Beranda Tiket Wisata

SOKO LANGIT Tiket & Pesona Kolam Berlatar Gunung Januari 2022

Soko LangitHarga Tiket: Rp8.000 - Rp10.000Jam Buka: 07.00 - 17.30No Telp: -Alamat: Dusun Nglarangan, Conto, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57697

Soko Langit merupakan lokasi yang menawarkan wisata berenang dengan pemandangan Gunung Lawu. Konsep kolam renang yang ada di sini seperti infinity pool di Bali. Terdapat 2 jenis kolam renang yaitu kolam untuk anak-anak dan dewasa.

Kolam renang ini terletak di atas bukit dengan ketinggian 900-1000 mdpl. Di area ini juga terdapat taman buah yang cocok bagi yang ingin jalan-jalan sembari mencari udara segar. Selain kolam renang dan kebun buah, di sini juga terdapat wahana flying fox dan menara pandang.

Harga Tiket Masuk Soko Langit

Harga tiket masuk Soko Langit tergolong murah. Jika ingin menikmati kolam renang dan flying fox maka harus membayar tiket tambahan. Selain itu terdapat biaya lain untuk parkir dan menara pandang.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk per orangRp10.000
Kolam renangRp8.000
Flying foxRp10.000
Area fotoRp2.000
Parkir motor / mobilRp3.000 / Rp5.000

Baca: Bukit Cumbri Wonogiri Puncak Diatas Awan

Jam Buka Soko Langit

Soko langit dibuka untuk umum setiap hari. Jam buka area wisata yaitu mulai dari pukul 07.00 hingga 17.30. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini yaitu saat cuaca cerah. Selain itu datanglah pada pagi hari karena terkadang siang hari ada kabut yang akan menghalangi pemandangan gunung. Pilihlah hari biasa jika ingin berenang dengan leluasa.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-17.30

Berenang Sambil Memandangi Gunung

Pemandangan gunung dari kolam renang Soko Langit
Wisatawan bisa berenang sambil menikmati keindahan hamparan perbukitan hijau dan Gunung Lawu. Foto: Google Maps/Mahfud Rispanto

Soko Langit memiliki kolam renang dengan konsep inifinity pool seperti yang banyak di Ubud, Bali. Menariknya, kolam ini berada di tepi bukit sehingga pemandangan alam bisa terlihat dengan jelas. Terdapat Gunung Lawu dan hamparan pepohonan hijau yang menampilkan panorama memukau. Terdapat 2 jenis kolam renang di sini, yaitu kolam dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 m dan kolam anak-anak kurang dari itu.

Untuk berenang di sini, pengunjung harus membawa baju renang sendiri karena di sini tidak tersedia tempat untuk menyewakannya. Tepian kolam renang ini sangat cocok menjadi tempat berfoto dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Baca: Watu Cenik Tiket & Pesona

Menikmati Wahana di Soko Langit

Buah naga di kebun buah Soko Langit
Salah satu wahana di Soko Langit yaitu kebun buah dan tanaman hias dengan wisata petik buah yang mengikuti masa panen dari masing-masing tanaman. Foto: Google Map/Ichwan Amirul

Terdapat beberapa wahana yang ada di sini selain kolam renang. Wahana tersebut yaitu flying fox, kebun buah, dan menara pandang. Flying fox khusus bagi anak-anak. Meskipun tidak terlalu panjang, trek yang dibangun akan melintasi kebun buah di bawahnya. Untuk naik flying fox harus memakai peralatan pengaman yang tersedia seperti helm outbound dan harness.

Wahana berikutnya yaitu gardu pandang dan kebun buah. Dari gardu pandang ini seluruh pemandangan area wisata bisa terlihat seperti gunung, hutan, dan area lainnya.

Selain itu di sini juga tersedia kebun buah dengan jalan setapak yang nyaman. Pengunjung bisa melihat pohon jeruk, jambu, dan buah naga. Wisata memetik buah di sini menyesuaikan dengan masa panen masing-masing jenis buah. Meskipun disebut kebun buah, tersedia juga aneka tanaman hias yang ditata dengan beragam bentuk. Ada yang berbentuk hati dan ada juga yang disusun dengan menyesuaikan warnanya. Di sekitar taman tersedia juga gazebo untuk bersantai sambil menikmati kudapan seperti gethuk jahe, mendoan, atau minuman hangat.

Baca: WADUK GAJAH MUNGKUR Tiket & Aktivitas Wisata

Area Foto Estetik

Pengunjung berfoto di menara pandang Soko Langit
Soko Langit memiliki beberapa area foto estetik seperti menara pandang dengan pemandangan gunung dan seluruh area wisata. Foto: Google Map/Mahfud Rispanto

Dengan pemandangan gunung dan hutan tak heran jika di Soko Langit bisa menjadi tempat berfoto yang estetik. Salah satu tempatnya yaitu di tepi kolam renang. Lokasi ini langsung menghadap ke arah pemandangan Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Ditambah dengan konsep kolam renang infinity pool maka akan menghasilkan foto yang menakjubkan. Tempat selanjutnya yaitu gardu pandang. Dari ketinggian bisa terlihat pemandangan seluruh area Soko Langit.

Selanjutnya terdapat bangku dengan bingkai hati yang berada di atas kolam renang. Di sekitar bingkai penuh hiasan bunga rambat artifisial yang berwarna-warni.

Area foto berikutnya yaitu replika bagian depan rumah hobbit yang terletak dekat dengan flying fox. Selain itu, kebun buah juga bisa menjadi tempat berfoto yang menawan. Hal itu karena tidak hanya pohon buah, di sini juga ada taman tanaman hias yang cantik. Pengunjung bisa berfoto di jalan setapaknya atau di antara tanaman yang ada.

Tips Memakai Google Map Menuju ke Soko Langit

Banyak pengunjung yang mengeluhkan rute menuju ke Soko Langit. Terlebih bagi yang menggunakan Google Map, khususnya pengguna mobil, sebagai penunjuk jalan. Disarankan untuk mulai memakai Google Map mulai dari SPBU Slogohimo. Atau bisa juga menggunakan patokan BRI Unit Bulukerto. Hal itu dilakukan agar rute yang tertera di peta akan melalui jalan yang lebih nyaman khususnya bagi mobil.

Saran tersebut bagi yang berangkat dari Surakarta atau Wonogiri. Apabila langsung mengaktifkannya dari awal berangkat, maka kemungkinan besar akan diarahkan ke rute yang kurang nyaman. Meski begitu, rute ini merupakan rute terdekat.

Fasilitas

Soko langit memiliki beberapa fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi bilas, musola, dan tempat parkir. Untuk tempat parkir mobil berada agak di bawah dari lokasi wisata. Selain itu di sini juga tersedia gazebo, pendopo, serta café dan beberapa tempat membeli makanan. Tersedia kolam renang, area berfoto, gardu pandang, wahana flying fox dan kebun buah yang di bagian bawahnya.

Lokasi Soko Langit

Soko Langit berada di Dusun Ngalarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jaraknya dari Wonogiri yaitu sekitar 46 km dan memakan waktu perjalanan selama 1,5 jam. Dari Wonogiri, arahkan kendaraan ke jalan menuju Ponorogo. Sampai di SPBU di Kecamatan Slogohimo, belok kiri menuju ke Kecamatan Bulukerto. Kemudian, gunakan Google Map sebagai penunjuk jalan untuk sampai ke sini.

Atau bisa juga dari lokasi keberangkatan gunakan Google Map dan arahkan ke BRI Unit Bulukerto. Setelah tiba di lokasi BRI baru arahkan google map ke Soko Langit.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 16

Berikan Rating