Beranda Tiket Wisata

TAMAN HEULANG Bogor Rekreasi Sehat & Gratis - Desember 2019

Tgl. Update:Jumat, Oktober 11, 2019
Taman Heulang Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 05.00 - 22.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Heulang, RT.06/RW.04, Tanah Sareal,Tanah Sereal,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16161.

Selain sebagai penyejuk, taman kota bisa menjadi tujuan rekreasi sekaligus wisata murah meriah bagi warganya. Salah satu taman kota yang selalu ramai dikunjungi ialah Taman Heulang yang berlokasi di pusat Kota Bogor. Taman yang diresmikan pada tahun 2016 ini seringkali menjadi tempat terbuka untuk berkumpul maupun bersantai bagi warga Kota Bogor.

Tiket Masuk

Seperti taman kota pada umumnya, taman ini tidak memberlakukan biaya atau tiket masuk. Pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitas di taman tersebut secara gratis.

Harga Tiket Masuk Taman Heulang
Tiket MasukGratis

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket Rp15k & Aktivitas

Jam Operasional

Taman kota ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Tidak ada jam buka atau jam tutup yang diberlakukan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas di Taman Heulang

Taman Heulang di malam hari
Lokasi taman terletak tak jauh dari Kebun Raya Bogor – Foto; Google Maps/Hari Wibowo

Taman Heulang awalnya hanya berupa lapangan hijau terbuka dengan luas lahan kurang-lebih 28.000 meter persegi. Taman yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini merupakan bagian dari Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).

Baca: Taman Buah MEKARSARI Tiket & Wahana

Lokasinya berada tak jauh dari Kebun Raya Bogor dan dikelilingi oleh beberapa sekolah, menjadikan taman ini salah satu taman kota yang strategis dan selalu ramai dikunjungi. Taman Heulang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk menunjang aktivitas warga seperti olahraga, kumpul komunitas, maupun piknik.

Santai dan Relaksasi

Sebagian bangku yang tersedia di Taman Heulang
area taman memiliki beragam bangku dan gazebo yang tersebar – Foto: Google Maps/Donie Raditya

Taman Heulang adalah taman kota yang luas dengan dihiasi berbagai bunga dan pepohonan rindang. Meski terletak di tengah kota, hawanya cukup sejuk karena adanya ragam vegetasi. Ini menjadikan taman rekreasi ini cocok menjadi tempat bersantai.

Terdapat banyak bangku-bangku yang tersebar di dalam taman. Selain itu, ada juga berbagai gazebo bagi yang ingin berkumpul bersama-sama di bawah lindungan atap. Sambil duduk-duduk, nikmati ketenangan dan hawa sejuk sembari menghirup udara segar.

Baca: Kebun Raya Cibodas Tiket & Aktivitas

Jika bosan duduk-duduk, mulailah berjalan mengitari taman. Terdapat jalan setapak panjang yang mengelilingi taman ini. Kegiatan sederhana seperti ini tentu bisa mengembalikan ketenangan dan memberikan relaksasi setelah disibukkan dengan rutinitas yang melelahkan.

Bermain dan Berolahraga

Peralatan fitness di Taman Heulang
fasilitas olahraga yang cukup lengkap dan memadai – Foto: Google Maps/Rory Channel

Taman Heulang juga merupakan tempat bermain yang ramah bagi anak-anak. Terdapat sudut Taman Kita Oreo yang berisi beragam wahana. Wahana di sini bisa digunakan oleh segala usia dan terbagi menjadi tiga: Twist (putar) dengan menara panjat melingkar, Lick (jilat) yang dilengkapi seluncuran, dan Dunk (celup) yang memiliki tiga ring basket.

Jika ingin berolahraga, pengunjung bisa mencoba trek untuk jogging. Trek ini bisa digunakan untuk sekadar jalan santai mengelilingi taman. Bagi pecinta olahraga sepeda, trek ini juga bisa sebagai jalur sepeda.

Baca: PANORAMA PABANGBON Bogor Tiket & Wahana

Di sisi lain taman, terdapat sudut yang dilengkapi alat-alat olahraga. Peralatan fitness itu sengaja dibuat bagi pengunjung yang ingin berolahraga di tempat terbuka. Penggemar olahraga dengan papan luncur (skateboard), sepatu roda, dan semacamnya juga bisa menjajal sarana luncur yang ada di sana.

Kumpul Komunitas atau Bisnis

Peserta senam rutin
Taman Heulang menjadi tempat kumpul komunitas atau tempat gelaran acara – Foto; Google Maps/a setyanto

Tempat terbuka memang cocok menjadi tempat berkumpul atau nongkrong, begitu juga dengan di taman ini. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan berbagai sekolah menengah menjadikan taman ini sebagai tempat kumpul yang oke. Siswa-siswi sekolah sering sengaja kemari untuk kerja kelompok atau sekadar mengobrol bersama.

Berbagai komunitas pun tidak jarang memamerkan hobi mereka di sini. Sebut saja pecinta reptil, pramuka, yoga, sepatu roda, dan sebagainya. Fasilitas Taman Heulang yang dilengkapi dengan koneksi internet melalui Wi-Fi membuat tempat ini jadi tempat yang digandrungi kalangan anak muda.

Baca: DEVOYAGE Bogor Tiket & 6 Spot Foto Terbaik

Bagi para pegelut bisnis, di sini adalah tempat yang cocok untuk menarik konsumen baru. Biasanya, pelaku bisnis menggelar dagangan di sekitar taman karena akan mudah dijangkau dan ditemukan. Berbagai kalangan usia yang menjadi pengunjung taman ini merupakan target konsumen yang menjanjikan bagi bisnis mereka.

Piknik di Taman Heulang

Pepohonan rindang di Taman Heulang
Pengunjung taman bisa berpiknik di gazebo atau lahan rumput yang ada – Foto: Google Maps/Abdillah Mauludi

Suka piknik? Taman Heulang memiliki banyak lahan terbuka bagi pengunjung yang ingin menggelar karpet pikniknya. Banyak wisatawan yang sengaja datang membawa makanan buatan sendiri dan makan bersama keluarga atau kerabat.

Jika tidak sempat membuat makanan sendiri, jangan khawatir! Banyak penjaja makanan ringan yang berjualan di sekitar taman. Pengunjung bisa tetap mengisi perut di bawah langit biru sambil menikmati udara di alam terbuka. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya atau membawa sampah pulang kembali.

Fasilitas Taman Heulang

Jalur untuk jogging atau sepeda
Taman Heulang dilengkapi jalur sepeda, trek jogging, serta jalan setapak – Foto: Google Maps/deny zafa

Taman rekreasi ini merupakan taman terbuka dengan fasilitas toilet, ruang serbaguna untuk diskusi, bangku taman dan gazebo, serta dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi serta kamera pengintai atau CCTV. Fasilitas olahraganya terdiri dari jalan setapak sebagai trek lari, jalur sepeda, serta alat-alat fitness. Ada juga taman bermain anak dan air mancur.

Lokasi Taman Heulang

Taman kota ini terletak di Jalan Heulang, Tanasareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya persis di samping SMK Negeri 1 Kota Bogor. Dari Kebun Raya Bogor, tinggal menuju ke arah utara melewati Museum PETA dan Taman Air Mancur. Beberapa angkot yang melewati Taman Heulang yaitu 08 (Pasar Anyar – Citeureup), 07 (Ciparigi – Terminal Merdeka), 16 (Pasar Anyar – Salabenda), dan 07 Biru (Bojong Gede – Pasar Anyar).

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here