TEBING CITATAH 48 Tiket Gratis Wisata Tebing Karst Eksotik Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Tebing Citatah 48: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: 085794115815
  • Alamat: Citatah, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40554

Tebing Citatah 48 destinasi wisata yang terkenal serta menjadi area latihan olahraga panjat tebing. Kompleks Tebing Citatah sebenarnya mempunyai tiga spot panjat tebing sesuai ketinggian tebingnya. Ada Tebing Citatah 48, Citatah 90, dan Citatah 125. Sama dengan penamaannya, tebing ini mempunyai ketinggian kurang lebih 48 meter.

Tebing tersebut lebih pendek dari dua tebing lainnya, membuat Citatah 48 sempurna untuk pemula. Keberadaan tebing tersebut terbentuk secara alami dan batuannya memiliki karakter menarik. Pembentukan Tebing berasal dari batuan karst atau batu kapur. Sehingga tempat itu pun dijadikan wilayah penambangan marmer.

Tiket Masuk Tebing Citatah 48

Untuk masuk ke lokasi tebing tak memerlukan biaya sepeser pun. Parkir juga gratis bagi tiap pengunjung. Namun bila hendak panjat tebing, mesti minta perizinan ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus Batujajar. Sebab Tebing Citatah 48 berada di bawah naungan Tentara Kopasus.

Harga Tiket
Tiket MasukGratis

Baca: Stone Garden Bandung Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Destinasi wisata Tebing Citatah wisata alam terbuka yang dapat pengunjung datangi kapan saja. Serta tidak mempunyai aturan jam operasional khusus bagi pengunjung. Jika ingin melakukan olahraga panjat tebing, sebaiknya datang saat matahari tidak terik. Bisa di pagi hari sebelum jam 11 atau sore hari supaya tidak kepanasan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Wisata Populer Bandung

Wisata Karst Tebing Citatah 48

Tebing Citatah 48 memiliki daya tarik tebing batu kapur yang sempurna untuk olahraga panjat tebing. Selain itu mendatangi tempat wisata ini juga tidak memerlukan budget yang besar. Berikut sejumlah daya tarik yang bisa dinikmati selama berada kawasan wisata ini.

Panjat Tebing Dan Perizinannya

Megahnya Tebing Citatah 48
Megahnya Tebing Citatah 48. Foto: google maps/agah farhan

Tebing Citatah 48 sering kali dipergunakan oleh Kopasus sebagai lokasi pelatihan fisik. Tebing karst tersebut cukup aman serta ideal untuk olah raga panjat tebing. Beberapa bagian tebing kapur tampak berongga sehingga bisa menjadi pegangan serta pijakan. Pemanjat perlu membawa peralatan climbing sendiri, misalnya tali karmantel, harness, helm, carabiner, dan lain-lain.

Selain Kopasus, masyarakat umum juga bisa menggunakan tebing ini sebagai tempat latihan panjat tebing (climbing). Akan tetapi terdapat persyaratan yang mengharuskan pemanjat mengurus perizinan terlebih dahulu. Calon pemanjat wajib membuat surat permintaan izin tertulis ke Pusdipassus Batujajar. Surat izin itu mesti disampaikan 1 bulan sebelum kegiatan karena prosesnya memang memakan waktu.

Baca: BUNKER BATUJAJAR Tiket & Daya Tarik

Area Bawah Tebing Yang Lapang

Tanah lapang di bawah tebing bisa menjadi lokasi berolahraga. Pengunjung bisa melakukan senam, bersepeda, atau permainan lainnya. Bagi yang akan melakukan climbing dapat melakukan pemanasan di tempat tersebut. Dapat pula lari-lari sejenak sebagai bentuk pemanasan sebelum memanjat tebingnya sebab tempatnya memang luas.

Berkemah

Areanya yang luas sangat cocok menjadi bumi perkemahan. Para pelajar yang sedang kegiatan pramuka atau Mapala juga sering kali memanfaatkan kawasan tebing ini. Camping di lokasi ini mengharuskan pengunjung membawa tenda dan perlengkapannya sendiri. Jika tidak mau repot, ada rental tenda di Jalan Raya Pamucatan dekat Tebing Citatah 125.

Baca: WADUK SAGULING Batujajar: Wisata Danau Asri

Pemandangan Indah Di Atas Tebing

Pemandangan di atas Tebing Citatah 48 yang indah dan hijau
Pemandangan di atas Tebing Citatah 48 yang indah dan hijau. Foto: google maps/Agung Nugraha

Pengunjung bisa langsung menaiki atas tebing tanpa memanjatnya demi melihat panorama indah dari ketinggian. Pintu masuk menuju puncak adalah dari area Pabrik PT Pumarin belakang masjid. Kemudian menaiki tangga sekitar 10 menit untuk sampai ke puncak. Setelah berada di puncak ada saung untuk beristirahat dan pemandangan yang mengesankan.

Monumen Belati Raksasa Kopasus Tebing Citatah

Monumen pisau belati TNI di puncak tebing
Monumen pisau belati TNI di puncak tebing. Foto: google maps/Christian Theodorus

Di puncak tebing terdapat monumen belati raksasa setinggi 3 meter yang tertancap di atas tebing. Inilah yang menjadikan Tebing Citatah 48 menjadi lebih unik dibandingkan Tebih Citatah lainnya. Monumen Belati raksasa itu telah berdiri semenjak tahun 2004 dan dibangun oleh Zeni Pusdikpassus. Pembangunan monumen itu guna menandai area climbing para anggota TNI yang dipakai sejak 1965.

Belati tersebut berwarna hitam gelap dan dicor pada bagian dasarnya. Keunikan monumen tersebut sering mengundang ketertarikan pengunjung untuk menjadikannya obyek foto. Ada pula mitos beredar kalau monumen belati itu memancarkan aura mistis. Namun terlepas dari mitos tersebut, pengunjung harus tetap menjaga kebersihan serta keasrian lokasi tersebut.

Menjadi Lokasi Foto Instagramable

Spot fotografi menarik di Tebing Citatah 48
Spot fotografi menarik berlatar bebatuan karst. Foto: google maps/Tuan Hehanussa

Puncak Tebing Citatah 48 menjadi lokasi berfoto yang sangat indah. Foto di puncak tebing akan memberikan nuansa ekstrem namun terlihat cantik. Apalagi pemandangan hijau sebagai latar belakangnya akan terlihat eksotis. Para pecinta alam yang datang ke Tebing Citatah wajib mengabadikan momen di puncaknya.

Pengunjung bisa membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di puncak Tebing. Obyek tersebut dapat menambah kesan potret nasionalisme dan penuh makna. Jika pengunjung pintar menemukan sudut foto terbaik, maka bisa menghasilkan foto yang Instagramable.

Menjadi Lokasi Penambangan Marmer

Di dekat sekitar tebing terdapat sebuah pabrik penambangan marmer bernama PT Pumarin. Perusahaan tersebut cukup terkenal di Indonesia sebagai produsen marmer. Produknya yang laris di pasaran adalah ubin marmer dengan berbagai variasi. Jika pengunjung berjalan ke puncak Tebing lewat jalur samping maka akan menemukan pabrik ini.

Fasilitas

Destinasi Wisata ini mempunyai fasilitas umum berupa toilet bagi pengunjung. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir. Parkir juga gratis bagi kendaraan pengunjung. Sayangnya fasilitas kebersihan seperti tong sampah belum tersedia. Hal itu membuat pengunjung harus tertib membawa pulang sampah sendiri agar lingkungan tetap bersih.

Lokasi Tebing Citatah 48

Wisata alam tebing ini berlokasi di Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554. Dari Pusat Kota Bandung berjarak sekitar 30 Kilometer. Jika menempuhnya mempergunakan kendaraan akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan dari jalan raya ke Tebing Citatah 48 sudah bagus dan sudah beraspal.

Ulasan Pembaca

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *