Beranda Tiket Wisata

Pantai Nampu Wonogiri Tiket & Pesona Perbukitan Eksotis - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Nampu : Rp5.000Jam Buka: 07.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Gunturharjo,, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah , Indonesia, 57678

Pantai Nampu adalah wisata pantai yang terletak di pesisir selatan Wonogiri. Letaknya berada di ujung paling timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan. Hamparan pasir putih dengan ombak besar pantai selatan menjadi pemandangan khas di tempat ini. Garis pantainya tidak terlalu besar, karena letaknya yang terapit perbukitan. Namun hal itu justru membuat area pantai terlihat alami dan memiliki kesan seperti “Private Beach”.

Banyak yang sering salah mengira jika Pantai Nampu berada di Gunung Kidul. Itu karena di Gunung Kidul juga ada Pantai bernama Nampu yang sudah terkenal terlebih dahulu. Sedangkan pantai ini berada di Wonogiri serta punya karakteristik dan ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah barisan pohon pandan yang banyak tumbuh di tepi pantai.

Tiket masuk Pantai Nampu Wonogiri

Untuk masuk ke Pantai Nampu Wonogiri, wisatawan akan ditarik biaya masuk yang sangat murah. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan. Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu mengeluarkan biaya lain jika menyewa tikar dan payung.

Harga Tiket Masuk
Harga tiketRp5.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir mobilRp5.000
Biaya lain-lain
Sewa tikar+payungRp20.000

 Baca: WADUK GAJAH MUNGKUR Wonogiri Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Jam buka Pantai

Tidak perlu bingung memilih waktu untuk berkunjung ke kawasan pantai ini. Hal itu karena pantai ini selalu buka setiap harinya.

Jam buka Pantai Nampu
Setiap hari07.00 WIB  – 18.00 WIB

Pantai Indah yang Masih Sangat Alami

Pantai yang masih alami
Penampakan pesona kawasan sekitar pantai yang terlihat masih alami dan sangat asri. Foto: Gmaps/Dita

Jika mencari wisata pantai yang masih alami dan tidak banyak tersentuh pembangunan maka Pantai Nampu Wonogiri adalah pilihan yang tepat. Pasir putih yang lembut dengan ombak birunya akan menyihir siapa saja yang melihatnya. Selain itu barisan perbukitan yang mengelilingi pantai menambah keeksotisan kawasannya. Bermain air adalah kegiatan favorit di pantai ini. Ombak yang besar dengan airnya yang bersih seakan menggoda untuk segera menceburkan diri.

Bisa dibilang letak Pantai Nampu ini cukup terpencil. Untuk bisa mencapainya harus melewati jalanan naik turun dan berkelok khas perbukitan. Selain itu jalannya pun cukup sempit. Sehingga jika ke Pantai Nampu Wonogiri hanya bisa diakses menggunakan motor atau mobil ukuran kecil.

Baca: Bukit Cumbri Wonogiri Puncak Diatas Awan

Bermain Air di Pantai Nampu Wonogiri

Pantai dengan air yang bersih dan pasir lembut
Bermain air menjadi kegiatan favorit wisatawan. Ombak khas Pantai Selatan dengan airnya yang bersih menjadi daya tarik. Foto: gmaps/Be_modified Channel

Wisata pantai selatan selalu cocok sebagai area bermain air, begitu juga di pantai ini. Apalagi area pantai ini memiliki kontur tanah yang landai, sehingga sangat nyaman ketika bermain air. Selain itu airnya yang bersih membuat wisatawan bisa semakin betah. Namun jangan terlalu ke tengah dan tetap patuhi batas rambu aman.

Waktu favorit untuk bermain air yaitu ketika air pasang. Sebab pada saat air surut, aktivitas bermain air sulit untuk dilakukan karena banyaknya batu karang.

Baca: Watu Cenik Wonogiri Tiket & Pesona

Mencari Ikan-ikan Kecil

Batuan karang di Pantai Nampu
Ketika air sedang surut, wisatawan bisa menjelajahi area batu karang Pantai Nampu untuk mencari ikan-ikan kecil. Foto: Gmaps/Catur Setyo Nugroho

Ketika air surut, wisatawan bisa mencapai area batu-batu karang untuk mencari ikan. Biasanya di sekitar batu karang terdapat ikan-ikan kecil berbagai warna. Ikan-ikan ini berenang di sela-sela batu karang. Namun harus tetap berhati-hati karena cukup banyak bulu babi di area batu karang tersebut.

Untuk dapat menangkap ikan, wisatawan bisa membeli jaring kecil yang banyak dijual di area pinggir pantai. Harganya pun sangat terjangkau. Anak-anak akan sangat senang dengan aktivitas mencari ikan di Pantai.

Bersantai Menikmati Jajanan Khas

Wisatawan bisa bersantai di tikar yang banyak disewakan di pinggir pantai. Di sini wisatawan dapat menikmati pemandangan laut lepas sembari mencicipi berbagai sajian kuliner yang dijual di warung-warung. Yang menjadi favorit adalah es kelapa muda.

Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit

Panorama Pantai dari atas bukit
Wisatawan bisa naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan keseluruhan bentang alam sekitar pantai. Foto: Gmaps/Jaka Haryanta

Untuk bisa menyaksikan pemandangan yang berbeda, wisatawan bisa menaiki bukit yang ada di sekitar Pantai Nampu Wonogiri. Akses ke atas bukit pun cukup mudah karena sudah ada jalan semacam anak tangga.  Anak tangga ini biasa juga bermanfaat untuk warga setempat ketika pergi ke kebun yang berada di atas bukit.

Suguhan pemandangan hamparan perkebunan singkong akan menghiasi perjalanan menuju puncak bukit. Untuk mencapai puncak bukit tidak diperlukan waktu lama, sekitar 15 menit saja. Ketika sudah sampai puncak, pemandangan lanskap kawasan pantai akan terlihat sangat luar biasa. Selain itu hembusan anginnya juga membuat wisatawan betah berlama-lama berada di atas.

Hal menarik lainnya dari puncak bukit wisatawan dapat melihat dengan jelas pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan yang berada di Pacitan. 

Berkemah di Tepi Pantai

Area sekitar pantai juga sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Kawasan pantai yang masih sangat alami akan memberikan sensasi menyatu dengan alam. Ada dua pilihan untuk mendirikan tenda, bisa di area pantai atau juga di atas bukit.

Ketika malam tiba, membuat api unggun bisa menjadi pilihan. Bercengkerama dengan kawan berteman kehangatan api unggun akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu dengan berkemah wisatawan juga bisa mendapat kesempatan melihat momen matahari terbit yang indah.

Fasilitas di Pantai Nampu

Di kawasan wisata ini sudah memiliki prasarana yang cukup lengkap. Fasilitas seperti parkiran, toilet dan kamar mandi, mushola, serta deretan warung sangat mudah ditemui.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Nampu

Pantai Nampu berlokasi di Desa Gunturharjo, Paranggupito Wonogiri. Jaraknya cukup jauh dari Pusat Kota Wonogiri yaitu sekitar 1,5 jam. Untuk rutenya, dari pusat kota Wonogiri langsung menuju selatan ke arah Baturetno. Setelah itu secara singkat berturut-turut melewati beberapa kecamatan yaitu Giriwoyo-Giritontro-Giribelah-Paranggupito. Setelah sampai di Paranggupito sudah akan ada petunjuk arah menuju ke Pantai Nampu.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 19

Berikan Rating