Beranda Tiket Wisata

GUNUNG PUTRI Garut Tiket & Daya Tarik Oktober 2021

Gunung Putri GarutHarga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Rancabango, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Putri adalah salah satu gunung di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang memiliki ketinggian setidaknya 1.400 mdpl. Baru-baru ini diresmikan sebagai objek wisata. Di kawasannya, terdapat dua destinasi wisata yang menarik baik untuk selfie maupun hiking. Jalurnya cukup ramah bahkan untuk pendaki pemula sekalipun.

Harga Tiket Masuk Gunung Putri

Terdapat 2 jenis tiket yang berlaku di kawasan Gunung Putri. Tiket pertama yaitu tiket masuk ke objek wisata Bukit Puteri Intan Dewata. Sementara tiket lainnya untuk masuk ke area puncak yaitu Bukit Parama Satwika. Sedangkan untuk tarif tiket yang berlaku belum termasuk biaya ojek dan aktivitas rekreasi di dalamnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Bukit Puteri Intan Dewata Rp5.000/orang
Tiket Masuk Bukit Parama Satwika Rp10.000/orang
Parkir Rp2.000 – Rp5.000
Camping Rp20.000
Ojek mobil bak Rp10.000/orang
Ojek motor Rp10.000/orang
Sewa mobil bak Rp50.000/mobil
Paralayang Rp500.000/orang

Baca Juga: 18 Destinasi Wisata Pegunungan Di Jawa Barat

Jam Buka

Kawasan wisata Gunung Putri buka setiap hari. Sebagai salah satu area berkemah, tempat ini memiliki jam operasional selama 24 jam. Biasanya kawasan ini ramai pada akhir pekan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Gunung Putri Garut

Bukit Parama Satwika
Puncak Gunung Putri – Foto: Gmap/Yogas Septina

Bicara tentang gunung di daerah Garut, nama yang sudah familiar di telinga pendaki adalah Gunung Guntur. Sementara ‘tetangga’-nya yaitu Gunung Putri selama ini memang belum terlalu populer. Baru setahun terakhir namanya mencuat berkat para pelancong kalangan remaja. Foto-foto pemandangan di gunung ini di media sosial sukses menarik perhatian para pemburu wisata.

Sebagai objek wisata, Gunung Putri memang baru benar-benar resmi terbuka untuk umum pada tahun 2021. Sejauh ini kawasan wisata ini hadir dengan spot-spot rekreasi yang lebih menarik dari sebelumnya. Pertama, terdapat Bukit Putri Intan Dewata yang populer sebagai spot wisata selfie. Kedua, area puncak yang bernama Bukit Parama Satwika.

Objek wisata ini memang menarik untuk dijajal tidak hanya oleh pendaki. Wisatawan umum pun bisa menikmati kegiatan hiking di sini. Jalurnya tergolong pendek dan minim rintangan. Selain itu, gunung ini juga menawarkan sajian city-light Garut yang mempesona dari puncaknya.

Hiking Ringan

Jalur hiking landai
Jalur pendakian yang nyaman dan ringan untuk pemula sekalipun – Foto: Gmap/kang Dudi

Gunung Putri juga terkenal dengan nama Bukit Copong oleh warga sekitar. Lokasinya berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Letaknya cukup strategis karena tidak jauh dari jalan raya.

Untuk kegiatan pendakian, pengunjung yang membawa kendaraan terlebih dahulu harus parkir di area yang suda tersedia. Dari sini, perjalanan berlanjut menggunakan ojek. Pengunjung bisa memilih ojek motor atau menaiki mobil bak terbuka. Untuk pengalaman yang lebih seru, disarankan mencoba pengalaman menaiki mobil pick-up. Wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar di sepanjang jalan.

Bentang alam di Gunung Putri didominasi tanah lapang yang berisi perkebunan. Kalaupun ada hutan, vegetasinya tidak terlalu beragam ataupun rapat. Wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Garut dan perbukitan sekitarnya selama berjalan.

Total waktu pendakian hingga puncak kurang-lebih 40 menit. Jalur hiking-nya sangat landai sehingga tidak terlalu menguras tenaga. Sekitar 15-20 menit berjalan, pendaki sudah tiba di objek wisata Bukit Putri Intan Dewata.

Wisata Selfie

Tugu intan di Bukit Puteri Intan Dewata
Bukit Putri Intan Dewata yang penuh dengan spot instagrammable – Foto: Gmap/Muhammad Rafi Abdusyukur

Rute hingga ke Bukit Putri Intan Dewata terbilang sangat mudah. Setelah melewati kawasan perkebunan, pendaki akan memasuki jalan hutan yang lebar. Sepanjang jalan terdapat warung untuk beristirahat. Pendaki bisa mampir di Bukit Putri Intan atau langsung lanjut ke puncak.

Spot wisata ini ditandai sebuah tugu berbentuk intan dari rangka besi. Di kaki tugu, tertulis Kerajaan Timbanganten yang pernah berjaya di tanah Sunda. Konon salah satu putri kerajaan ini dimakamkan di sini.

Spot ini berdesain sebagai tempat rekreasi yang nyaman. Ada gazebo, kios-kios makanan, serta area berkemah. Ada juga gardu pandang yang berhiaskan ornamen khas area piknik. Pengunjung bisa berfoto dengan jasa fotografer profesional dengan kisaran harga 10 ribu rupiah.

Bukit Parama Satwika

Pemandangan dari puncak ciparay dari Gunung Putri Garut
Panorama Kota Garut dari puncak Gunung Putri – Foto: Gmap/Muhammad Rafi Abdusyukur

Pendakian berlanjut dengan medan yang masih landai. Wisatawan akan melewati beberapa warung makan yang juga memiliki spot foto. Pemandangan yang bisa dinikmati di sepanjang jalan memang memukau. Tidak heran jika banyak terdapat instalasi spot foto di sini.

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak, yaitu Bukit Parama Satwika. Setelah melewati loket, pengunjung akan melewati jalan hutan. Vegetasinya membentuk terowongan hidup di beberapa titik.

Puncak Gunung Putri ini berada di ketinggian sekitar 1.434 mdpl. Ada banyak fasilitas warung dan gazebo sebelum mencapai titik tertingginya. Areanya berupa tanah lapang yang luas dan ditumbuhi semak-semak.

Berkemah di Gunung Putri Garut

Berkemah di Gunung putri
Lokasi yang seru untuk berkemah – FOto: Gmap/E S R

Dari puncak, pemandangan Kota Garut membentang luas di depan mata. Termasuk lanskap gagah Gunung Cikuray di kejauhan. Banyak juga yang menyebutkan lereng gunung ini memiliki panorama yang mirip Gunung Bromo. Lerengnya minim vegetasi dan didominasi tanah lapang.

Malam hari adalah waktu terbaik lainnya untuk menikmati pemandangan dari puncak. Lautan lampu kota tampak menghiasi kaki gunung. Karenanya, banyak juga yang mengadakan kegiatan berkemah di sini.

Tersedia area berkemah yang luas di Bukit Parama Satwika. Akhir pekan jadi waktu paling ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkemah. Area tanah yang landai serta adanya warung-warung membuat kegiatan berkemah di sini lebih nyaman. Hanya saja tidak ada sarana toilet di kawasan ini.

Paralayang & Gantole

Atlet paralayang siap meluncur di kawasan gunung putri garut
Puncak Gunung Putri jadi arena luncur paralayang dan gantole – Foto: Gmap/Brodink M sidik

Belum banyak yang tahu kalau Gunung Putri adalah salah satu lokasi kegiatan olahraga paralayang dan gantole. Bukit Parama Satwika terbuka sebagai arena terbang kedua olahraga ini. Tidak hanya untuk atlet, tetapi juga bagi publik yang ingin menguji adrenalin.

Bukit ini merupakan salah satu titik tertinggi arena paralayang dan gantole. Wisatawan akan ditemani penerbang tandem selama mengangkasa. Selama beberapa menit, wisatawan dapat merasakan melayang di sekitar Gunung Putri.

Fasilitas Gunung Putri Garut

Fasilitas pendukung yang tersedia di Gunung Putri yaitu tempat parkir dan toilet yang hanya bisa dijumpai di area pintu masuk. Sementara warung terdapat di pintu masuk, Bukit Puteri Intan, dan Bukit Parama Satwika. Sarana rekreasi yang ada yaitu spot selfie, gazebo, serta wahana paralayang dan gantole.

Lokasi Gunung Putri Garut

Gunung Putri berada di kawasan Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Dari Garut Kota, arahkan kendaraan menyusuri Jalan Cimanuk menuju Jalan Rancabango. Ikuti jalan ini hingga melewati Kantor Desa Mekarjaya dan TK Mekarjaya. Wisatawan bisa bertanya pada warga sekitar untuk petunjuk arah ke lokasi yang lebih detail. Info lebih lanjut kunjungi akun Instagram @gunungputri atau @bukitparamasatwika.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 7

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini