Beranda Tiket Wisata

Pura ULUN DANU Tiket Masuk Terjangkau Keindahan Berbalut Kesejukan - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan Bedugul : Rp15.000 - Rp20.000Jam Buka: 07.00 - 19.00No Telp: 0368-2033-050Alamat: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, Indonesia, 82191

Ketika melihat uang pecahan Rp50.000, tentu sangat familier dengan gambarnya. Sebuah pura di Pulau Bali, dengan latar belakang pemandangan danau yang indah. Namun, mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa itu adalah Pura Ulun Danu Beratan.

Di uang Rp 50.000 memang terlihat hanya ada satu pura. Namun sebenarnya, Pura Ulun Danu Beratan ini ada banyak dan terpisah-pisah. Keindahan Ulun Danu Beratan ini juga tidak bisa terlepas dari pemandangan alam sekitar yang memesona.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu

Objek wisata nan indah ini tergolong murah. Bahkan, tiket untuk wisatawan domestik dan mancanegara tidak perbedaan. Yang berbeda hanya tarif tiket dewasa dan anak-anak.

Harga Tiket Masuk
DewasaRp20.000
Anak-anakRp15.000

Baca: Pura Luhur ULUWATU Pesona Sunset & Tari Kecak

Jam Buka Pura Ulun Danu Beratan

Objek wisata ini buka setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Pengunjung dapat menikmati sejuk dan segarnya udara di sini sejak pagi hari.

Jam Operasional
Minggu-Jumat07.00-19.00
Sabtu05.00-19.00

Menikmati Keindahan dengan Balutan Kesejukan Ulun Danu Beratan

Keindahan Pura Ulun Danu Beratan
Keindahan Pura Ulun Danu Beratan. Foto: Gmap/Vips Amin

Nama Pura Ulun Danu Beratan ini berasal dari nama danau di tepinya, yaitu Danau Beratan. Berada di ketinggian 1.200 Mdpl membuat udara di objek wisata begitu sejuk. Jika datang di pagi hari sebelum matahari terbit, pengunjung akan menyaksikan kabut. Kabut yang menyelimuti pura serta danau, yang membuatnya semakin tampak indah.

Danau Beratan begitu jernih, ditambah dengan beberapa tanaman teratai tampak menyembul ke permukaan. Keelokan danau semakin cantik dengan perbukitan yang menjadi latar belakangnya. Begitu hijau dengan pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur. Jernihnya air danau mampu memantulkan keindahan bukit dan langit biru yang cerah.

Baca: Pura Besakih Tiket & Ragam Aktivitas

Keindahan alam ini berpadu dengan bangunan-bangunan pura yang berdiri kokoh. Di sini terdapat enam pura yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Meski objek wisata ini masih aktif sebagai tempat beribadah, namun kegiatan rekreasi tak ditinggalkan. Wahana rekreasi danau juga hadir sebagai wahana hiburan wisatawan.

Pura Lingga Petak

Pura Lingga Petak Ulun Danu Beratan
Pura Lingga Petak Ulun Danu Beratan. Foto: Gmap/Dvs Bstd

Pura Lingga Petak inilah yang ada di pecahan uang Rp50.000. Pura ini terdiri dari tiga tingkat, dan di dalamnya terdapat sumur keramat. Di dalam sumur ini, tersimpan Tirta Ulun Danu. Adanya sumur keramat ini diyakini sebagai sumber utama air dan kesuburan Danau Beratan.

Selain sumur, ada juga lingga berwarna putih, yang terapit batu hitam dan merah. Ada juga dua pelinggih, yaitu Pelinggih Meru Tumpang Solas dan Meru Tumpang Telu. Meru Tumpang Solas menghadap ke selatan. Sementara Meru Tumpang Telu memiliki empat pintu yang menghadap empat arah mata angin.

Baca: Pura Lempuyang Tiket & Atraksi Wisata

Pura Dalem Prajapati

Pura ini berfungsi sebagai istana Bhatari Durga. Di sini, terdapat pohon beringin besar yang menjadi penanda pura ini.

Pura Dalem Purwa

Di Pura Dalem Purwa terdapat tiga pelinggih utama. Di antaranya Pelinggih Dalem Purwa yang menjadi tempat persemayaman Bhatari Durga dan Dewa Ludra. Keduanya dipuja sebagai sumber kemakmuran.

Kemudian ada Bale Murda Manik sebagai Balai Pemaruman. Lalu ada Bale Panjang sebagai tempat meletakkan upakara. Pelinggih berada di tepi danau sebelah selatan dan menghadap ke arah timur.

Pura Taman Beji

Upacara Adat di Pura Taman Beji
Upacara Adat di Pura Taman Beji. Foto: Gmap/Hai Thinh

Pura Taman Beji ini lokasinya paling terbuka di antara pura yang lain. Hal ini karna fungsi pura ini sendiri. Di antaranya sebagai tempat upacara Ngebejiang untuk memohon Tirta. Selain itu, digunakan juga sebagai tempat melasti oleh masyarakat sekitar.

Meski terbuka, di sini juga terdapat pelinggih. Lokasinya berada di timur Hotel Enjung Beji dan tidak dikelilingi oleh tembok.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Pura Penataran Agung

Pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu pada tahun Saka 1556 (1634 Masehi). Dengan bangunan menghadap ke selatan, dan bertujuan untuk memuja Tri Purusha Siwa. Yaitu Sadha Siwa dan Parama Siwa.

Stupa Budha

Selain pura, di sini juga terdapat Stupa Budha. Lokasi Stupa Budha ini berada di luar area utama kompleks Pura Ulun Danu Beratan. Di mana posisinya menghadap ke arah selatan.

Berdirinya Stupa Budha ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini memberikan makna adanya keselarasan dan harmoni beragama.

Wahana Seru yang dapat Dinikmati di Danau

Perahu Jukung yang Siap Membawa Wisatawan Berkeliling
Perahu Jukung yang Siap Membawa Wisatawan Berkeliling. Foto: Gmap/My Nizar

Objek wisata ini menawarkan wisata yang menyenangkan. Di sini terdapat wahana speed boat, pedal boat, dan jukung. Bagi penggemar olahraga air menantang, dapat mencoba speed boat untuk melaju kencang di atas danau.

Sementara yang ingin santai menikmati danau, dapat mencoba pedal boat. Jukung atau perahu bercadik, selain digunakan sebagai nelayan, juga dapat disewa oleh wisatawan. Wisatawan dapat berkeliling danau dengan naik jukung.

Baca: Daya Tarik Wisata di GOA GAJAH Ubud

Bagi penggemar olahraga memancing, juga dapat dilakukan di Danau Beratan. Pengunjung dapat memancing ikan di area yang sudah disediakan berupa jembatan buatan.

Berfoto dengan Satwa Liar

Pengunjung juga dapat berfoto dengan hewan liar di Ulun Danu Beratan. Diantaranya ada ular piton albino, burung hantu berukuran besar, rangkong, rusa, dan lainnya. Selain untuk berfoto, keberadaan hewan ini juga sebagai bentuk pengelola melindungi dari kepunahan.

Fasilitas Pura Ulun Danu Beratan

Fasilitas umum seperti toilet dan lahan parkir tersedia di sini. Ditambah lagi, toko cinderamata, jasa lukis, taman bermain, dan lokasi foto pre-wedding.

Lokasi dan Kontak Pura Ulun Danu Beratan

Objek wisata pura ini berlokasi di Jalan Denpasar-Singaraja, Candikuning, Tabanan. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi nomor 0368-2033-050 atau email di [email protected]

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini