PRPP Semarang atau Pusat Rekreasi dan Pameran Pembangunan menggabungkan wisata budaya, hiburan, serta edukasi. Di klaim sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Sorotan utama tempat wisata ini yaitu Grand Maerakaca, M2M, dan Jateng Fair. Tempat wisata ini menawarkan ragam inovasi revitalisasi dermaga.

Menyajikan taman wisata keluarga dengan beragam wahana dan aktivitas yang lengkap. Seperti aktivitas trekking mangrove, sirkuit mini, beragam wahana permainan, science center, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk PRPP Semarang

Meskipun menyajikan beragam aktivtas dan wahana yang lengkap, taman rekreasi tetap menawarkan harga tiket yang terjangkau. Selain itu tiket wahana permainan juga relatif murah.

Harga Tiket Masuk PRPP Semarang
Tiket MasukRp10.000
Tiket WahanaRp5.000 – Rp15.000

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & 7 Wahana Top

Jam Buka Wisata PRPP Semarang

Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Jam Buka
Senin – Minggu08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Wisata di Taman PRPP Semarang

Wisatawan yang datang ke sini akan disuguhkan berbagai aktivitas wisata menarik. Tidak saja pemandangan kawasan dermaga yang cantik juga keseruan wahana permaianan. Berikut beberapa

Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah

anjungan kabupaten banyumas
Anjungan kabupaten banyumas salah satu anjungan daerah yang ada di PRPP Semarang. Foto: Google Maps/Ahmad Ashari

Inilah ikon utama PRPP Semarang yang berisi anjungan 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Terdapat juga miniatur bangunan-bangunan bersejarah sekaligus landmark Jawa Tengah. Candi Borobudur, Masjid Agung Demak, Masjid Mantingan, Masjid Menara Kudus disajikan dalam miniatur.

Berada di sisi barat PPRP Pathways Sea Walk dan Dermaga Apung Rembang berada di area ini. Terdapat juga Dummy Cottage, Angkringan Kemambang, Time Tunnel Park, dan Legenda Cheng Ho.

Selain anjungan dareah di area ini juga terdapat wahana lain seperti trekking mangrove, jembatan cinta, lampion garden, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa diantaranya:

Mangrove Trekking PRPP Jawa Tengah

Mangrove Trekking Maerakaca PRPP Semarang Jawa Tengah
Area hutan mangrove yang selain digunakan untuk trekking juga sangat bagus untuk latar foto. Foto : Instagram/ptrhrdy

Tempat ini merupakan jalan setapak dari kayu dan bambu. Trek ini menjadi spot foto favorit dengan tanaman bakau yang rindang. Letaknya di tepi mangrove dengan panjang 135 m.

Wisatawan dapat mengelilingi miniatur laut Jawa Tengah menggunakan perahu. Mendayung sampan sekaligus menikmati pemandangan mangrove dan ikan bandeng terbang di sisi utara.

Dermaga Cinta

Di spot ini wisatawan bisa berfoto di dermaga putih berlatar belakang mangrove. Dinamai Dermaga Cinta karena banyak pasangan yang naik sampan di dermaga ini.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Jembatan Harapan

Jembatan ini mejadi spot favorit karena terdapat cafe di atasnya. Sambil bersantap santai, wisatawan bisa melihat pemandangan mangrove yang rimbun. Waktu terbaik di tempat ini adalah saat menikmati matahari terbenam.

Pemandangan Miniatur Laut Jawa dengan Mangrove Trekking dan Cafe Jembatan Harapan di Maerakaca PRPP Semarang
Pemandangan Miniatur Laut Jawa dengan Mangrove Tracking dan Cafe Jembatan Harapan di Maerakaca PRPP. Foto : Instagram/daytransshuttle

Wall of Hope

Wisatawan dapat menuliskan harapan-harapannya di Wall of Hope. Dinding Harapan ini menjadi sarana berekspresi bagi wisatawan pengunjung Maerakaca. Dinding ini juga menarik untuk berswafoto, dengan latar belakang kertas harapan dari wisatawan.

Lampion Light Garden

Sekitar 600 lampion terapung di perairan untuk menghiasi taman ini. Letaknya di area pojok selatan, sangat cocok bagi pecinta swafoto. Cahaya lampion terlihat indah di malam hari dengan pantulannya pada permukaan danau.

Taman Lampion Maerakaca PRPP Semarang Jawa Tengah
Menikmati gemerlap pantulan cahaya 600 lampion di atas perairan Taman Lampion Maerakaca PRPP. Foto : Instagram/visitsemarang

M2M (Malem Minggon @Maerakaca)

M2M merupakan acara dengan konten kegiatan anak muda. Panggung musik serta gelar kesenian tradisional tersaji bagi wisatawan. Tujuannya bersantai menikmati malam minggu dan belajar hal baru di Maerakaca.

Yang terlibat dalam M2M antara lain komunitas Art, Heritage, Sport, dan Fashion. Kegiatannya meliputi sharing, learning, enriching, involving dengan komunitas. Mereka bersinergi untuk co-innovating bagi komunitas dan warga kota.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Semarang Tiket & Aktivitas

Jateng Science Center

Science center ini merupakan wahana edukasi anak. Wahana ini menampilkan alat-alat peraga IPTEK. Di antaranya Rumah Simulasi Gempa, Human Gyoscop, Rabbit Hole, Parabola Suara, Cermin Sinkronisasi.

Terdapat juga Outbond Indoor di area ini. Wahana ini melatih kreativitas dan keberanian anak menghadapi tantangan. Wahana kreativitas lainnya yaitu menangkap ikan, belajar menanam, membuat roket air, dan menghias kue.

Wahana Permainan di PRPP Semarang

wahana permainan bianglala dan air mancur
Berbagai wahana permainan bisa digunakan di taman rekreasi PRPP Semarang. Foto: Google Maps/ANS Azka Naufal Saputra Channel

Banyak sarana rekreasi yang tersedia di PRPP. Di antaranya Becak Air, sepeda air, perahu sampan.

Bombom Car, Bianglala, Marry Go Around, Kid’s Park, Kereta gantung tersedia di sini. Ada juga Desa Wisata, Kolam Renang & Waterboom, Pasar Apung, dan Museum Iptek. Istana Anak-anak Indonesia dan ahana outbond seperti Flying Fox dan Perang Paintball juga tersedia.

Baca: KOPENG TREETOP Adventure Tiket & 6 Aktivitas Seru

Spectamata Foto 3D

Berisi banyak poster 3D, tagline wahana ini adalah ‘Puaskan Narsismu’. Spectamata Foto 3D menjadi wahana favorit untuk narsis.

Jateng Fair

Merupakan event tahunan pesta rakyat terbesar dan termegah di Jawa Tengah. Gelar produk unggulan dan pariwisata pada tahun 2018 dikunjungi sekitar 200 ribu orang.

Jateng Fair diharapkan memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan nasional. Event ini menghadirkan pameran multi produk perusahaan, pameran swasta multinasional dan UMKM. Pameran kinerja SKPD Jawa Tengah hingga rekreasi dan hiburan artis ibukota juga disajikan.

Lokasi Wisata PRPP Semarang

Taman wisata ini berlokasi di Jl. Anjasmoro – Tawangsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah 50144. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 024-7606286, 76174333, 7617434 atau e-mail : info@pprpjawatengah.com.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 4 pembaca