Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Giri Krida Bakti Wisata Murah Beragam Daya Tarik – Februari 2023

0
Alun-alun Giri Krida Bakti Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57612.

Alun-alun Giri Krida Bakti merupakan zona terbuka hijau di  Kabupaten Wonogiri. Kawasan ini mengalami penataan ulang sekitar tahun 2016 lalu. Dan sekarang tampilannya tampak lebih kekinian dengan sejumlah bangunan estetik. Serta beberapa pepohonan rindang menghiasi setiap sisi alun-alun.

Lapangannya memiliki permukaan berlapis rerumputan hijau. Kemudian bagian sisinya ada area joging track untuk pejalan kaki. Serta bisa juga sebagai sarana olahraga seperti lari dan joging. Kawasan ini banyak dikelilingi gedung penting seperti masjid dan kantor pemerintahan.

Harga Tiket Alun-alun Giri Krida Bakti

Tidak seperti tempat wisata yang membebankan tiket masuk. Di wisata Alun-alun Giri Krida Bakti siapa pun bebas keluar masuk secara gratis. Sebab pihak pengelola tidak memungut tiket masuk kepada para pengunjung.

Harga Tiket Alun-alun Giri Krida Bakti
Tiket masuk Gratis

Baca: WADUK GAJAH MUNGKUR Tiket & Aktivitas Wisata

Jam Buka Alun-alun Giri Krida Bakti

Alun-alun Giri Krida Bakti selalu buka setiap hari. Mulai dari pagi hingga tengah malam. Bisa dibilang kawasan ini buka selama 24 jam penuh. Untuk harinya dari Senin sampai dengan Minggu.

Jam Buka
Setiap hari 24 Jam

Daya Tarik Alun-alun Giri Krida Bakti

Alun-alun Giri Krida Bakti memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang tertarik mengunjunginya. Salah satunya terdapat sebuah panggung besar nan megah berdiri di tengah lapangan. Kemudian di depan alun-alun ada patung Ir. Soekarno tengah duduk sambil membaca buku. Di kawasan ini pula wisatawan bisa menikmati wisata kuliner dan wahana permainan anak.

Panggung Giri Krida Bakti

Panggung Alun-alun Giri Krida Bakti.
Panggung pertunjukan besar dan megah yang terletak di tengah lapangan. Foto : Googlemap/Rita Latifah

Selesai mengalami revitalisasi Alun-alun Giri Krida Bakti kini tampak lebih rapi dan kekinian. Tepat di sisi sebelah utara ada sebuah panggung besar berwarna merah. Bentuknya melengkung dengan hiasan tugu bertuliskan Giri Krida Bakti di bagian atasnya. Tugu tersebut ditopang 4 tiang penyangga yang sangat kokoh.

Panggung tersebut menghadap langsung ke arah lapangan hijau nan luas. Sehingga saat pengunjung berdiri di atas panggung akan terlihat kawasan alun-alun secara keseluruhan. Area ini pula sering menjadi tempat untuk menggelar konser atau acara penting lainnya. Alasannya karena kawasan ini tergolong luas dan mampu menampung penonton dalam jumlah banyak.

Kawasan ini juga sering sebagai tujuan tempat bersantai masyarakat sekitar. Untuk sampai ke atas bisa menaiki anak tangga yang ada di bawah panggung. Saat malam hari  area ini terlihat begitu menawan dengan  lampu-lampu yang menyala. Di mana pada tulisan Giri Krida Bakti mengeluarkan cahaya putih yang  tampak kemerahan.

Baca: SOKO LANGIT Tiket & Pesona Kolam Berlatar Gunung

Patung Presiden Soekarno

Patung Bung Karno di depan Alun-alun Giri Krida Bakti.
Wonogiri memiliki ikon kota baru berupa patung Bung Karno di depan Alun-alun. Foto : Googlemap/Mingun Niew

Di depan Alun-alun Giri Krida Bakti berdiri patung Bung Karno yang sangat besar. Perkiraan tinggi patung tersebut kurang lebih sekitar 2,6 meter. Kehadirannya telah menjadi ikon baru di Kota Wonogiri. Pose sang Presiden tengah duduk santai di atas kursi sambil membaca sebuah buku.

Patung Bung Karno ditopang alas berbentuk lingkaran yang memiliki 5 tingkatan. Tingkatkan pertama terdapat ornamen tulisan  “Kutitipkan Bangsa dan Negara Ini Kepadamu”. Warnanya merah menyala dengan warna hitam di bagian belakangnya. Sementara tingkatan kedua berwarna merah putih dan tiga sampai lima berwarna kecokelatan.

Patung tersebut tampak indah dengan latar belakang dinding ekodayawilaga. Yang mana pada bagian atasnya terdapat lukisan mural berbentuk ukiran. Ada yang bergambar orang, rumah, bunga, dedaunan, dan beberapa pohon kecil. Spot ini merupakan salah satu tempat favorit pengunjung untuk mengambil foto.

Baca: Bukit Cumbri Wonogiri Puncak Diatas Awan

Wisata Kuliner

Selain terkenal dengan panggung besar dan patung Bung Karno. Alun-alun Giri Krida Bakti juga menyediakan wisata kuliner yang enak-enak. Namun kebanyakan yang menjual makanan adalah pedagang kaki lima di pinggir jalan raya. Biasanya area tersebut sudah ramai dengan aktivitas jual beli saat menjelang sore hari.

Harga makanan dan minuman masih sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Berbagai menu seperti camilan, makanan berat, dan minuman kekinian tersedia lengkap di sini. Misalnya untuk makanan ada Bakso, Mie Ayam, Tempe Penyet, dan Soto. Sementara minumannya ada Es Buah, Wedang Ronde, Teh Panas, Jeruk Panas, dan lainnya.

Dari semua menu yang paling terkenal adalah Wedang Ronde. Sejenis minuman jahe hangat khas Provinsi Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat kue bulat warna-warni yang isiannya berupa kacang tanah. Bahan dasarnya menggunakan tepung ketan dengan campuran sedikit air lalu direbus.

Baca: GUNUNG KELIR Wonogiri Tiket Murah Pesona Menawan

Wahana Permainan Anak

Wahana odong-odong Alun-Alun Giri Krida Bakti.
Saat malam hari area Alun-alun banyak dipenuhi wahana permainan anak seperti pemancingan, mandi bola, odong-odong, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemapl/Maria Sofi

Tidak hanya ramai pedagang kaki lima yang menjual makanan. Di kawasan ini juga ada beberapa wahana permainan seru khusus anak-anak. Walaupun fasilitas tersebut tidak bisa dinikmati setiap hari. Hanya pada saat-saat tertentu saja seperti malam Minggu.

Wahana yang tersedia misalnya ada sepeda listrik, mandi bola, komidi putar, dan masih banyak lagi. Tapi yang menjadi favorit anak-anak itu mainan odong-odong. Bentuknya mirip komedi putar tetapi berukuran mini. Dan tempat duduknya berbentuk mobil-mobilan yang berjumlah 5 buah.

Odong-odong bergerak memutar di satu tempat dengan mengikuti iringan musik. Anak-anak tinggal duduk  sambil berpegangan di atas  kemudinya. Tidak perlu khawatir karena gerakannya cenderung pelan. Jadi wahana ini sangat aman dimainkan oleh anak-anak.

Baca: Pantai Nampu Wonogiri Tiket & Pesona Perbukitan Eksotis

Fasilitas

Meskipun termasuk wisata baru di Kabupaten Wonogiri. Tetapi fasilitas umum yang tersedia sudah cukup memadai. Misalnya area parkir, track joging, masjid, WiFi dan tempat makan. Untuk fasilitas toilet bisa menggunakan milik Masjid At-Taqwa Kabupaten Wonogiri.

Lokasi Alun-alun Giri Krida Bakti

Alun-alun beralamatkan di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri. Tepatnya ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 32

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini