Beranda Tiket Wisata

GUNUNG TELOMOYO: Tiket & Ragam Aktivitas - Juni 2021

Gunung Telomoyo Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Naik gunung tanpa capek dan pegal-pegal? Terdengar aneh dan mustahil, tapi sebetulnya bisa terjadi. Gunung Telomoyo yang berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang bisa mewujudkannya. Salah satu tujuan wisata yang belakangan populer.

Di sini, mendaki gunung tidak akan memeras keringat. Karena wisatawan bisa mendaki dengan menggunakan kendaraan. Jalan aspal yang nyaman membentang dari kaki hingga puncaknya. Sehingga pendakian ke gunung bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Wisatawan bisa melakukan pendakian dengan membayar tiket yang relatif murah. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, terdapat penyewaan kendaraan. Pengunjung bisa memilih jasa ojek, menyewa motor, atau menggunakan mobil jeep.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp10.000
OjekRp40.000
Sewa MotorRp60.000
Sewa Jeep per mobilRp300.000

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Jam Buka

Wisata pendakian Gunung Telomoyo buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung bebas untuk datang kemari kapan saja. Terutama bagi pengunjung yang ingin berburu pemandangan sunrise atau sunset.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Wisata Gunung Telomoyo

Lapisan awan yang menghiasi panorama pagi hari di puncak Telomoyo
Gunung Telomoyo berada di antara Kabupaten Magelang dan Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini menarik sebagai destinasi wisata karena bisa didaki menggunakan kendaraan – Foto: Google Maps / vania pradipta

Kawasan Gunung Telomoyo adalah salah satu gunung berapi di Jawa Tengah. Meski begitu, gunung ini tercatat belum pernah meletus. Kondisinya relatif aman dan ramah untuk pendakian. Sehingga, wisata pendakian pun ramai di gunung ini.

Dengan ketinggian 1.864 meter, gunung ini membentang di dua kabupaten. Kedua kabupaten tersebut yakni Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Lokasinya dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Sumbing dan Ungaran. Oleh karena itu, pemandangan yang tersaji dari ketinggiannya memukau siapa saja yang berkunjung.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI Semarang: Tiket & Ragam Aktivitas

Jalur Pendakian

Kerlip lampu Kota Salatiga yang terlihat dari puncak
Gunung Telomoyo menyajikan panorama alam yang cantik baik di pagi hari maupun menjelang malam hari – Foto: Google Maps / ANGEN AJI

Untuk memulai pendakian Gunung Telomoyo, terdapat dua jalur sebagai titik awal. Jalur pertama terdapat di Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Atau bisa juga menggunakan jalur lainnya yaitu melalui Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Pendakian Gunung Telomoyo sempat viral karena ramainya pengunjung. Ini tidak mengherankan, karena gunung ini memang sangat mudah untuk didaki. Daya tarik pendakian di Telomoyo memang terletak pada sarana infrastrukturnya. Di sini pengunjung sudah tersedia jalan beraspal dari kaki hingga ke puncaknya.

Dengan sarana yang ada, pendakian pun bisa menggunakan kendaraan. Kendaraan roda dua atau motor jadi pilihan paling populer. Berbagai jenis motor ternyata bisa melewati jalur Gunung Telomoyo yang cukup landai. Mulai dari motor matic hingga trail bisa coba menjajal jalurnya.

Baca: WATU GAJAH PARK Semarang Tiket & Wahana

Siapkan Kendaraan

Pengunjung menikmati Air Terjun Telomoyo
Spot air terjun alami yang ada di kawasan Gunung Telomoyo adalah salah satu daya tarik wisata di sini – Foto: Google Maps / Three Murjianto

Meski terkesan mudah, namun para pendaki tetap harus mempersiapkan beberapa hal. Yang paling utama ialah kondisi kendaraan yang memadai. Tidak ada SPBU untuk pengisian bahan bakar di jalan, jadi pengunjung perlu mengecek kecukupan bahan bakar. Jangan sampai kendaraan kehabisan bensin sebelum sampai ke puncak.

Sedangkan jalur menuju gunung pun sebenarnya cukup aman untuk dilewati pengendara mobil. Namun, ada beberapa titik jalan yang cukup rusak. Untuk menghindari masalah, tidak dianjurkan menggunakan mobil pribadi ke puncak.

Bagi yang datang dalam rombongan, ada pilihan menyewa jeep di sini. Pengunjung cukup memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia. Opsi ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba sensasi mendaki yang agak berbeda.

Baca: Taman Wisata KOPENG Semarang: Tiket & Aktivitas

Panorama Alam

Pengunjung berfoto ketika matahari terbit
Wisata pendakian Gunung Telomoyo bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Menyaksikan pemandangan matahari terbit bersama keluarga dari puncak gunung pun bukan lagi hal yang sulit – Foto: Google Maps / Yetty Rohaety

Selama pendakian pengunjung akan menyusuri jalan berkelok-kelok menuju puncak. Dari Dalangan, jarak tempuhnya sekitar 6,5 kilometer. Sementara jalur Sepakung kurang-lebih terbentang sepanjang 8 kilometer. Jalur Sepakung lebih disukai karena kondisi jalannya sudah sepenuhnya mulus.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati panorama sekitar Gunung Telomoyo. Pada saat hari cerah, pegunungan yang mengelilingi Telomoyo pun dapat terlihat. Jalur ini juga melewati sebuah air terjun alami. Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk menikmati airnya yang segar.

Jika ingin menikmati pemandangan dengan lebih spesial, menaiki jeep adalah pilihan yang pas. Hingga sampai ke puncak gunung membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan mobil jenis ini. Perjalanan yang lambat dan tenang cocok untuk pengunjung dari kalangan orang tua dan lansia.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Semarang: Tiket & Spot Selfie

Di Atas Awan

Pegiat olahraga gantole meluncur dari landasan Telomoyo
Menyaksikan pegiat olahraga gantole dan paralayang meluncur adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan- Foto: Google Maps / taufik adi

Daya tarik lainnya kawasan wisata pegunungan ini ialah panorama gunung yang terlihat di sekitarnya. Saat hari cerah, pengunjung bisa melihat kemegahan beberapa gunung sekaligus. Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau tampak berjejer di sebelah barat. Pada saat pagi hari, lapisan awan akan membuat pegunungan ini seolah melayang.

Gunung Telomoyo juga merupakan spot yang populer untuk olahraga paralayang. Beberapa kejuaraan baik paralayang maupun gantole diadakan di sini. Landasannya merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat para pegiat olahraga ini melintas di sekitar gunung.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Fasilitas Gunung Telomoyo

Fasilitas umum yang tersedia sangatlah terbatas. Sarana dan prasarana yang ada sebatas infrastruktur jalan, pos keamanan, dan penyewaan jeep. Tidak ada warung ataupun toilet umum yang bisa ditemukan di sepanjang jalan. Untuk itu, pengunjung disarankan menyiapkan bekal sendiri saat berwisata kemari.

Baca: Punthuk Setumbu Tiket & Aktivitas

Lokasi Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo menempati dua kabupaten yaitu Magelang dan Semarang. Jalur Magelang dimulai dari Jalan Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Jalan ini bisa diakses dari Jalan Magelang-Salatiga. Jalur Dalangan ini merupakan titik dengan penyewaan mobil jeep.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini