CURUG HALIMUN Tiket & Daya Tarik Maret 2024

CURUG HALIMUN

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 06.00–17.00
  • Nomor Telepon: 0895347091473
  • Alamat: Saguling, Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40564

Curug Halimun salah satu pilihan wisata air terjun dengan lokasi yang tersembunyi. Karena letaknya berada di pelosok desa. Jalur untuk menuju air terjun masih berupa jalan setapak dari tanah dan bebatuan. Rutenya dari parkiran juga akan melalui jalan menurun karena lokasinya berada di lembah.

Terkait asal-usul nama air terjun ini ternyata dalam bahasa Sunda, halimun berarti kabut. Pemilihan nama air terjun ini karena menurut warga areanya sering berselimut kabut.

Curug Halimun memiliki nama lain yang populer di kalangan warga setempat yakni Saung Kondang. Karena memang di pintu masuk terdapat bangunan tradisional seperti saung.

Harga Tiket Masuk Curug Halimun

Harga tiket masuk ke destinasi wisata Curug Halimun terbilang relatif terjangkau. Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar biaya parkir kendaraan jika membawa motor.

Sementara untuk mobil belum bisa masuk lebih dekat ke air terjun karena jalannya sempit. Berikut ini adalah daftar biaya dan harga untuk berekreasi ke air terjun Halimun.

Harga Tiket Masuk Curug Halimun
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp5.000
Sewa PelampungRp15.000
Jasa Pemandu (Guide)Rp50.000

Baca: BUNKER BATUJAJAR Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Curug Halimun

Waktu operasional wisata air terjun ini cukup panjang yakni mulai pagi hingga sore hari. Selain itu, kawasannya juga buka setiap hari. Sehingga memungkinkan untuk pengunjung bebas datang di hari apa saja.

Jam Buka
Setiap Hari06.00–17.00

Sejarah Unik Terbentuknya Curug Halimun

Curug Halimun berada di bekas aliran sungai Citarum sebelum adanya waduk Saguling. Terbentuknya air terjun ini akibat dari jebolnya danau Bandung Purba karena longsor dan gempa.

Destinasi wisata ini adalah salah satu hasil jebolan danau purba yang alirannya dari Citarum purba. Aliran air pertama di danau purba Cikahuripan, lalu Cukang Rahong terus ke Curug Halimun.

Daya Tarik Curug Halimun

Kolam di bawah air terjun berwarna hijau
Kolam di bawah air terjun berwarna hijau. Foto: instagram/teddysahya

Kawasan sekitar air terjun masih terasa asri, alami, dan sangat indah. Tempat wisata ini tidak terlalu ramai wisatawan. Dengan begitu memungkinkan pengunjung merasakan kedamaian dan jauh dari kebisingan. Pengunjung bisa merasakan sensasi liburan di curug seperti di lokasi milik pribadi.

Baca: TEBING CITATAH 48 Tiket Gratis Wisata Tebing Karst Eksotik

Mampir Ke Wana Wisata Saung Kondang

Wana Wisata Saung Kondang
Wana Wisata Saung Kondang. Foto: instagram/gan_gan_jatnika.jpg

Sebelum sampai ke air terjun, wisatawan akan melewati area Wana Wisata bernama Saung Kondang. Ibaratnya Saung Kondang ini merupakan pintu masuk untuk menuju ke Curug Halimun.

Tempat tersebut merupakan salah satu obyek wisata baru di Saguling. Dari Saung Kondang harus berjalan lagi ke bawah, karena lokasi curug berada di bawahnya.

Mampir di Saung Kondang, pengunjung dapat berselfi dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat memukau. Di area tersebut banyak sekali saung-saung terbuat dari bambu.

Biasanya saung ini digunakan untuk pengunjung beristirahat. Bisa pula membuka bekal makanan di saung atau membeli makanan di warung yang tersedia.

Keseruan Hiking

Hiking menuju Curug Halimun
Sekelompok wisatawan sedang hiking menuju air terjun. Foto: google maps/Agus Darmawan

Perjalanan menuju air tejrun dimulai dari pintu masuk di Saung Kondang. Kemudian pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30-45 menit di jalan menurun (hiking downhill).

Jalan menurunnya lumayan curam sehingga lutut harus kuat. Sebaiknya ke sana saat musim kemarau karena jika hujan jalanan tanah akan lebih licin.

Setelah puas bermain di air terjun, pengunjung masih harus menyisakan tenaga untuk perjalanan pulang. Jika jalan menuju curug menurun, maka jalan pulangnya adalah menanjak.

Perjalanan pulang juga memerlukan kondisi yang fit karena bisa saja akan melelahkan. Saran bagi pengunjung untuk menggunakan sepatu hiking supaya lebih nyaman.

Guide Ramah Yang Memandu Perjalanan

Wisatawan yang pertama datang ke Curug Halimun dan belum mengetahui medan, disarankan menyewa guide. Karena jalannya yang curam serta ada yang tertutup oleh semak belukar.

Untuk penyewaan guide pembayarannya yaitu sebesar Rp50.000 di Saung Kondang. Guide akan mengantarkan dari Saung Kondang sampai ke air terjun.

Serunya Berenang di Curug Halimun

Di bawah curug terdapat kolam yang cukup luas untuk wisatawan berenang. Airnya berwarna hijau kebiruan yang menyejukkan mata dan mengundang rasa ingin bermain air.

Sekeliling kolam air terjun ini terlindungi oleh bebatuan tebing yang tinggi nan indah. Jika berani, wisatawan dapat memanjat ke bebatuan agak tinggi lalu melompat (salto) ke kolam.

Berenang di bawah air terjun akan terasa seru, apalagi jika beramai-ramai bersama teman atau keluarga. Udara yang sejuk serta air yang dingin bisa mengurangi stres dan kepenatan.

Pengunjung sebaiknya berenang saat musim kemarau karena airnya akan berwarna hijau yang cantik. Sedangkan jika di musim hujan, airnya akan berwarna kecoklatan tetapi tidak bau.

Penyewaan Pelampung

Sewa pelampung di Curug Halimun
Pengunjung bisa menyewa pelampung di sekitar air terjun. Foto: instagram/jalanberduanih

Bagi yang hendak berenang tidak perlu repot membawa pelampung dari rumah. Karena di sekitar air terjun sudah tersedia penyewaan pelampung dengan harga terjangkau.

Setelah menyewa wisatawan bisa menggunakan pelampung sepuasnya. Adanya pelampung membuat keamanan selama berenang di kolam air terjun menjadi lebih terjaga.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Misalnya penyewaan pelampung dan jasa pemandu. Ada tempat beristirahat berupa saung-saung di area Saung Kondang.

Fasilitas lain sebagian besar berada di Saung Kondang. Antara lain warung jajanan, spot selfi, toilet dan musala.

Lokasi Curug Halimun

Air terjun ini berlokasi di Saguling, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40564. Dari pusat Kota Bandung ke Curug Halimun menempuh jarak sejauh 42,2 km. Bila mengendarai kendaraan maka membutuhkan waktu tempuh selama 1 jam 28 menit.

Berikan Rating

4.7 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: