DUSUN SEMILIR Semarang Tiket Masuk Dan Wahana Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Dusun Semilir: Rp30.000 - Rp100.000
  • Jam Buka: 08.00 - 19.00 WIB
  • Nomor Telepon: 08112747724
  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta No.49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Dusun Semilir merupakan tempat rekreasi keluarga yang mengusung tema wisata alam bernuansa outdoor. Kawasan ini menghadirkan sejumlah wahana permainan yang sangat  lengkap. Misalnya wisata edukasi, permainan air, dan beberapa spot foto unik. Masing-masing wahana memiliki konsep dan tampilan yang berbeda.

Selain terkenal akan wahana permainannya yang beragam. Dusun Semilir mempunyai bangunan ikonik berbentuk stupa berjumlah 7 buah. Spot tersebut merupakan bagian atap dari ruangan lobi utama. Di mana fungsinya sebagai jalan masuk menuju tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Untuk tarif harga tiket masuk wisata Dusun Semilir berbeda tergantung hari kunjungan dan pilihan paket. Namun relatif masih terjangkau mulai dari Rp30.000 – Rp100.000.

Jenis TiketHarga Tiket Masuk Weekday / Weekend
Tiket MasukRp30.000 / Rp40.000
Tiket Masuk Paket HematRp50.000 / Rp60.000
Tiket Masuk Pahe SaljuRp95.000 / Rp100.000
Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Baca: SALOKA PARK Harga Tiket Masuk & 7 Wahana Seru

Jam Buka Dusun Semilir

Kawasan wisata Dusun Semilir selalu buka setiap hari. Mulai dari hari biasa, akhir pekan, sampai hari libur nasional. Sedangkan untuk jam bukanya mulai dari jam 9 pagi hingga 6 sore hari pada hari biasa.

HariJam Buka
Weekday09.00 – 18.00 WIB
Weekend08.00 – 19.00 WIB
Jam Buka Dusun Semilir

Beragam Wahana Di Dusun Semilir

Dusun Semilir menyediakan sejumlah wahana seru yang siap memanjakan para pengunjung. Semua wahananya bisa dicoba oleh semua kalangan seperti anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu yang paling populer adalah Alun Eropa yang bentuknya berupa kota kecil. Lalu yang lainnya ada Alas Tirta, Banyu Biru, Alas Angon, dan Perosotan Pelangi.

Alun Eropa

Wahana Alun Eropa Dusun Semilir.
Alun Eropa merupakan spot foto paling instagenik di wisata Dusun Semilir. Foto : Googlemap/romadhoni rahmanto

Alun Eropa merupakan kota kecil yang memiliki bangunan khas  benua Eropa. Sebagian besar desainnya terinspirasi dari negara Perancis, Italia, dan Inggris. Di sini pengunjung bisa naik perahu gondola sambil menikmati keindahan kota. Sepanjang aliran sungai akan terlihat rumah-rumah khas Eropa  dengan tampilan warna cerah.

Sebagian besar rumahnya tidak memiliki balkon dan berlantai 2. Lantai atas hanya terpasang 1 sampai 3 jendela sebagai tempat keluar masuknya udara. Lalu ada bangunan lain yang atapnya berhiaskan kubah. Ada pula yang menyerupai sebuah gedung tanpa atap.

Bisa dibilang desainnya terinspirasi dari wisata Santorini yang ada di Yunani. Dengan unsur warna bangunannya lebih banyak memadukan putih dan biru tua. Lengkap dengan jalan setapak bulat-bulat berwarna abu-abu sebagai jalur pejalan kaki. Kemudian di antara kedua bangunan dipisahkan aliran sungai dan terhubung jembatan putih.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Alas Tirta

Ibu-ibu foto di depan patung Alas Tirta Dusun Semilir.
Alas Tirta Dusun Semilir mempunyai spot foto keren berupa patung besar berbentuk manusia yang tengah berdoa. Foto : Googlemap/Toktil73Adinda

Lokasi alas tirta tepat berada di sebelah kanan wahana jembatan senggol. Kawasan ini banyak tumbuhan hijau yang sangat rimbun. Salah satu spesies yang bisa ditemukan seperti Saw Palmetto dan Philo bergerigi. Keduanya tumbuh di sekitar tepi sungai alas tirta bersama tanaman lainnya.

Sebenarnya konsep wahana ini mengusung tema hutan hujan tropis. Tampilannya hampir mirip seperti hutan Amazon di Brazil. Tapi tenang saja, di sini tidak ada hewan-hewan berbahaya seperti ular atau ikan Piranha. Melainkan hanya ada patung  berbentuk manusia yang tengah berdoa.

Patung tersebut mengapung di atas sungai beralas batu besar berbentuk bulat. Anggota tubuh yang ditampilkan mulai dari kepala hingga bagian perut saja. Wajahnya tertutup topeng berwarna hijau dengan kedua mata terpejam. Spot ini merupakan tempat foto favorit wisatawan saat mengunjungi wahana Alas Tirta.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket Masuk & Aktivitas

Banyu Biru

Selanjutnya ada wahana mirip wisata pantai bernama Banyu Biru. Lokasinya berhadapan langsung dengan wahana Dolanan Anak. Jika terlihat dari kejauhan desainnya mirip latar film Moana. Di mana pada bagian tengah laut terdapat patung wanita hijau besar sedang bersemadi.

Di depan patung wanita terdapat air mancur berjejer rapi mengelilinginya. Maka tak heran jika pihak pengelola  sering mengadakan atraksi dancing fountain di kawasan ini. Lalu pada bagian tengah laut ada 9 replika pulau berbentuk lingkaran. Tak lupa ditambahkan pohon kelapa untuk menghiasi tepi pantainya.

Banyu Biru memiliki ukuran yang sangat luas seperti halnya perairan laut lepas. Airnya juga terlihat jernih dengan warna hijau kebiru-biruan. Di sini pengunjung tidak hanya bisa bersantai. Tetapi bisa juga melakukan aktivitas seperti naik sampan, kano, waterball, hingga bermain pasir.

Baca: SEMARANG ZOO: Tiket Masuk & Atraksi

Alas Angon

Jika bosan melihat wahana air, berkunjunglah ke wahana Alas Angon. Sebuah tempat yang menyuguhkan koleksi satwa yang beragam. Di antaranya ada Kelinci, Burung Hantu, Domba, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di depan Truwelu Park.

Suasananya begitu asri dengan adanya pepohonan rindang tumbuh di sekitar Alas Angon. Permukaan tanahnya terlihat segar karena tertutupi rerumputan hijau. Bentuknya berupa tanah perbukitan dengan hiasan berbatuan besar dan patung berbentuk singa. Kemudian ada pula gua-gua kecil di bawah bukit untuk tempat tinggal para kelinci.

Selama berada di area ini pengunjung bisa berinteraksi dengan sekumpulan hewan dari jarak dekat. Tak sekedar melihat saja, tetapi juga bisa memberi makan dan mengajak bermain. Terlebih lagi pihak pengelola juga mengizinkan pengunjung berfoto bersama. Tidak usah takut, secara keseluruhan hewannya sudah jinak dan mudah beradaptasi.

Baca: RAWA PENING Tiket Masuk & 4 Zona Wisata

Perosotan Pelangi

Wahana perosotan pelangi Dusun Semilir.
Dusun Semilir memiliki wahana perosotan yang mana lintasannya memiliki warna seperti warna pelangi. Foto : Googlemap/Arif fachrudin

Selanjutnya ada perosotan pelangi yang merupakan wahana ikonik di Dusun Semilir. Letaknya berada di sebelah kiri Alas Angon. Lintasannya sangat panjang dengan jalan menurun dan mendatar. Bisa dibilang wahana ini tergolong  ekstrem karena pengunjung akan meluncur dari ketinggian.

Warna dan bentuk perosotan mirip pelangi dengan hiasan warna merah, kuning, hijau, ungu, dan oranye. Sementara jumlah lintasannya sebanyak 5 buah. Dengan banyaknya arena seluncur pengunjung bisa meluncur tanpa perlu mengantre cukup lama. Tempat pendaratannya juga sangat nyaman karena permukaannya berlapis karpet rumput berwarna hijau.

Fasilitas Umum Dusun Semilir

Supaya aktivitas liburan terasa nyaman, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas umum. Antara lain musala, parkir, toilet, masjid, area merokok, klinik, dan restoran. Kemudian ada juga ATM Center, golfcar, ruang laktasi, dan luma photo project. Menariknya ada fasilitas khusus penyandang disabilitas seperti kursi roda dan toilet khusus.

Lokasi & Rute Dusun Semilir

Wisata ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No.49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 46 Kilometer dari kawasan wisata Kota Tua Semarang. Melewati rute Jalan Tol Semarang – Solo. Jika menggunakan kendaraan memakan waktu hingga 1 jam untuk sampai ke lokasi.

Berikan Rating

4.7 - 60 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *