Beranda Tiket Wisata

GUNUNG KELIR Wonogiri Tiket Murah Pesona Menawan - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Kelir : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dusun Tekil Wetan, Desa Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57682

Gunung Kelir destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Wonogiri. Mulai buka sejak tahun 2017, tempat ini langsung menarik perhatian banyak wisatawan. Salah satunya karena panorama bentang alamnya yang cantik. Untuk sampai ke puncaknya wisatawan harus mendaki. Meskipun begitu waktu pendakian tidak memakan waktu lama. Inilah kenapa kawasan wisatanya langsung ramai.

Gunung Kelir sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar dan merasakan sensasi mendaki. Jalur menuju puncak cukup menanjak dari tidak terlalu ekstrem. Dari puncak akan terlihat hijaunya alam di sekitar. Selain itu pemandangan Gunung Lawu hingga Waduk Gajah Mungkur juga terlihat jelas. Selain puncaknya yang indah terdapat sebuah gua bernama Gua Kelir. Konon gua tersebut kerap kali dipakai sebagai tempat ritual para dalang.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelir

Untuk dapat menikmati keindahan di Gunung Kelir setiap wisatawan perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya masih murah. Selain tiket siapkan juga biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Kemudian ada pula biaya untuk penitipan motor jika akan berkemah di kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelir
Tiket masukRp5.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000
Penitipan Kendaraan
MotorRp5.000/malam
MobilRp10.000/malam

Baca: Pantai Nampu Wonogiri Tiket & Pesona Perbukitan Eksotis

Jam Buka Gunung Kelir

Untuk jam bukanya sendiri, Gunung Kelir selalu buka selama 24 jam nonstop. Bahkan banyak yang berkunjung pada malam hari untuk berkemah atau menjalankan ritual di Gua Kelir. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan di tempat ini adalah saat pagi atau sore hari. ketika siang pemandangan juga bagus, namun keadaan di puncak sangat panas.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Sejarah Singkat Gunung Kelir

Gunung yang hijau dan asri
Panorama yang terlihat dari puncak gunung dengan aliran sungai besar yang berkelok dibawahnya. Foto: Gmaps/Ilham TPNG

Ada asal-usul dibalik nama “Gunung Kelir”. Mendapat nama demikian karena salah satu sisi lerengnya berbentuk seperti kelir. Kelir sendiri adalah semacam layar yang biasa dipakai dalam pertunjukkan wayang. Karena identik dengan wayang tak heran jika gunung ini sering digunakan sebagai tujuan ritual dalang. Para dalang percaya ritual di sini bisa mendatangkan keberkahan dari Tuhan yang Maha Esa.

Saat ini Gunung Kelir menjelma menjadi wisata andalan di Kabupaten Wonogiri. Keindahan dari puncaknya tidak perlu diragukan lagi. Hamparan hijau hutan dan perbukitan menjadi sajian yang menawan. Gagahnya Gunung Lawu dan Waduk Gajah Mungkur juga terlihat dari puncaknya. Pada saat pagi wisatawan bisa menyaksikan lautan awan yang berarak di bawah puncaknya.

Baca: Watu Cenik Tiket & Pesona

Perjalanan ke Puncak

Gunung dengan hutan pinus yang asri
Di sepanjang perjalanan wisatawan akan melewati hutan pinus yang sangat asri. Foto: Gmaps/Ayzawa Roby L

Untuk menuju ke puncak Gunung Kelir wisatawan perlu melakukan pendakian. Perjalanan menuju ke atas tidak terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit berjalan santai untuk mencapai puncak. Sementara jalur pendakiannya pun sudah bagus berupa jalan setapak yang cukup lebar. Di sepanjang perjalanan ada beberapa warung milik warga sekitar. Sehingga wisatawan bisa beristirahat sambil jajan makanan dan minuman yang tersedia.

Jalur menuju ke puncak memang cukup menanjak namun masih bersahabat. Selama perjalanan wisatawan akan melewati perkebunan warga dan juga hutan pinus. Pemandangan yang tersaji membuat pendakian menjadi mengasyikkan dan sedikitnya bisa mengurangi rasa lelah.

Baca: Bukit Cumbri Wonogiri Puncak Diatas Awan

Pemandangan Memukau di Puncaknya

Puncak dengan pemandangan yang memukau
Hijaunya alam membentang terlihat dari puncak tempat ini. Foto: Gmaps/Telordadar Official

Sesampainya di puncak, pemandangan memukau akan menyambut. Barisan perbukitan dengan hamparan hutan hijau menjadi pesona yang menyejukkan mata. Tebing-tebing tinggi yang ada di kanan kiri puncak menjadi ciri khas kawasannya.

Di bawah puncak, terlihat aliran sungai besar yang berkelok-kelok. Jika melihat lebih jauh lagi akan terlihat juga Waduk Gajah Mungkur yang jadi ikon Wonogiri. Kemudian ketika cuaca cerah, di arah utara wisatawan bisa melihat gagahnya Gunung Lawu.

Baca: SOKO LANGIT Tiket & Pesona Kolam Berlatar Gunung

Sunset dan Sunrise

Merasakan sensasi di atas awan Gunung Kelir
Ketika pagi wisatawan akan disuguhkan lautan awan yang berarak di bawah puncaknya. Foto: Gmaps/Ardnas Dewi

Waktu terbaik untuk menikmati panorama dari Gunung Kelir adalah saat pagi atau sore hari. Ketika pagi wisatawan akan disuguhi pemandangan matahari terbit dengan lautan awan di bawahnya. Momen seperti ini seolah memberikan sensasi seperti sedang berada di atas Khayangan. Bahkan ketika musim hujan sering kali terlihat kabut tipis yang terlihat sangat cantik.

Tak hanya di pagi hari saja, pesona indahnya juga terpancar ketika sore. Jika cuaca cerah wisatawan bisa melihat pemandangan sunset yang memukau dari puncaknya. Lampu-lampu kota yang mulai menyala menambah pemandangan kian cantik.

Baca: GUNUNG LAWU Tiket & 5 Jalur Pendakian

Berkemah di Gunung Kelir

Layaknya wisata gunung pada umumnya, di sini wisatawan juga bisa berkemah. Terdapat banyak area untuk mendirikan tenda. Tempat terbaik untuk mendirikan tenda adalah di bawah puncak area pepohonan.

Pepohonan rindang akan bisa mengurangi dingin hembusan angin di malam hari. Pada saat malam wisatawan bisa melihat kelip lampu kota Wonogiri dan indahnya gemintang. Bercengkerama dengan teman ditemani minuman hangat dan api unggun tentunya menciptakan momen berkemah yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas di Gunung Kelir

Di obyek wisata ini juga sudah dilengkapi sarana dan prasaran yang menunjang. Di tempat ini tersedia area parkir, toilet, mushola hingga kedai makanan dan minuman. Terdapat pula tempat penitipan kendaraan bagi yang ingin berkemah di puncak.

Lokasi Gunung Kelir

Destinasi wisata ini beralamat di Dusun Tekil Wetan, Desa Sembukan, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Obyek wisata ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Wonogiri dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 17

Berikan Rating