Beranda Tiket Wisata

KAMPOENG KOPI BANARAN Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kampoeng Kopi Banaran : Rp15.000 - Rp500.000Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: 02983429053/0811-2721-770Alamat: Jl. Raya Bawen - Solo KM 1,5 Bawen, Gentong, Asinan, Bawen, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Mencari tempat berlibur yang cocok untuk seluruh anggota keluarga mulai dari kakek-nenek hingga cucu? Atau ingin mengisi liburan dengan wisata edukatif dan bermanfaat? Membutuhkan udara segar setelah penat bekerja? Kampoeng Kopi Banaran yang berada di Semarang mungkin bisa jadi jawabannya.

Tidak hanya mencicipi kopi Banaran yang khas, pengunjung juga bisa berkeliling kebun kopi, menambah wawasan tentang kopi, dan menikmati beragam aktivitas yang seru!

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Kampoeng Kopi Banaran, pengunjung dikenakan biaya tiket dengan harga terjangkau. Tiket ini tidak termasuk biaya fasilitas di dalamnya seperti tur kebun dan pabrik, arena permainan, dan lain-lain.

Harga Banaran Activities 
Mobil Mini/15 Menit, Panahan, Sepeda Udara, Shooting Target Rp30.000
Outbound Kids Rp150.000
Panahan Rp30.000
ATV Short Trip Rp35.000
ATV Long Trip Rp200.000
Kereta Wisata/5 Orang Rp85.000
Berkuda Rp50.000
Jeep Short Trip Rp250.000
Jeep Long Trip Rp500.000
Paintball Rp100.000
Pancingan Rp15.000
Sepeda Listrik Orion/Jam Rp35.000
Fun Painting Rp25.000
Exvcavator Hidrolik Rp20.000

Baca: DUSUN SEMILIR Semarang Tiket Masuk & 5 Wahana Seru

Jam Operasional

Kampoeng Kopi Banaran buka setiap hari untuk umum. Tempat ini selalu jadi destinasi berlibur ketika masa liburan sekolah, akhir pekan, atau hari raya.

Jam Buka
Wahana Wisata (Sabtu, Minggu & Tanggal Merah) 09.30 – 16.00 WIB
Wahana Air (Setiap Hari) 09.00 – 16.00 WIB

Ragam Aktivitas di Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran
Objek wisata yang menawarkan taman rekreasi dan restoran dengan menu kopi istimewa. Foto: Google Maps/CP Rahayu

Keberadaan Kampoeng Kopi Banaran berawal dari kawasan perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Berada di ketinggian 480 hingga 600 mdpl, kawasan wisata ini merupakan area perkebunan kopi yang sudah ada sejak dulu. Destinasi agrowisata ini mengklaim sebagai one stop tourism and education service—sebuah klaim yang tidak salah karena lengkapnya fasilitas yang ditawarkan.

Baca: 30 Tempat Wisata di Semarang Paling Seru

Pengunjung mempunyai pilihan akomodasi untuk bermalam, aktivitas luar ruangan, dan wisata edukasi yang beragam. Semua fasilitas tersebut bisa dinikmati di satu tempat saja. Tidak heran jika Kampoeng Kopi Banaran selalu ramai oleh pengunjung lokal maupun mancanegara.

Agrowisata dan Wisata Edukasi

Pengunjung berkeliling dengan kereta wisata
Wisatawan bisa mengelilingi kebun kopi dengan beragam pilihan transportasi seperti kereta wisata dan golf car – Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran

Wisata andalan yang ditawarkan Kampoeng Kopi Banaran adalah wisata agro dan edukasi. Sesuai namanya, kawasan wisata ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari dan menambah wawasan seputar kopi. Pengunjung bisa memulainya dengan mengikuti tur ke Pabrik Kopi Banaran, Museum Kopi Banaran, dan berkeliling di kebun kopi.

Di pabrik, pengunjung akan diajak melihat secara langsung proses mengolah kopi dari kebun hingga menjadi produk yang siap didistribusikan atau siap minum. Sementara di Museum Kopi Banaran, pengunjung bisa mempelajari sejarah perkembangan komoditas kopi di Indonesia. Jika ingin lebih santai, kunjungi kebun kopi dengan menaiki kereta, golf car, atau sekadar berjalan kaki sambil menghirup udara segar pegunungan.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket Masuk & Aktivitas

Meski bertajuk ‘kampung kopi’, namun cakupan agrowisata di sini tidak sebatas kopi saja. Pengunjung dapat mengunjungi beragam kebun lainnya yang berada di dalam kawasan wisata ini. Kebun tersebut yaitu kebun kakao, kebun karet, dan kebun buah-buahan.

Kampoeng Kopi Banaran juga mengakomodasi tur ke Pabrik Gula Rendeng. Salah satu pabrik gula tertua di Jawa Tengah ini berada di Jalan Jend. Sudirman nomor 285, Kudus. Pengunjung tidak hanya bisa mengetahui proses pembuatan gula dari awal, tetapi juga sejarah keberadaan Pabril Gula Rendeng sejak Zaman Belanda. Jangan lupa sempatkan untuk berfoto di sekitar bangunan yang dinobatkan sebagai cagar budaya itu.

Rehat Sejenak

Kopi khas Banaran
Tersedia aneka racikan kopi Banaran dan kudapan lokal – Foto: Google Maps/Halim Dravin

Berada di pegunungan dengan alam terbuka, Kampoeng Kopi Banaran memiliki lahan yang tepat sebagai area perkemahan. Berkemah menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menikmati tidur di alam bebas. Terdapat paket untuk berkemah sekaligus kegiatan outbond yang cocok untuk acara gathering keluarga atau instansi.

Jika ingin akomodasi yang lebih eksklusif, tersedia villa dan hotel resort lengkap dengan fasilitas spa. Tersedia beragam jenis spa mulai dari spa kopi hingga spa kemiri, layanan pijat, serta perawatan wajah yang bisa memanjakan wisatawan. Pemandangan indah Rawa Pening Ambarawa yang terlihat di kejauhan akan menjadikan waktu rehat semakin mengesankan.

Baca: SALOKA PARK Tiket Masuk & 7 Wahana Terseru

Setelah melihat-lihat proses pengolahan kopi sebelumnya, jangan lupa untuk mencicipi cita rasa kopi Banaran di coffee house. Tersedia berbagai kreasi racikan kopi Banaran mulai dari kopi tubruk hingga caffelatte. Produk spesial lainnya yang harus dicoba adalah teh Kaligua dan Banana Coffee Ice. Masih banyak jenis minuman lainnya yang bisa dinikmati bersama aneka camilan lokal yang sedap.

Destinasi Liburan Keluarga

Pengunjung mencoba panahan
Aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan antara lain panahan dan outbond – Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran

Banyak sekali aktivitas luar ruangan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Outbond dan paint ball adalah beberapa di antaranya. Ada juga panahan, flying fox, ATV, sepeda BMX, hingga wisata berkuda.

Bagi pengunjung anak-anak, terdapat area bermain dengan aneka wahana permainan. Anak-anak juga bisa bermain dan berinteraksi langsung dengan kelinci di Taman Kelinci. Wahana lainnya adalah trampolin, istana balon, komedi putar, dan kereta kelinci.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket Masuk & Spot Selfie

Fasilitas Kampoeng Kopi Banaran

Objek wisata ini memang cocok didaulat sebagai destinasi wisata yang lengkap. Fasilitas umum lainnya adalah lahan parkir gratis, mushola, restoran, coffee house, minimarket, toilet, gedung dan ruang pertemuan, lapangan tenis dan kolam renang, hingga tempat spa. Pilihan penginapan yang tersedia terdiri dari hotel, villa, dan area berkemah.

Kebun yang tersedia sebagai tempat wisata adalah kebun kopi, kebun karet, kebun kakao, dan kebun buah. Transportasi yang tersedia untuk berkeliling adalah kereta wisata dan golf car. Aktivitas luar ruangan antara lain outbond, wisata berkuda, ATV, panahan, dan paint ball. Di samping itu, terdapat beragam area bermain anak yang dilengkapi aneka wahana menarik.

Baca: 5 Taman Rekreasi Menarik Di Semarang

Lokasi Kampoeng Kopi Banaran

Lokasi Kampoeng Kopi Banaran berada di Jalan Raya Semarang – Solo KM 35, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini mudah ditemukan karena posisinya tepat di tepi Jalan Semarang – Salatiga. Dari arah Semarang, gunakan jalan tol Semarang – Bawen. Jaraknya hanya 1 kilometer dari Terminal Bawen. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi no Telepon: 0298 – 3429053 atau E-mail: [email protected]

Tanggapan:

4 / 5. dari 39

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini