GANTOLE CIHAMPELAS Tiket & Daya Tarik Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Gantole Cihampelas: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Singajaya, Cihampelas, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40562

Wisatawan yang ingin mencoba atau menyukai olahraga gantole, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Karena sekarang bisa bermain gantole di Cihampelas Bandung. Lokasi ini mulai naik daun setelah berlangsungnya momen Pekan Olahraga Nasional 2016 lalu.

Tidak hanya bermain gantole, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indahnya serta berbagai kegiatan seru. Gantole sendiri sebutan untuk olahraga ekstrem menggunakan pesawat layang ringan tanpa mesin.

Gantole sekilas mirip paralayang, perbedaannya yakni dalam paralayang terbang menggunakan sarana parasut. Pesawat layang gantole yang digunakan sangat terbuka dan tidak memiliki ruangan. Umumnya olahraga gantole bisa dilakukan di tempat tinggi area perbukitan.

Harga Tiket Wahana Gantole Cihampelas

Tiket masuk ke area wisata Gantole Cihampelas sejauh ini masih gratis. Jadi wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, hanya membayar parkir saja.

Namun untuk ke depannya tempat wisata ini akan dikelola dengan lebih baik. Sehingga kemungkinan akan ada biaya untuk tiket masuknya.

Harga Tiket
Tiket MasukGratis
Bermain GantoleRp450.000

Baca: JALAN CIHAMPELAS: 5 Aktivitas Wisata Asik

Jam Buka Wisata Gantole Cihampelas

Wisata Gantole Cihampelas merupakan area terbuka yang bisa dikunjungi selama 24 jam. Sehingga tidak ada jam operasional yang berlaku. Pengunjung bisa datang pagi-pagi untuk menikmati udara segar yang sejuk.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Wisata Populer Bandung

Daya Tarik Kawasan Gantole Cihampelas

Pengunjung yang datang dan menaiki bukit akan mendapat suguhan pemandangan indah sebuah lukisan alam. Panorama alam hijau yang terlihat dari atas akan memanjakan mata. Dari sini akan terlihat jelas hamparan pemukiman Bandung Barat.

Selain itu dari atas sini terdapat pemandangan persawahan, perkebunan hingga pegunungan. Kemudian dari kejauhan terlihat panorama Waduk Saguling dan Sungai Citarum. Terasa lengkap apalagi bagi pecinta foto.

Venue Gantole dan Paralayang

Pemain Gantole menjelang terbang
Pemain Gantole menjelang terbang. Foto: google maps/Rijalul Fathani

Bagi yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini wajib melakukan pemesanan terlebih dahulu. Harga per sekali main memang tidak murah dengan waktu melayang di udara sekitar 7 menit. Lamanya melayang di udara juga tergantung dari hembusan dan kecepatan angin.

Sementara untuk pengunjung yang masih awam tetap bisa bermain secara tandem bersama pemandu. Arti dari tandem adalah naik wahana berdua dengan pemandunya.

Sehingga pengunjung tidak perlu takut pada saat terbang di gantole atau paralayang karena sudah bersama ahlinya. Selama bermain adrenalin akan terpacu namun tetap terhibur dengan keindahan bentang alam di bawahnya.

Camping Ground

Gantole Cihampelas terkenal memiliki camping ground yang bagus. Wisatawan bisa menyewa area untuk berkemah di tempat wisata tersebut. Harga sewa tempat berbeda-beda tergantung dari spot mana yang dipilih. Harga bervariasi, ada yang puluhan ribu serta ada spot yang harganya ratusan ribu per malam.

Tempat Menikmati Sunrise Dan Sunset

Pemandangan Gantole Cihampelas
Pemandangan Gantole Cihampelas, pengunjung bisa menyaksikan sunset dan sunrise. Foto: google maps/Gantole Singajaya Cihampelas

Gantole Cihampelas sangat sempurna sebagai spot untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Bersantai menikmati keindahan bentang alam perbukitan sambil mengungu sunrise.

Jangan lupa memakai jaket tebal karena cuaca akan lumayan dingin. Jam terbaik menikmati sunrise adalah jam 5 pagi sampai jam 6 pagi.

Sementara untuk sunset di kawasan ini pun tak kalah indahnya. Pengunjung yang ingin melihat matahari terbenam bisa datang sebelum jam 6 sore. Sunset di puncak bukit Gantole Cihampelas bagus untuk kegiatan foto.

Hutan Pinus Pananjung

Wisata Hutan Pinus
Wisata Hutan Pinus. Foto: google maps/Nurhikmah ikma channel

Apabila pengunjung datang lewat jalur Cipatik, bisa mampir ke hutan pinus Pananjung. Letaknya sekitar 1 km sebelum bukit gantole dan merupakan salah satu opsi obyek wisata. Hutan pinus yang teduh tersebut sering menjadi area camping.

Area hutan pinus cocok bagi yang ingin menyegarkan pikiran. Pengunjung bisa bersantai di bawah pohon pinus sambil tiduran di hammock. Selain itu, hutan pinus bisa juga menjadi spot foto yang keren dan instagrammable.

Warung Di Dekat Venue Gantole

Sebelum venue gantole, tepatnya di sekitar hutan pinus terdapat warung sederhana yang menjual makanan. Pemilik warung menjual makanan berupa camilan dan aneka kopi.

Ada juga minuman berbagai macam pilihan yang dapat pengunjung beli. Jadi pengunjung yang ingin sekadar mengganjal perut bisa mampir ke warung tersebut.

Jalur Bersepeda Ekstrim

Bersepeda di Area Gantole Cihampelas
Bersepeda di Area Gantole Cihampelas. Foto: google maps/Fajar Nugraha

Bersepeda menuju venue Gantole Cihampelas bisa menjadi kegiatan yang seru dan melatih fisik. Sepanjang jalan memiliki tanjakan yang melelahkan dan butuh banyak tenaga untuk menuju ke puncak.

Namun setelah di puncak gantole, pengunjung akan puas melihat pemandangan cantik di atas ketinggian. Rasa lelas selama perjalanan akan terbayar seketika.

Namun pengendara sepeda dihimbau agar berhati-hati saat perjalanan pulang. Karena akan jalan turunan yang cukup curam berliku apalagi saat jalanan dalam keadaan basah.

Sangat perlu untuk mempersiapkan rem sepeda dengan sebaik-baiknya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan pulang.

Fasilitas

Gantole Cihampelas memiliki fasilitas venue gantole dan paralayang, tetapi harus memesan terlebih dahulu. Ada pula tempat parkir, toilet, dan camping ground.

Kemudian bagi yang malas berjalan ada banyak tukang ojek yang siap mengantar sampai ke puncak gantole.

Lokasi Gantole Cihampelas

Wisata perbukitan ini berlokasi di Singajaya, Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40562. Dari Pusat Kota Bandung ke Gantole Cihampelas berjarak 28 kilometer. Bila menempuhnya dengan berkendara memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Ada banyak jalur untuk menuju ke lokasi, tetapi ada dua jalur yang populer. Pengunjung bisa lewat jalur Cihampelas atau Cipatik.

Melalui Cihampelas jalurnya lebih pendek namun tanjakan tajam dan ekstrem sehingga banyak kendaraan mogok. Jika melalui Cipatik jalurnya lebih panjang tetapi lebih aman dan lebih landai.

Ulasan Pembaca

4.5 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *