Beranda Tiket Wisata

GOA KISKENDO KENDAL Tiket & Ragam Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gua Kiskendo : Rp5.000Jam Buka: 07.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Jln. Goa Kiskendo, Sawah / Hutan, Trayu, Singorojo, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51382

Goa Kiskendo merupakan wisata alam yang ada di Kabupaten Kendal. Berjarak sekitar 15 Km dari pusat kota areanya menawarkan pesona gua yang memukau. Batuan Stalagmit dan Stalaktit yang konon terbentuk ratusan tahun lalu menjadi keindahan utama yang ada di dalam lubang gua. Uniknya lagi di dalam area gua ada sebuah aliran sungai dengan airnya yang jernih. Ini mengingatkan dengan wisata Gua Pindul yang ada di Gunung Kidul Jogjakarta.

Suasana yang sekitar area wisata juga sangat asri dan menyejukkan. Hal ini karena lokasi gua yang berada di kawasan hutan. Tak heran wisatawan pun bisa menemukan beragam flora dan fauna. Tak hanya ada satu, ada beberapa gua kecil yang juga tak kalah menarik. Setiap lubang gua ini memiliki nama sendiri dan punya cerita sejarah yang menarik. Bagi penggemar wisata alam dan petualangan maka tempat ini sangat cocok untuk sebagai tujuan wisata.

Harga Tiket Masuk Goa Kiskendo

Untuk bisa melihat keindahan di dalam Goa Kiskendo wisatawan terlebih dahulu akan ditarik biaya masuk di loket yang tersedia. Harga tiket di tempat ini sangatlah murah. Cukup bayar sekali sudah termasuk dengan biaya parkir. Kemudian tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur nasional.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk dan ParkirRp5.000

Baca: PANTAI CAHAYA Tiket Murah Banyak Wahana

Jam Buka Goa Kiskendo

Untuk jam operasionalnya sendiri obyek wisata alam ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Sebelum datang ke tempat ini pertimbangkan juga soal cuaca. Karena letaknya di kawasan hutan dan ada sungai di dalam gua maka lebih baik untuk datang ketika kondisi cuaca cerah. Sebab jika hujan air di dalam bisa saja naik dan akan berbahaya bagi wisatawan.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 WIB – 17.00 WIB

Pesona Tersembunyi di Selatan Kendal

Gua yang dihimpit tebing-tebing tinggi
Keindahan yang ada di mulut Goa Kiskendo dengan tebing di kanan kirinya. Foto: Gmaps/Saeful Komar

Berada di sebuah area hutan yang masih asri, Goa Kiskendo menawarkan panorama yang unik dan berbeda. Batuan stalagmit dan stalaktit dengan air yang menetes memberikan sensasi misterius dari tempat ini. Di area dalam gua ada sebuah aliran sungai dengan airnya yang jernih dan menyegarkan. Ketika air surut banyak warga sekitar yang mandi di sungai tersebut. Kawasan hutan di sekitar gua ini juga masih alami. Jika beruntung wisatawan bisa bertemu dengan satwa Lutung Hitam.

Gua ini juga memiliki cerita legenda yang diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat setempat. Konon gua ini adalah tempat bersemayamnya raja kera bernama Subali. Tak hanya di dalam gua saja, pemandangan alam di area tempat wisata ini sangat indah. Perbukitan hijau dan pesona batuan karst bisa terlihat. Beragam aktivitas bisa dilakukan di tempat ini. Wisata Goa Kiskendo sangat cocok untuk semua umur.

Baca: Santosa Stable Kendal : Tiket & Wahana

Menjelajah Ke Dalam Goa Kiskendo

Aktivitas utama selama berkunjung ke sini tentu saja menjelajah ke dalam guanya. Wisatawan perlu berhati-hati karena jalan di mulut gua berupa turunan yang cukup curam. Namun ketika sudah masuk ke bagian dalam pemandangan indah sudah menanti. Batuan stalagmit dan stalaktit yang terbentuk alami menjadi sebuah karya alam yang menakjubkan.

Di dalam gua ini masih ada beberapa gua kecil lagi. Gua-gua kecil ini bernama gua Lawang, gua Kampret, gua Pertapaan, dan gua Kempul. Salah satu yang unik adalah Gua Kempul. Terkenal unik karena apabila batuan di dalam area tersebut dipukul akan menciptakan bunyi seperti kempul. Kempul sendiri adalah salah satu instrumen yang ada dalam perangkat Gamelan.

Baca: CURUG SEWU Kendal : Tiket & Ragam Aktivitas

Sungai Dengan Air yang Menyegarkan

Aliran sungai yang ada di dalam gua
Di gua ini adalah sebuah aliran sungai dengan air langsung dari pegunungan. Foto: Gmaps/Junar Yatno

Salah satu keunikan yang ada di dalam Goa Kiskendo adalah adanya sebuah aliran sungai. karena berasal langsung dari pegunungan maka air yang ada di aliran tersebut sangat jernih dan menyegarkan. Meski tidak disarankan untuk berenang, namun ketika air surut banyak warga sekitar atau wisatawan yang mandi di sungai tersebut. Membasuh wajah dengan air yang dingin dari sungai tersebut tentunya bisa memberikan kesegaran setelah lelah menyusuri Goa Kiskendo.

Baca: RIVER WALK BOJA Tiket & Wahana

Pemandangan Indah di Luar Gua

Pemandangan perbukitan hijau
Tak hanya di dalam gua, pesona alam yang luar biasa juga bisa dilihat wisatawan di luar area gua. Foto: Gmaps/Badra Sanditya Rattyananda

Selain di dalam gua, obyek wisata ini juga tawarkan pemandangan di luar gua yang begitu indah. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam perbukitan yang memanjakan mata. Suasana alam pedesaan masih sangat terasa di tempat ini. Hutan yang masih asri juga menawarkan pesona flora dan fauna yang menarik. Jika beruntung wisatawan bisa bertemu dengan Lutung Hitam berayun-ayun di dahan pohon.

Baca: CURUG SEWU Kendal : Tiket & Ragam Aktivitas

Panjat Tebing

Area Goa Kiskendo ini juga sering dipakai untuk olahraga ekstrem Panjat Tebing. Areanya yang dikelilingi tebing karst memang sangat cocok untuk kegiatan panjat tebing. Namun untuk aktivitas ini tentunya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih dan punya perlengkapan.

Kolam Renang Anak

Kolam renang yang berada di perbukitan sekitar Goa Kiskendo
Di obyek wisata ini adalah fasilitas kolam renang anak dengan panorama alami di sekitarnya. Foto: Gmaps/Abdul Kadir

Bagi yang mengajak anak kecil tak perlu khawatir si kecil akan bosan. Sebab di area wisata ini adalah fasilitas kolam renang untuk anak. Dengan kedalaman selutut orang dewasa, anak-anak bisa bermain air sepuasnya di sini. Pemandangan dari area kolam renang pun juga indah karena berada di atas perbukitan.

Baca: KEBUN TEH MEDINI: Tiket & Pesona Hijau Perbukitan

Berkemah di Goa Kiskendo

Suasana alam yang masih sangat alami membuat tempat ini juga kerap menjadi spot untuk camping. Ada banyak titik yang bisa dipakai wisatawan untuk mendirikan tenda. Jika berkemah di kawasan Goa Kiskendo wisatawan berkesempatan melihat pesona sunrise yang begitu cantik dari tempat ini.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di obyek wisata ini sudah sangat memadai. di sini tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola, bangku untuk bersantai, gazebo hingga warung makan.

Lokasi Goa Kiskendo

Obyek wisata alam ini beralamat di Jalan Goa Kiskendo, Area Sawah / Hutan, Trayu, Keamatan Singorojo, Kendal. Berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 23

Berikan Rating