Beranda Tiket Wisata

LAUTAN PASIR BROMO Tiket & Ragam Aktivitas - November 2020

Lautan Pasir Bromo
Harga Tiket: Rp29.000 - Rp500.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Cemorolawang, Ngadisari,Sukapura,Probolinggo,Jawa Timur,Indonesia,67254.

Lautan Pasir Bromo merupakan salah satu destinasi wisata populer di Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya berada di sekitar kaldera tepat pada bagian timur kawasan wisata Gunung Bromo.

Padang pasir ini memiliki luas sekitar 5.300 hektar, dikelilingi lembah dan ngarai. Kawasan ini adalah hamparan lautan padang pasir hitam yang luas dan indah.

Harga Tiket Masuk Lautan Pasir Bromo

Wisatawan yang berkunjung ke lautan pasir ini akan dikenakan tiket masuk. Biaya yang harus dikeluarkan sebenarnya tidak terlalu mahal dan masih pas di kantong.

Harga Tiket Masuk Lautan Pasir Bromo
Wisatawan Lokal
Senin – JumatRp29.000
Sabtu Minggu, Hari LiburRp34.000
Foreign Tourist
WeekdayRp220.000
Weekend & Holyday SeasonRp320.000
Aktivitas
Naik KudaRp150.000
JeepRp500.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Probolinggo

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
 Setiap hari24 jam

Berbagai Aktivitas Wisata di Lautan Pasir Bromo

pengunjung sedang menunggang kuda di area lautan pasir boromo
Menunggang kuda salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan kawasan wisata padang pasir kaki gunung Bromo ini. Foto: Google Maps/ Lathifiyah Khoirotul

Butuh waktu seharian untuk berkeliling menjelajahi area wisata Lautan Pasir. Hal tersebut karena luasnya destinasi populer di kawasan Bromo ini sekitar 5.300 hektar.

Berbagai aktivitas seru pengisi liburan pun dapat dilakukan di sini. Destinasi wisata ini pun tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan pada setiap harinya.

Baca: BeeJay Bakau Resort Probolinggo Tiket & 4 Wahana Top

Menikmati Lebih Dekat Pesona Gunung Bromo

pemandangan gunung bromo
Pemandangan gunung Bromo bisa terlihat jelas dari padang pasir ini. Foto: Google Maps/Florian Seret

Kaldera Lautan Pasir termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ribuan hektar hamparan pasir ini mengelilingi Gunung Bromo dengan lembah dan ngarai yang bertautan.

Lautan Pasir yang gersang merupakan salah satu jalur utama untuk menuju puncak Gunung Bromo. Dengan kontur landai dan dapat dilalui kendaraan bermotor, perjalanan menuju puncak sekitar tiga jam.

Gunung Bromo merupakan ikon wisata Probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi wisatawan. Pesona gunung berapi yang masih aktif ini dapat dilihat lebih dekat dari Lautan Pasirnya.

Baca: Air Terjun Madakaripura Probolinggo Tiket & Aktivitas

Menjelajah dengan Mobil Jeep

kendaraan jeep yang digunakan menjelajah padang pasir
Kendaraan Jeep cocok untuk menjelajahi Lautan Pasir dengan medan berpasir yang terkadang tidak rata – Foto : GoogleMaps/prasetyo kartiko

Keseruan petualangan langsung terasa hanya dengan melihat kendaraan untuk segala medan ini. Jeep yang memang didesain untuk kegiatan outdoor ekstrim ini banyak terlihat di kawasan Lautan Pasir Bromo.

Wisatawan dapat menyewa mobil Jeep untuk mengarungi medan alam berpasir yang terkadang tidak rata. Bersama rombongan sahabat maupun keluarga, menjelajahi kawasan Lautan Pasir menjadi keseruan tersendiri.

Memacu Motor Trail

wisatawan mengendarai motor trail di lautan pasir
Memacu motor trail mengarungi Lautan Pasir – Foto : Instagram/rezhapradhana

Medan berpasir kawasan Lautan Pasir Bromo tak bisa dilalui dengan kendaraan biasa. Salah satu jenis kendaraan yang dapat dikendarai di sini yaitu motor jenis trail.

Melaju berkendara motor trail, wisatawan menikmati dua sensasi sekaligus. Sensasi berpetualang dengan kecepatan pemacu adrenalin serta menikmati nuansa kawasan Lautan Pasir.

Berkuda di Lautan Pasir Bromo

wisatawan menunggang kuda sewaan
Bersantai menikmati suasana hamparan pasir dengan naik kuda di Lautan Pasir – Foto : GoogleMaps/Lathifiyah Khoirotul

Selain kendaraan bermotor, area wisata Lautan Pasir Bromo dapat dijelajahi dengan mengendarai kuda. Dengan dituntun oleh pemiliknya, wisatawan dapat duduk di atas pelana mengarungi hamparan pasir. Perjalanan santai ini membawa wisatawan untuk menikmati keindahan pesona kawasan wisata.

Mengejar Momen Sunrise di Lautan Pasir Bromo

menyaksikan matahari terbit salah satu aktivitas yang digemari wisatawan
Momen Sunrise menjadi waktu yang paling diburu wisatawan di kawasan Bromo – Foto : Instagram/coimstyle

Dari sekian banyak pesona kawasan wisata Bromo, momen matahari terbit menjadi saat yang diburu wisatawan. Rentang waktu ini menjadi saat paling populer untuk mengunjungi wisata Gunung Bromo.

Setiap sudut kawasan Lautan Pasir menjadi spot menarik untuk momen sunrise Bromo. Banyak wisatawan yang naik ke area kawah di pagi hari untuk mendapatkan view terbaik.

Langit Lautan Pasir yang kemerahan dengan latar lembah dan ngarainya terlihat spektakuler. Dengan gunung-gunung melatari pemandangan yang terlihat sangat ‘mahal’ ini, membuat wisatawan takjub.

Menikmati Udara Hamparan Pasir

Hamparan pasir yang sangat luas membuat kaldera Bromo terlihat seolah berhawa panas. Namun wisatawan justru akan menemukan kesejukan udara yang menyegarkan di kawasan Lautan Pasir Bromo. Bagi wisatawan dengan keluarga terutama anak-anak, disarankan untuk memakai pakaian hangat.

Fenomena Frozen Bromo

Di bulan-bulan tertentu, butiran pasir di Lautan Pasir Bromo menjelma menjadi butiran es. Kristal es dapat mencapai ketebalan 2-3 centimeter di Kaldera Bromo. Tanaman ilalang di sekitarnya berselimut salju tipis dengan suhu berkisar minus 5 derajat Celcius.

Fenomena Frozen Bromo ini biasanya berlangsung di bulan Juli-Agustus. Di antara kawasan wisata Bromo lainnya, Lautan Pasir memiliki suhu paling ekstrim saat fenomena ini terjadi.

Kondisi ini justru ini sangat menarik bagi wisatawan untuk dinikmati langsung. Hamparan Lautan Pasir yang dipenuhi serbuk putih ini membuat jumlah kunjungan wisatawan naik. Wisatawan dihimbau menggunakan jaket tebal, penutup kepala serta penutup tangan dan kaki.

Baca: Songa Adventure Arung Jeram Penuh Tantangan

Berjalan Kaki saat Car Free Month

Selama pelaksanaan Wulan Kepitu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  melaksanakan bulan bebas kendaraan. Termasuk wisata Lautan Pasir juga menerapkan car free month (CFM).

Dengan tidak adanya kendaraan bermotor, wisatawan dapat berjalan kaki dari pos menuju kaldera. Ketenangan sangat terasa di kawasan Lautan Pasir dan suara pasir berbisik semakin jelas terdengar. Dengan minimnya pasir yang beterbangan, lipatan pasir terlihat begitu jelas dan tebal.

Udara terlihat terang dan pemandangan gunung-gunung di sekitar kaldera sangat jelas. Bila lelah berjalan kaki, wisatawan dapat memilih naik kuda untuk perjalanan kembali dari kaldera. Puluhan kuda diperbolehkan berlalu lalang untuk melayani perjalanan wisatawan menjelajah Lautan Pasir.

Ikut Memeriahkan Festival

Lautan Pasir menjadi tempat penyelenggaraan beberapa festival tahunan. Momen ini menambah kemeriahan suasana wisata kawasan kaldera Bromo.

Salah satunya yaitu pemasangan bendera pada upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ribuan bendera turut dibentangkan dengan latar Gunung Batok dan Gunung Bromo. Selain momen HUT RI, upacara pengibaran bendera juga diselenggarakan pada peringatan hari nasional lainnya.

Atraksi berupa tarian khas Probolinggo yaitu Tarian Rerere diadakan untuk penyambutan tamu. Acara ini digelar secara kolosal di Lautan Pasir sehingga menambah daya tarik wisata. Gelaran ini biasa dilakukan pada festival tahunan maupun saat bulan bebas kendaraan.

Mengunjungi Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten
Pura Luhur Poten berlokasi di tengah Lautan Pasir Bromo – Foto : GoogleMaps/Alfon Iskandar Wikardo

Berada di tengah Lautan Pasir, Pura Luhur Poten menjadi pusat perhatian wisatawan. Pura ini biasa dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan masyarakat. Sebagai tempat peribadatan yang masih aktif, tempat ini sakral bagi suku Tengger.

Pura Luhur Poten berdiri pada tahun 2000 di kawasan Lautan Pasir Bromo. Arsitektur bangunannya merupakan percampuran budaya Jawa dan Bali yang kental dengan nuansa agama Hindu.

Di sana, wisatawan dapat melihat budaya Suku Tengger yang beragama Hindu. Masyarakat Tengger percaya, Pura tersebut merupakan kediaman dari perwujudan dari Dewa Brahma. Sebagai objek wisata, wisatawan hanya diperkenankan melihat dari bagian luar Pura saja.

Lokasi Wisata Lautan Pasir Bromo

Lokasi wisata Lautan Pasir berada di Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67254. Untuk mencapai lokasi, wisatawan perlu mengakses pintu masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini