DUSUN SALJU Semarang Tiket & Wahana Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Dusun Salju: Ro65.000 - Rp90.000
  • Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: +6281240003248
  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta no. 49, Bawen, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Dusun Salju merupakan taman bermain tematik yang memberikan pengalaman mengunjungi suasana musim dingin. Taman indoor ini adalah bagian dari taman bermain Dusun Semilir di Semarang, Jawa Tengah. Daya tarik utamanya adalah pengalaman bermain di tengah suasana bak musim dingin. Lengkap dengan salju yang dibuat dari es sungguhan menggunakan mesin khusus. 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket Dusun Salju mulai dari 75 ribu rupiah hingga 85 ribu rupiah. Ini sudah termasuk penyewaan sepatu boots karet dan kaus kaki. Daftar harga yang tercantum di bawah ini belum mencakup tiket masuk Dusun Semilir. 

Jenis TiketHarga
Tiket Reguler Senin – JumatRp75.000
Tiket Reguler Sabtu – Minggu dan Hari Libur NasionalRp85.000
Paket Hemat Senin – JumatRp65.000
Paket Hemat Sabtu – Minggu dan Hari Libur NasionalRp90.000
Tiket Masuk Dusun Semilir WeekdayRp30.000
Tiket Masuk Dusun Semilir (Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional)Rp40.000
Sewa BanRp15.000
Sewa JaketRp10.000 – Rp15.000
Harga Tiket Masuk Dusun Salju

Baca: PRPP Semarang Tiket & Berbagai Anjungan Unik

Jam Operasional

Dusun Salju buka setiap hari Senin sampai Minggu. Pada hari libur nasional pun tempat wisata ini tetap buka. Pengunjung bisa datang lebih pagi jika datang ketika weekend atau hari libur. 

HariJam Operasional
Senin – Jumat09.00 – 18.00 WIB
Weekend dan Hari Libur Nasional08.00 – 20.00 WIB
Jam Buka

Wahana Unik

perosotan salju
Salah satu wahana yang paling diminati di Dusun Salju – Foto; Gmaps/Ika Dwi Pertiwi

Dusun Salju sendiri merupakan wahana yang menjadi bagian dari kawasan taman tematik Dusun Semilir. Taman ini berada di kawasan Bawen, Semarang. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai permainan dan spot wisata kekinian di tengah suasana alam dan pedesaan.

Wahana Dusun Salju terhitung wahana yang masih baru. Taman bermain bertema unik ini baru buka untuk publik pada pertengahan tahun 2022. Meski baru, tempat ini sudah menarik banyak perhatian dan kunjungan wisatawan.

Daya tarik spot wisata ini yaitu menawarkan pengalaman bermain di tengah suasana bak musim dingin. Lengkap dengan butiran es yang menyerupai salju dan suhu ruangan mencapai 10 derajat celcius. Pengunjung dapat merasakan bagaimana berjalan di tumpukan salju hingga mencoba bermain bola salju. 

Mungkin ada yang salah mengira Dusun Salju adalah tempat yang sama dengan Snow World Semarang. Kedua tempat ini adalah destinasi wisata yang berbeda. Dusun Salju adalah bagian dari Dusun Semilir. Sedangkan Snow World Semarang berada di lantai dasar gedung Louise Kienne Hotel. 

Baca: Semarang Contemporary Art Gallery Harga Tiket Masuk dan Koleksi

Salju dari Es Asli!

pengunjung berfoto bersama di Dusun Salju
Dusun Salju adalah destinasi wisata menarik untuk keluarga – Foto: Gmaps/Bosse Film

Jangan salah mengira hanya ada salju buatan dari styrofoam di sini. Salju yang disebar di area permainan Dusun Salju merupakan es asli. Es ini dibuat dengan mesin khusus yang memang tersedia. Setiap beberapa menit sekali, terdapat sesi hujan ‘salju’. Pengunjung dapat merasakan bagaimana kira-kira suasana ketika salju turun di musim dingin.

Taman bermain indoor ini juga tidak hanya menghadirkan ‘salju’ saja. Suhu ruangan secara keseluruhan diatur agar mendekati suasana musim dingin, yaitu 5 hingga 10 derajat celcius. Suhu yang dingin tentu membuat pengunjung tidak bisa berlama-lama di dalam. Durasi waktu bermain maksimal 40 menit mulai dari mengganti sepatu.  

Itulah kenapa pengunjung perlu menyiapkan diri menggunakan pakaian hangat ketika memasuki arena bermain. Bagi pengunjung yang terlanjur mengenakan pakaian tipis atau pendek, sebaiknya tidak terlalu khawatir. Dusun Salju juga menyediakan fasilitas penyewaan jaket. 

Baca: Water Blaster Semarang Tiket & Wahana

Wahana dan Aktivitas

wahana peluncuran ban di dusun salju
Pengunjung bisa mencoba berbagai wahana pelengkap di dalam arena bemain – Foto: Gmaps/Ahmad Muharom

Setelah melalui pengecekan tiket, pengunjung harus melakukan pengukuran kaki terlebih dahulu. Ini untuk mencari ukuran sepatu boots yang akan digunakan selama berada di dalam. Setelah mencatat ukuran, pengunjung bisa menukarnya di gerai yang tersedia. Penyewaan sepatu ini gratis dan sudah termasuk kaus kakinya.

Setelah mendapatkan sepatu, pengunjung bisa berfoto terlebih dahulu di spot foto green screen. Petugas akan mengubah latar hijau ini menjadi pemandangan khas negara musim dingin. Pengunjung bisa mencetak foto ini sebagai kenang-kenangan. Setelah itu, pengunjung bisa mulai mengeksplorasi arena Dusun Salju.

Di dalam arena, terdapat beberapa wahana permainan anak, perosotan salju, dan spot foto. Untuk meluncur di perosotan, pengunjung harus menggunakan ban. Di spot foto, terdapat jasa foto 360 unik yang bisa dicoba. Selain itu, pengunjung bisa berkeliling dan mencoba bermain salju.

Fasilitas

Fasilitas untuk pengunjung Dusun Semilir yaitu sepatu dan kaus kaki, penyewaan ban dan jaket, jasa foto green screen dan 360 derajat, area foto, wahana permainan, dan restoran. 

Lokasi Dusun Salju

Wahana Dusun Salju berada di dalam kawasan taman bermain Dusun Semilir, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta no. 49, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Wisatawan bisa lebih mudah mengaksesnya dengan melalui exit jalan tol Semarang. Lokasinya hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit dari pusat Kota Semarang. Untuk reservasi atau info lebih lanjut, hubungi +6281240003248 atau Instagram @dusunsalju.

Akses ke Dusun Salju

area dalam Dusun Salju
Menikmati secuil musim dingin di dalam ruangan – Foto: Gmaps/Robiatul Adawiyah

Lokasi Dusun Salju berada di samping wahana Prosotan Dusun Semilir. Dari pintu masuk, pengunjung hanya perlu berjalan lurus sampai melintasi Dusun The Villas. Kemudian, belok ke kiri dan ikuti jalan lurus sampai ujung jalan. Pengunjung akan menjumpai bangunan Dusun Salju di sebelah kiri.

Seluruh pengunjung Dusun Semilir hanya bisa mengeksplorasi kawasan ini dengan berjalan kaki. Bagi pengunjung yang kurang mampu secara fisik, tersedia fasilitas golf car untuk berkeliling.

Tiket Dusun Salju bisa dibeli on-the-spot di gerai kasir yang tersedia. Pengunjung bisa membayar tiket dengan beberapa metode. Bisa dengan uang tunai, debit, atau kode QR. Jadi, tidak perlu cemas ketika lupa membawa uang tunai atau tidak memiliki koneksi internet untuk pindai QR. 

Jika datang agak siang, terutama ketika weekend, mungkin pengunjung harus mengantre cukup panjang. Persiapkan bekal makanan dan payung atau topi untuk menghindari perubahan cuaca. Akan tetapi, makanan atau minuman apa pun tidak boleh dibawa masuk ke area bermain di dalam.

Ulasan Pembaca

4 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *