Beranda Tiket Wisata

GUNUNG TIDAR Magelang Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Tidar : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Magersari , Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 59214

Magelang yang berada di Jawa Tengah adalah daerah yang dikelilingi gunung-gunung besar. Misalnya Merbabu, Merapi, Sindoro dan Sumbing seakan menjadi pagar dari kota ini. Namun ada satu gunung yang cukup unik karena letaknya di tengah-tengah kota Magelang. Gunung tersebut adalah Gunung Tidar. Berbeda dari yang lainnya, gunung ini tidak terlalu tinggi dan lebih menyerupai bukit.

Kawasannya merupakan obyek wisata alam sekaligus religi. Keindahan alam yang asri dengan hutan yang masih sangat rapat menjadi ciri khasnya. Selain itu areanya juga menyimpan beragam cerita sejarah yang panjang. Di puncak gunung ada 3 buah makam yang dianggap keramat oleh masyarakat. Yaitu makam dari Syaikh Subakir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Kemudian di gunung ini tiap tahunnya juga berlangsung acara adat yaitu Slametan Paser Bumi.

Harga Tiket Masuk Gunung Tidar

Untuk menikmati keindahan alam di Gunung Tidar ataupun mendaki hingga ke puncaknya wisatawan akan perlu membayar tiket masuk. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket di tempat ini sangat murah meriah. Cukup sekali bayar wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekaligus belajar sejarah.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000

Baca: KETEP PASS Magelang Tiket & Pesona

Jam  Buka Gunung Tidar

Untuk berkunjung ke obyek wisata Gunung Tidar wisatawan bisa datang kapan saja. Karena tempat ini selalu buka selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap hari 24 Jam

Pernah Dijuluki Sebagai Gunung Kematian

Suasana hutan yang begitu asri dan rindang
Pesona asri masih sangat terasa di tempat ini dengan pepohonan yang rindang. Foto: Gmaps/Trunan Tidar Magelang Channel

Gunung ini pada zaman dahulu mendapat anggapan memiliki kekuatan mistis yang besar. Bernama Gunung Tidar karena di masa lalu gunung ini konon angker. Menurut kepercayaan orang yang masuk ke gunung ini tidak akan bisa keluar lagi. Tidar sendiri adalah penggabungan antara dua kata yaitu mati dan modar. Namun di masa saat ini tempat ini justru menjelma menjadi wisata unggulan yang ada di Magelang.

Selama berada di sini wisatawan bisa berwisata alam sekaligus edukasi. Gunung Tidar kini sudah mengalami pemugaran menjadi sebuah kebun raya dengan koleksi ratusan jenis tumbuhan dan pepohonan. Wisatawan pun bisa melihat aneka satwa asli dari tempat ini. Kemudian ada pula beberapa makam yang dianggap keramat dan sering didatangi wisatawan untuk berziarah. Selain itu masih ada banyak lagi aktivitas menarik yang tersedia.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Indahnya Kebun Raya Gunung Tidar

Salah satu zona favorit di sini yaitu area kebun raya. Di Kebun Raya Gunung Tidar wisatawan bisa menikmati indahnya alam dengan berbagai spesies tanaman. Beberapa tanaman yang ada di antaranya seperti Enau, Asem Jawa, Asem Londo, Bambu Cendani, Bringin, Benying dan masih banyak lagi. Berada di ketinggian 503 Mdpl, udara di tempat ini cukup sejuk dan pastinya bebas dari polusi.

Wisatawan juga bisa melihat monyet-monyet yang bergelantungan di pohon ataupun aneka burung warna-warni. Sedikit tips berkunjung ke sini, Jika membawa makanan simpan ke dalam tas. Karena biasanya monyet-monyet sangat jail dan tiba-tiba suka mengambil makanan dari wisatawan.

Baca: TAMAN KYAI LANGGENG Magelang Tiket & Wahana

Mencapai Puncak Gunung Tidar

Akses naik turun gunung Tidar
Di tempat ini sudah disediakan tangga untuk akses naik ke puncak. Foto: Gmaps/Arya The Sneakerhead Pirates

Wisatawan juga bisa mencapai puncak Gunung Tidar. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai puncak karena gunung ini tingginya tidak lebih dari 1000 Mdpl. Selain itu tersedia juga akses menuju ke puncak berupa anak tangga dengan pegangan di kanan kirinya.

Di sepanjang perjalanan suguhan pemandangan hutan hijau yang menyegarkan siap menemani.  Meski tidak terlalu tinggi tapi tetap untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum memutuskan naik ke puncaknya.

Baca: SVARGABUMI BOROBUDUR Tiket & Spot Cantik

3 Makam Keramat

Makam keramat di Gunung Tidar
Dari tiga makam yang ada salah satunya adalah makam Kyai semar yang ditembok melingkar. Foto: Gmaps/Andrey Sevotyasnov

Selain menikmati keindahan alam pegunungan, tujuan lain wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk berziarah. Di Gunung Tidar ada tiga bangunan makam keramat. Tiga makam tersebut yaitu milik Syekh Subakhir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Siekh Subakhir adalah seorang tokoh Islam yang menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa khususnya Magelang.

Kemudian Kyai Sepanjang adalah sebuah jelmaan tombak yang digunakan oleh Syekh Subakhir untuk mengalahkan jin Gunung Tidar. Kemudian yang terakhir adalah Kyai Semar merupakan jin sakti yang menjadi penguasa Gunung Tidar di masa lalu. Biasanya masyarakat yang percaya akan menggelar ritual di area makam pada malam-malam tertentu.

Baca: HUTAN PINUS KRAGILAN Tiket & Spot Selfie

Bangunan Tugu dan Monumen

Gunung dengan bangunan monumen di dalamnya
Di area wisata ini ada sebuah bangunan tugu dan monumen yang memiliki arti tersendiri. Foto: Gmaps/Sun Chaser Magelang

Hal yang unik lain di tempat wisata ini yaitu adanya dua buah bangunan tugu dan monumen. Pertama adalah Tugu “Sa” yang merupakan simbol dari Gunung Tidar yang konon sebagai pakunya tanah Jawa. Sa sendiri artinya adalah Sapa, Salah dan Seleh.

Kemudian ada Monumen Tanah Air Satu Bangsa. Bangunan tersebut berdiri sebagai simbol persatuan olahraga di Indonesia. Adanya monumen tersebut karena kawasan gunung ini juga kerap digunakan masyarakat sekitar untuk kegiatan olahraga.

Baca: SILANCUR HIGHLAND Magelang Tiket & Ragam Aktivitas

Acara Adat Ruwat Bumi

Pada setiap tahunnya juga akan berlangsung acara Ruwat Bumi. Acara ini terlaksana setiap Hari Raya Maulid Nabi. Merupakan wujud syukur dari masyarakat setempat atas keberkahan untuk kehidupan. Selama kegiatan akan menampilkan berbagai rangkaian acara. Mulai dari  resik-resik (bersih-bersih) Gunung Tidar, wayangan semalam suntuk, parade tari hingga kirab budaya yang berlangsung pada hari terakhir.

Fasilitas di Gunung Tidar

Obyek wisata alam sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Di sini tersedia area parkir, toilet, mushola, bangku taman, gazebo hingga warung makan.

Alamat Gunung Tidar

Gunung Tidar secara administratif beralamat di Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis karena hanya berjarak 2,4 Km dari pusat kota yang memakan waktu 10 menit perjalanan saja.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 18

Berikan Rating