Ruang terbuka hijau sangatlah penting, apalagi jika berada di perkotaan. Bogor, menjadi rumah bagi sebuah ruang terbuka hijau bernama Eco Art Park Sentul. Tempat ini adalah sebuah taman yang dikembangkan di dalam kompleks perumahan Sentul City.

Perumahan Sentul City sendiri merupakan perumahan yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan. Oleh karena itu, wajar jika dibuat sebuah taman terbuka hijau. Sebagai wujud nyata dari konsep tersebut, maka dibuatlah Eco Art Park Sentul.

Harga Tiket Masuk Eco Art Park Sentul

Meski berada di dalam perumahan mewah, namun objek wisata ini dapat dikunjungi oleh umum. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga relatif murah.

Harga Tiket Masuk Eco Art Park Sentul
Harga tiketRp10.000

Baca: Pasar AH POONG Sentul 4 Aktivitas Top

Jam Operasional Eco Art Park Sentul

Taman Rekreasi ini dibuka setiap hari. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat, buka pukul 10 pagi sampai 10 malam. Sementara hari Sabtu dan Minggu, buka pukul 7 pagi sampai dengan 10 malam.

Jam Buka
Senin – Jumat10.00 – 22.00 WIB
Sabtu – Minggu07.00 – 22.00 WIB

Menikmati Segarnya Udara di Eco Art Park Sentul

Eco Art Park Sentul
Suasana sekita area taman yang tertata rapi dan bersih Foto: Gmap/Octaviani Gin

Eco Art Park Sentul didirikan di tanah dengan luas 500 meter persegi. Tidak terlalu besar memang, namun keberadaannya cukup dapat menyegarkan hati dan fikiran. Apalagi, lokasinya berada di pinggir aliran sungai Cikeas.

Tentu alam di sekitarnya masih terasa sejuk. Ditambah lagi, taman dilengkapi juga dengan spot – spot foto yang unik. Membuat siapapun tidak akan tahan untuk tidak mengeluarkan kameranya.

Jika diterjemahkan, Eco Art Park berarti Taman Seni dan Ekologi. Ekologi dihubungkan dengan konsepnya yang ramah lingkungan. Sementara “Art” yang berarti seni, diwujudkan dengan patung serta spot unik di dalamnya.

Baca: TAMAN BUDAYA Sentul Tiket & 10 Aktivitas Seru

Taman Patung dengan Bentuk Unik

patung robot dari bahan bekas
Patung Robot dari Mobil Bekas di Eco Art Park. Foto: Gmap/NUR FAJAR SHIDIQ

Ketika berada di Eco Art Park, pengunjung akan disambut dengan pemandangan berbagai patung. Ada patung robot Transformer yang terbuat dari mobil bekas. Patungnya benar – benar dibuat seperti robot khas di film Transformer.

Patung robot ini berwarna hitam, tinggi menjulang kurang lebih 5 meter. Banyak pengunjung yang senang berfoto di sini. Apalagi, bagi mereka penggemar film Transformer, tentu tidak akan menyia – nyiakan waktu.

Selain patung robot Transformer, ada juga patung lainnya. Patung berbentuk manusia gemuk berwarna coklat, dan berkepala botak. Pengunjung dapat menjumpainya di beberapa titik, karena dibuatnya pun tidak hanya satu.

Baca: JUNGLELAND Sentul Tiket & 12 Wahana

Ada patung yang bentuknya berdiri tegak. Layaknya seorang pesumo yang siap bertanding dengan lawannya. Meski begitu, mimik wajah yang ditampilkan tetap tenang.

Patung manusia yang memberi makan kuda
Patung Manusia dengan Kuda di Eco Art Park. Foto: Gmap/Andi Suhelman

Ada juga patung manusia gemuk yang seolah sedang memberi makan kuda. Mencerminkan sikap menyayangi binatang. Selain manusia gemuk, ada lagi patung manusia lainnya.

Kabarnya, patung – patung tersebut dibuat oleh seniman dari beberapa negara. Seperti Salvador Dali dari Spanyol dan Botaro dari Korea.

Jembatan yang Artistik

Eco Art Park dekat dengan Taman Sains. Untuk menuju Taman Sains, pengunjung dapat menaiki jembatan yang penuh kelok.

Jembatan Eco Art Park dari Kejauhan
Jembatan Eco Art Park dari Kejauhan. Foto: Gmap/Maulana Sudrajat

Jembatan ini memiliki atap sehingga di bawahnya sangat teduh. Lantainya terbuat dari kayu, sehingga lebih terlihat artistik. Ditambah, kanan kiri jembatan merupakan besi pelindung supaya pengunjung yang melintas tidak jatuh.

Pemandangan di bawah jembatan sungguh indah. Dari atas jembatan, pengunjung dapat melihat hamparan pepohonan hijau. Pohon – pohon seolah menari karena tertiup angin, membawa kesejukan di sekitarnya.

Di Taman Sains, terdapat parabola warna – warni. Di parabola ini, mencerminkan bagian parabola aktif.

Terdapat dua sisi parabola warna – warni. Jika berdiri di salah satu sisi, dan orang lain di sisi satunya. Kemudian mengucapkan beberapa kata di dekat parabola, maka sisi yang lain dapat mendengarnya.

Ini merupakan salah satu wahana edukatif di Eco Art Park. Selain itu, ada juga ruang teater terbuka yang masih terawat dengan baik. Jika ada pertunjukkan, maka tempat inilah yang digunakan.

Lokasi Eco Art Park Sentul

Taman ini berada tidak jauh dari pusat kuliner Pasar Ah Poong. Tepatnya di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,61 / 38 pembaca