Beranda Tiket Wisata

DANAU BATUR Bentang Alam Menakjubkan Oktober 2021

Danau Batur BaliHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Batur Tengah, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, -

Danau Batur merupakan objek wisata alam yang terletak di kawasan Kintamani, Bangli, Bali. Objek wisata alam ini menawarkan keindahan pemandangan danaunya yang berwarna hijau kebiruan. Keindahan alam objek wisata ini bertambah dengan adanya Gunung Batur di sebelah danau ini.

Keindahan alam dari danau ini bahkan telah mendapat pengakuan UNESCO pada tahun 2012. Melalui Konferensi UNESCO ke-11 di Portugal, danau ini termasuk kawasan Geopark dunia. Selain keindahannya danau ini juga memiliki peran penting sebagai cadangan air di Bali. Tidak mengherankan karena luas danaunya mencapai 16 Kilometer persegi.

Harga Tiket Masuk Danau Batur Bali

Untuk menikmati keindahan objek wisata danau ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang masih tergolong sangat terjangkau. Dengan hanya membayar parkir, pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dan Gunung Batur.

Tarif Parkir
MotorRp 5.000/unit
MobilRp 10.000/unit

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Terbaik di Bangli

Jam Buka Danau Batur Bali

Wisata Danau Batur tidak memiliki batasan jam operasional sehingga pengunjung dapat datang leluasa. Bahkan, wisata danau ini juga buka setiap hari. Untuk menikmati pemandangan dengan udara yang masih sejuk disarankan datang pada pagi hari. Saat pagi hari, pengunjung juga dapat menikmati momen sunrise. Sedangkan pada saat sore hari pemandangan sunset juga terlihat jelas di sini.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Aktivitas Wisata di Danau Batur Bali

Berwisata ke sini tentu sajian keindahan bentang alam merupakan hiburan utama. Berbagai pemandangan alam dapat dinikmati, yaitu danau, gunung, dan bukit. Sambil menikmati pemandangan, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik. Pengunjung dapat mengabadikan foto dengan tema alam, berkemah, bahkan memancing di danau ini.

Pemandangan Alam Spektakuler

Pemandangan Danau dan Gunung Batur Bali
Keindahan Alam Danau dan Gunung Batur yang Tampak Dari Atas. Foto: Google Maps/John Rangtveit

Objek wisata ini memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang memikat hati. Utamanya, wisata ini menyuguhkan keindahan danaunya yang berwarna hijau kebiruan. Selain itu, di sini juga terkenal dengan warna danaunya yang dapat berubah-ubah. Hal inilah yang menambah daya tarik objek wisata danau ini.

Perubahan warna air danaunya terpengaruh senyawa belerang. Senyawa belerang tersebut terletak di dasar danau. Maka dari itu, warna danau terkadang tampak kebiruan, hijau, bahkan kekuningan.

Selain pemandangan eksotis warna danau, bentang alam perbukitan dan gunung yang mengelilingi danau juga tak kalah menarik. Salah satunya yaitu Gunung Batur. Selanjutnya kehijauan bukit Bukit Sari menambah semarak pemandangan di sekitar danau. Tak hanya itu hamparan pepohonan hijau dan subur di sekitar danau menjadi pelengkap panorama di sini.

Berkemah dan Memancing

Perkemahan Danau Batur Bali
Pengunjung yang Tampak Beraktivitas Di Area Perkemahan yang Tersedia Di Tepi Danau. Foto: Google Maps/FIDI Productions

Bagi yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam danau batur bisa memilih berkemah. Udaranya masih sejuk serta suasana nyaman akan membuat betah bermalam di sini. Sisi tepi danau sering digunakan sebagai lahan untuk mendirikan tenda. Bagi yang ingin menikmati area danau dari ketinggian bisa memilih mendirikan tenda di area perbukitan.

Selain berkemah pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing di sini. Bahkan, banyak warga setempat juga sering menjadikan danau ini sebagai tempat memancing. Danau ini memiliki ikan yang cukup bervariasi. Berbagai jenis ikan yang ada di danau ini seperti ikan nila dan ikan mujair. Hasil pancingan ikan kemudian dapat diolah atau dibawa pulang.

Spot Foto

Spot Foto Danau Batur Bangli Bali
Pengunjung yang Tampak Mengabadikan Foto Di Tepi Danau dengan Pemandangan Gunung. Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Objek wisata danau ini seringkali menjadi tempat untuk mengabadikan momen yang indah. Di sini, pengunjung akan disuguhkan spot foto dengan pemandangan alam Kabupaten Bangli. Berbagai spot foto tersebut dapat diakses melalui tepi danau ataupun dari atas bukit.

Selanjutnya, pengunjung juga dapat berfoto dengan pemandangan danau yang tampak dari atas. Untuk mendapatkan hasil foto pemandangan danau yang luas, pengunjung dapat mendaki Bukit Sari. Bukit yang cukup tinggi dan kehijauan ini tampak mengelilingi danau. Dari atas bukit tersebut, spot foto dengan pemandangan gunung pun dapat diabadikan.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di objek wisata danau ini tergolong tidak terlalu lengkap. Tempat parkir dan spot foto menjadi fasilitas yang dapat ditemukan di sini. Namun, di sekitar danau terdapat destinasi wisata lainnya yang dapat menjadi fasilitas tambahan. Destinasi yang dimaksud, yaitu pemandian air panas Toya Devasya, penginapan, dan Pura.

Rute & Lokasi

Danau Batur terletak di kawasan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung dapat mengendarai mobil ataupun motor. Akses jalannya pun sudah bagus dan mulus. Tetapi, pengendara tetap harus berhati-hati karena akses jalannya cukup berliku-liku.

Danau berjarak 30 kilometer dari Ubud, Bali. Sedangkan, jarak dari pusat Kota Denpasar ke lokasi ini sekitar 65 kilometer. Terdapat dua rute untuk menuju lokasi ini, yaitu Gianyar dan Ubud. Jika pengunjung berangkat dari Kuta, maka pilihlah rute Gianyar. Bagi pengunjung yang berangkat dari pusat kota dapat memilih rute Ubud.

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini