri di area perbukitan
Di area tepi danau ada sebuah area rerumputan yang luas dan cocok untuk bersantai. Foto: Gmaps/Mery Vegan Food

Danau Buyan sangat cocok menjadi tempat pelarian dari rutinitas harian yang melelahkan. Nuansa pedesaan masih sangat kental terasa di tempat ini. Duduk di tepi danau menikmati pemandangan dan sejuknya angin pegunungan tentu saja sangat menentramkan.

Di tepi danau terdapat area tanah lapang rerumputan yang rata sehingga cocok sebagai area duduk bersantai. Kemudian terdapat juga wahana ayunan yang bisa dipakai oleh anak-anak hingga dewasa.

Baca: Krisna Funtastic Land Tiket & Wahana

Menjelajah Danau Buyan

Bagi yang suka jalan-jalan, berkeliling dan menjelajahi Danau Buyan bisa menjadi pilihan. di setiap sudutnya menawarkan panorama yang sangat cantik. Tak jauh dari area danau ada kawasan hutan yang sangat rindang.

Wisatawan bisa berjalan-jalan di kawasan hutan tersebut. Karena masih berada di wilayah konservasi maka kealamian hutan masih sangat terjaga. Bila beruntung wisatawan bisa melihat aneka satwa mulai dari monyet hingga burung warna-warni.

Baca: 4 Daya Tarik PANTAI LOVINA Selain Lumba-lumba

Trekking ke Bukit

Sekeliling Danau Buyan merupakan barisan perbukitan yang cukup tinggi. Wisatawan bisa mendaki ke atas bukit untuk menyaksikan pemandangan berbeda dari danau ini. Di atas bukit juga banyak aneka bunga warna-warni yang cantik. Dari atas bukit akan terlihat gagahnya Gunung Batukaru dari kejauhan.

Melihat Pura Ulun

Pura yang ada di tepi danau
Sebuah bangunan pura cantik yang ada di tepi danau. Foto: Gmaps/Pri Hinkap

Bali memang terkenal sebagai pulau seribu pura memiliki banyak bangunan pura di setiap sudutnya. Termasuk di Danau Buyan. Tak jauh dari area danau ada sebuah Pura untuk sembahyang warga setempat. Namanya adalah Pura Ulun. Arsitektur yang cantik dengan latar belakang danau dan perbukitan menjadi sebuah perpaduan yang memanjakan mata.

Berkemah di Danau Buyan

Berkemah di tepi danau
Kawasan danau yang masih asri dan alami sangat cocok menjadi tempat untuk berkemah. Foto: Gmaps/Hadiid Akbar

Salah satu aktivitas favorit wisatawan jika berkunjung ke Danau Buyan adalah berkemah. Wisatawan bisa mendirikan tenda di sejumlah titik. Ada beberapa camping area yang tersedia. Mulai dari di tepi danau atau di area hutan. Menikmati suasana malam yang sunyi bersama orang-orang tersayang sembari membuat api unggun tentunya memberikan pengalaman yang berharga.

Ketika fajar tiba suguhan pemandangan megah akan terlihat. Matahari yang muncul dari belakang bukit akan menciptakan sebuah panorama yang sangat memanjakan mata. Ketika danau berselimut kabut pun juga menjadi momen yang romantis. Bagi penggemar fotografi, momen-momen seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Memancing

Memiliki kawasan yang sangat luas, Danau Buyan memiliki kekayaan hayati di dalam airnya. Berbagai macam jenis ikan hidup di danau ini. Maka dari itu tak heran tempat ini menjadi tujuan favorit untuk memancing.

Bagi penggemar memancing maka wajib untuk mencoba pengalaman memancing di danau ini. Aktivitas memancing dengan suguhan pemandangan alam yang menakjubkan pastinya membuat tidak akan terasa membosankan.

Fasilitas Danau Buyan

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini sudah cukup memadai. Di tempat ini sudah tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, spot foto hingga wahana permainan.

Lokasi Danau Buyan

Wisata danau ini beralamat di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Berjarak sekitar 26 Km dari pusat kota Buleleng dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.  Akses menuju ke tempat ini sudah sangat baik dan bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 25

Berikan Rating