Ambarawa, mantan ibu kota Semarang ini memiliki wisata edukasi yang menarik. Yaitu Museum Kereta Api Ambarawa, tempat untuk mempelajari sejarah perkeretaapian. Tidak heran jika Museum ini menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah.

Awalnya, tempat ini merupakan stasiun kereta api yang bisa dioperasikan. Namun karena banyaknya jalur rusak, stasiun ini beralih fungsi menjadi museum kereta api. Jadi selain berlibur, pengunjung pun bisa mendapatkan banyak ilmu.

Harga Tiket Museum Kereta Api Ambarawa

Di Museum Kereta Api Ambarawa ini, harga tiket yang dijual dibedakan sesuai usia.

Harga Tiket Museum Kereta Api Ambarawa
Tiket DewasaRp10.000
Tiket AnakRp5.000

Baca: ICE CREAM WORLD Semarang Tiket & 10 Spot Foto Unik

Jam Buka Museum Kereta Api Ambarawa

Jam operasional tempat wisata ini pada pukul 08.00 -17.00 di setiap harinya. Bisa dikunjungi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Halaman Depan Museum Kereta Api Ambarawa
Halaman Depan bangunan museum. Foto:google.maps/Cahyo Nugroho

Wisatawan yang datang kesini bisa banyak belajar sejarah perkeretaapian. Terutama bagi yang menyukai moda transportasi kereta pasti akan menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas wisata yang dapat dilakukan.

Baca: TAMAN WISATA KOPENG Tiket & Aktivitas Seru

1. Wisata Edukasi Kereta Api

Karena berlibur ke tempat bersejarah, dipastikan pengunjung akan menambah pengetahuan sepulang dari sini. Pengunjung bisa mengetahui sejarah kereta api Indonesia, jalur, dan replika kereta api. Tidak hanya itu, Museum Kereta Api Ambarawa juga menunjukkan alat pemutar gerbong kereta.

Disini, ada beberapa halte kereta api yang sengaja didatangkan dari beberapa daerah. Hal ini dimaksudkan agar halte yang usianya sudah tua tetap terjaga kelestariannya. Jadi, pengunjung akan semakin mencintai kereta api Indonesia.

Karena identik dengan sejarah, Museum ini juga menyediakan perpustakaan. Bernama Kereta Api Pustaka. Dengan suasana sangat nyaman dipenuhi dengan buku berbagai macam genre.

2. Koleksi Lokomotif Uap

Lokomotif Kereta Uap
Lokomotif Kereta Uap klasik. Foto:goole.maps/Setyo Nugroho

Karena memang dasarnya museum, pasti identik dengan barang-barang zaman dulu. Museum Kereta Api Ambarawa juga menampilkan beberapa lokomotif uap zaman dulu.

Lokomotif-lokomotif yang populer disini adalah lokomotif bernomor B2502, B 2503, dan B 5112. Selain itu ada juga lokomotif seri B, C, D hingga jenis paling besar yaitu CC.

Baca: Keindahan Eling Bening Ambarawa Tiket & Aktivitas

3. Benda Antik Perkeretaapian

Disini ada mesin pembuat tiket penumpang zaman dahulu yang bentuknya besar sekali. Diciptakan oleh Thomas Edmunson dan digunakan sejak tahun 1840. Sedangkan di Indonesia, mesin ini digunakan untuk mencetak tiket kereta ekonomi hingga tahun 2009.

Selain itu ada mesin penghitung yang digunakan untuk mengetahui kentungan kereta api. Ada juga beberapa jenis telepon dari berbagai masa. Dan ada pula telegraf, lonceng kereta, hingga peluit petugas rel.

Baca: Old City 3D Trick Art Museum Semarang Tiket & Spot Foto Unik

Salah satu yang juga peninggalan zaman dulu adalah roda kereta bergigi. Karena ini merupakan salah satu dari tiga yang tersisa di dunia, ini terbilang unik. Dua diantaranya ada di Swiss dan India.

Rel bergigi juga menjadi salah satu hal menarik disini. Bagaimana tidak, rel bergigi ini merupakan satu-satunya yang masih aktif di Indonesia. Dan sekarang masih diewati kereta api dari Museum Kereta.

4. Tour Ambarawa-Bendono

Kereta Uap Wisata
Kereta Uap yang digunakan untuk tour wisata. Foto:google.maps/wijayanto sh

Ambarawa Railway Mountain Tour ini adalah paket perjalanan wisata menggunakan kereta api uap. Rutenya Ambarawa-Bedono (pp) dengan jarak tempuh 35 km. Dan Ambarawa-Tuntang (pp) dengan jarak tempuh sejauh 7 km.

Tentunya tidak akan merasa bosan karena pemandangan alamnya sangat indah sepanjang perjalanan. Ditemani dengan adanya pemandangan gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo. Karena menggunakan kereta api zaman dulu, maka jalur yang digunakan pun jalur bergigi.

Pengunjung bisa memesan tiket terlebih dahulu, untuk memastikan kepergian tour ini. Karena tour ini hanya akan dilakukan ketika hari libur. Dan harganya pun berbeda-beda sesuai fasilitasnya.

5. Spot Foto Klasik

Lokomotif C2001 Museum Kereta Api Ambarawa
Lokomotif C2001 kuno koleksi museum. Foto:google.maps/Reza Syahputra

Di museum ini juga terdapat berbagai tempat untuk swafoto. Dengan desain yang unik, pengunjung bisa memilih tempat foto versi terbaiknya. Beberapa spot terbaik yang ada disini adalah gerbong kereta api, rel kereta api, perpustakaan, dan halte.

6. Belanja Suvenir

Selain itu, disini juga terdapat toko oleh-oleh yang wajib dikunjungi setelah puas mengelilingi Museum. Pengunjung bisa membeli miniatur kereta api sebagai kenang-kenangan dari Museum Kereta Api Ambarawa. Di sekitaran museum ini juga, terdapat hotel dan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, karena museum ini sudah terkenal, seringkali disewakan untuk kegiatan. Diantaranya adalah pameran, pertemuan, shooting, pemotretan, festival, bazaar, hingga workshop.

Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas yang terdapat disini terbilang cukup lengkap. Adanya restoran untuk makan dan beristirahat. Lahan parkir yang cukup luas. Dan ada juga mushola juga toilet untuk pengunjung yang hendak beribadah.

Lokasi dan Kontak

Museum ini Tepatnya berada di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614.  Anda juga bisa mengetahui informasi lebih lanjut dengan menghubungi 0856-9320-3667 atau (0298) 591035.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,61 / 33 pembaca