Watu Cenik Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 04.00 - 16.00 No. Telepon: 02733202108 Alamat: Desa Sendang,Wonogiri,Wonogiri,Jawa Tengah,Indonesia,57615.

Watu Cenik adalah salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan panorama perbukitan seribu. Di tempat ini keindahan Waduk Gajah Mungkur dapat dinikmati dari ketinggian 320 mdpl. Lokasi Wisata ini berada di area landasan Gantole 1 Desa Sendang, Wonogiri.

Nama tempat wisata ini berasal dari kata ‘watu’ (berarti batu) dan cenik (berarti nampak kecil). Batu pada kawasan wisata ini memiliki ukuran diameter satu meter dan tinggi 1,5 meter. Secara resmi tempat ini dikelola sejak 2017 oleh BUM-Desa Sendang.

Harga Tiket Masuk Watu Cenik Wonogiri

Menikmati keindahan alam di objek wisata ini tidak perlu membayar mahal. Pengunjung cukup membayar beberapa ribu untuk biaya tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Watu Cenik Wonogiri
Senin – MingguRp5.000

Baca: THE HERITAGE PALACE Solo Tiket & Atraksi

Jam Buka Watu Cenik Wonogiri

Objek wisata ini sudah buka dari subuh hingga malam hari. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang datang ingin menikmati sunset atau sunrise dari tempat wisata ini.

Jam Buka
Senin – Minggu04.00 – 19.00

Keindahan Wisata Watu Cenik

Puncak batu wisata Watu Cenik Wonogiri Jawa Tengah
Puncak batu wisata Watu Cenik Wonogiri. Foto : Instagram/dinisaogawa

Watu Cenik Wonogiri menawarkan beberapa spot untuk mendapatkan view waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Selain itu, tempat ini juga menjadi bagian dari lanskap bukit gantole. Pemandangan hijaunya perbukitan berdampingan dengan birunya air waduk memberikan sajian lukisan alam.

Karena begitu luasnya, waduk ini bahkan terlihat bagai tepi lautan. Perahu dan keramba nelayan di Waduk Gajah Mungkur pun tampak begitu kecil dari tempat ini. Untuk mencapai bukit  pengunjung tidak hanya bisa melewati jalur barat. Namun juga bisa dari timur dengan akses jalan setapak dilengkap dua ribu anak tangga.

Berbagai spot foto telah disediakan pihak pengelola tempat wisata. Pengunjung bisa berfoto dengan bebas di ornamen-ornamen yang tersedia secara gratis. Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah pagi atau sore hari ketika cuaca cerah.

Baca: CANDI PRAMBANAN Tiket & 8 Aktivitas Top

1. Ikon Tulisan Wisata ‘Watu Cenik’

Akses tangga menuju ikon Watu Cenik Wonogiri Jawa Tengah
Akses tangga menuju ikon Watu Cenik Wonogiri. Foto : Instagram/bioudablyuou

Jika berjalan ke arah timur menuruni anak tangga, nantinya terdapat tulisan nama destinasi tempat wisata ini. Ikon tulisan “Watu Cenik” memiliki latar belakang kota Wonogiri dan Waduk Gajah Mungkur. Bagi pengunjung yang ingin berfoto di tulisan ini perlu menaiki beberapa anak tangga. Anak tangga tersebut dibangun bersamaan dengan tulisannya.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang tulisan dan ditambah bentang alam Wonogiri dari waduk hingga pergunungan di belakangnya. Pengelola pun sudah menata kawasan wisata ini dengan baik. Jalan setapak sudah sangat nyaman dilalui dan tak licin. Telah disediakan pula ornamen-ornamen untuk berfoto berbentuk hati hingga balon udara berlatar belakang panorama yang indah.

Sebelum tulisan “Watu Cenik” dibuat, tempat tersebut digunakan untuk penerbangan gantole. Keindahan pemandangan di sini tidak hanya terbatas di siang atau sore hari. Wisatawan juga dapat mengunjunginya di pagi hari untuk melihat matahari terbit dari sini.

Baca: Candi Borobudur Magelang Tiket & 4 Aktivitas

2. Balon Udara

Bagi wisatawan yang gemar berburu foto, lokasi ini merupakan tempat yang sangat rekomended. Banyak sudut yang layak untuk di explore. Salah satunya spot foto paling instagramable di tempat ini iyalah spot balon udaranya.

3. Pathwalk

Pathwalk kayu berlatar waduk gajah mungkur
Pathwalk kayu di wisata berlatar waduk Gajah Mungkur.
Foto : Instagram/soraya_beautric

Di area wisata ini terdapat jalan setapak dengan alas kayu. Keindahan matahari terbit bisa disaksikan di sini karena pemandangan ke ufuk timur bergitu terbuka. Sementara itu saat sore hari yang cerah, suasananya begitu menentramkan hati di sini.

Wisatawan dapat duduk pada pathwalk untuk menikmati keindahan panorama sembari bermandikan cahaya matahari sore. Ditemani semilir angin perbukitan yang berhembus tentu akan membuat wisatawan enggan tergesa-gesa beranjak. Ketika berfoto, hendaknya wisatawan tetap berhati-hati karena lokasi ini berada di ketinggian.

Matahari akan nampak tenggelam di balik pegunungan yang berbaris memanjang di sisi barat Watu Cenik. Meski tidak terbenam pada garis cakrawala, namun hal itu tidaklah mengurangi pesona sunset. Barisan pegunungan yang menyambut matahari pulang ke peraduannya memberi semburat cahaya yang indah.

Baca: Hutan Pinus MANGUNAN Tiket & 4 Aktivitas Top

4. Pemandan dari Gazebo

Bersantai dan menikmati pemandangan dari Gazebo
Menikmati pemandangan perbukitan Spot Gazebo di wisata. Foto : Instagram/bachrulpratama

Begitu tiba di Watu Cenik, panorama yang luar biasa akan langsung tersaji di depan mata. Akan lebih menyenangkan lagi jika wisatawan menikmatinya sambil duduk tempat yang tersedia. Di area wisata ini telah tersedia gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati pesona alam sekitar.

Semilir sejuknya angin pegunungan juga akan menambah betah wisatawan yang berkunjung. Hamparan luas Kabupaten Wonogiri tampak begitu memesona dari sini. Terutama jajaran pegunungan  dan luasnya waduk Gajah Mungkur yang dibangun pada tahun 1976.

Baca: Puncak Songgo Langit Bantul Tiket & 6 Aktivitas Menarik

Fasilitas Watu Cenik Wonogiri

Wisatawan yang ingin bersantap dapat menikmati sajian dari warung yang menjajakan berbagai menu kuliner. Kebutuhan fasilitas umum wisatawan pun tersedia cukup memadai di sini. Seperti toilet, area parkir hingga fasilitas tempat ibadah telah siap menyambut wisatawan.

Lokasi Wisata Watu Cenik

Objek wisata ini berada di desa Sendang, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57615. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. 02733202108.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here