Kebun Raya Bali
Harga Tiket: Rp9.000 - Rp17.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 WITA No. Telepon: 0368-2033211 Alamat: Jl. Kebun Raya, Candikuning,Baturiti,Tabanan,Bali,Indonesia,82191.

Keberadaan kebun raya di suatu daerah sangatlah penting untuk menjaga kelestarian alam. Kebun Raya Bali salah satunya, yang berada di Kabupaten Tabanan. Dimana kebun raya ini melindungi tumbuhan secara ex-situ, atau pelestarian di luar habitat asli.

Berdirinya objek wisata digagas oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo, kepala Kebun Raya Indonesia. Dan I Made Taman, yang menjadi Kepala Lembaga Pelestarian dan Pengawetan Alam. Kebun raya ini telah diresmikan sejak 15 Juli 1959 dengan nama awal Eka Karya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bali Tabanan

Koleksi di taman ini sangatlah banyak, tumbuhan dan fasilitas terawat dengan baik. Bahkan, dapat dikatakan bahwa objek wisata ini memenuhi standar internasional. Meski begitu, tiket masuknya masih tergolong sangat murah.

Harga Tiket Masuk
Wisatawan domestikRp9.000
Wisatawan mancanegaraRp17.000
Tarif Parkir
Tiket mobil masukRp11.000

Tiket termasuk asuransi PT Jasaraharja Putera dan kontribusi ke Pemda Tabanan.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Jam Buka

Taman rekreasi dan konservasi ini buka setiap hari di waktu yang sama. Tidak ada perbedaan hari biasa dengan akhir pekan. Namun, pada hari raya Nyepi, objek wisata ini tutup.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 17.00 WITA

Berkeliling di Indahnya Kebun Raya Bali

Keasrian Kebun Raya Bali Berpadu dengan Indahnya Patung
Keasrian Kebun Raya Bali Berpadu dengan Indahnya Patung. Foto: Gmap/Погребний Леонід

Kebun Raya Bali menempati lahan seluas 157,5 hektar. Awalnya mengkhususkan diri sebagai tempat konservasi tumbuhan berdaun jarum (Gymnospermae). Kini, kebun ini berkembang menjadi konservasi ex-situ tumbuhan pegunungan tropika kawasan timur Indonesia.

Objek wisata ini berada di ketinggian 1.250 – 1.450 mdpl. Suhu rata – rata harian antara 18 – 20 derajat. Tentu menjadikan objek wisata ini begitu sejuk.

Baca: Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan

Ditambah lagi, kawasannya begitu hijau dengan berbagai pepohonan yang tinggi menjulang. Rerumputan pun ditanam dan terawat dengan sangat rapi. Dari kejauhan, tampak perbukitan hijau menjadi latar belakang dari pemandangan tempat wisata ini.

Koleksi Anggrek Endemik

Koleksi Anggrek Kebun Raya Bali
Koleksi Anggrek Kebun Raya Bali. Foto: Gmap/Hu Chiang

Koleksi anggrek Kebun Raya Bali menempati lahan seluas 0,5 hektar. Terbagi menjadi dua area, area terbuka untuk anggrek silangan, dan area tertutup untuk anggrek liar.

Koleksi yang terdapat di sini lebih dari 293 jenis anggrek. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat bulan Maret hingga Juni, ketika banyak anggrek mekar. Dua jenis anggrek endemik Bali yang menjadi koleksi yaitu Malleola baliensis dan Calanthe baliensis.

Penghuni Taman Cyathea di Kebun Raya Bali

Koleksi berbagai jenis tanaman
Koleksi Tanaman Kebun Raya Bali. Foto: Gmap/Azam Nana

Koleksi tumbuhan paku di sini menempati lahan seluas 2 hektar yang diberi nama Taman Cyathea. Di sini, terdapat lebih dari 80 jenis tumbuhan paku yang menjadi koleksi. Tumbuhan paku ini berasal dari Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Sumatera, dan Papua.

Koleksi Taman Begonia

Di taman begonia ini, terdapat 920 spesimen dari 94 jenis koleksi begonia yang dapat dinikmati pengunjung. Keunikan tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk tidak simetris. Selain itu, variasi warnanya juga sangat indah, yaitu perpaduan warna perak, hijau, dan merah.

Serunya Masuk ke Rumah Kaca untuk Melihat Koleksi Kaktus

Karena kaktus merupakan tumbuhan gurun, perlakuannya di tempat bersuhu sejuk ini dibuat khusus. Koleksi kaktus ditempatkan di sebuah rumah kaca berukuran 500 meter persegi. Di sini, terdapat 68 jenis tanaman kaktus, yang bahkan ada yang mencapai tinggi 5 meter.

Baca: Bali Butterfly Park Tabanan Tiket & Atraksi

Kolam Tanaman Air yang Begitu Indah

Koleksi tanaman air menempati kolam yang bertingkat enam. Kolam tersebut dilengkapi dengan ornamen penghias taman, seperti batu – batuan, pot, dan pancuran bambu. Suara ketukan bambunya menimbukan irama yang teratur, dan menjadi alunan musik bersama gemericik air.

Untuk koleksi tanaman air, yang paling terkenal dan menjadi primadona adalah koleksi teratai.

Dari Tanaman Obat, Tanaman Uparaca Keagamaan, hingga Herbarium dan Koleksi lainnya

Area Kebun Raya Bali
Taman-taman yang tertata rapi rapi dengan berbagai jenis bunga dan pohon. Foto: Google Maps/nanda devi

Di kawasan kebun raya juga memiliki Taman Usada, sebagai bentuk kearifan tradisional di bidang pengobatan. Di sini, terdapat lebih dari 300 jenis tanaman obat dan menempati lahan seluas 1.600 meter persegi.

Selain taman tanaman obat, ada juga taman yang berisi tanaman untuk upacara adat Hindu Bali. Di sini, terdapat 580 tanaman yang berasal dari 42 suku, 81 marga, dan 130 jenis.

Herbarium juga menjadi daya tarik di Kebun Raya Bali, dengan koleksi kering dan basah. Ditambah lagi, terdapat koleksi Araceae, Rhododendron, serta pohon bambu.

Mengamati Aneka Burung

Selain mengamati tanaman, di sini juga menjadi tempat yang baik untuk mengamati burung. Pengunjung dapat mengamati burung liar yang dilindungi, yang mana terdapat 79 jenis burung. Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengamati burung.

Fasilitas Kebun Raya Bali

Fasilitas umum seperti lahan parkir dan toilet telah disediakan dengan baik. Objek wisata ini juga menyediakan self guide, berupa peta interaktif untuk memandu pengunjung berkeliling. Pengunjung juga dapat mengakses perpustakaan online yang telah disediakan.

Lokasi dan Kontak Kebun Raya Bali

Taman rekreasi ini berlokasi di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0368-2033-211.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini