Beranda Tiket Wisata

GUNUNG SINABUNG: Ragam Aktivitas Menarik - September 2020

Gunung Sinabung
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kuta Gugung,Naman Teran,Karo,Sumatera Utara,Indonesia ,-.

Gunung Sinabung merupakan lokasi yang populer di kalangan wisatawan. Destinasi ini menawarkan pesona wisata vulkanologi di balik letusannya yang dahsyat.  Erupsi yang memuntahkan material vulkanik justru menjadi daya tarik yang menarik bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket
Harga tiket masukGratis

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Karo

Jam Operasional

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata Di Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terkenal akan beragam daya tarik keindahan alam maupun sensasi letusannya. Berbagai lokasi sepanjang jalur wisatanya pun menyajikan beragam keindahan. Mulai dari hamparan suasana pegunungan, sisa dampak erupsi, hingga lelehan lava pijar.

Berkemah Danau Lau Kawar

Berkemah menikmati ketenangan Danau Lau Kawar kawasan wisata Gunung Sinabung Karo Sumatera Utara - leng_adventure
Berkemah menikmati ketenangan Danau Lau Kawar – Foto : Instagram/leng_adventure

Wisata Danau Lau Kawar merupakan kawasan dengan radius terdekat dengan Gunung Sinabung. Berada di bawah kaki gunung, spot wisata ini selalu berhasil mencuri perhatian wisatawan.

Menuju lokasi Danau Lau Kawar, wisatawan akan melalui jalur dengan pemandangan yang eksotis. Danau ini diapit alam pegunungan yang ditumbuhi kayu-kayuan hutan tropis, dengan rumput kuning keemasan.

Baca: DANAU LAU KAWAR Tiket & Ragam Aktivitas

Tepian danau yang membentang seluas tiga hektar cocok untuk lokasi berkemah. Di sini wisatawan mendirikan tenda sebagai tempat bersitirahat dan menikmati ketenangan suasana danau. Wisatawan juga dapat memancing maupun naik perahu di perairan Danau Lau Kawar.

Melewati Aliran Lahar Dingin

Menengok sisa erupsi di adaerah aliran lahar dingin
Menengok sisa erupsi di daerah aliran lahar dingin – Foto : Instagram/uchiwooland14

Lokasi yang terdampak erupsi kini menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menyaksikan dan mengabadikan bekas erupsi gunung tersebut.

Singgah di daerah yang dialiri lahar dingin, wisatawan dapat melihat bebatuan besar serta aliran air. Terlihat juga bangunan- bangunan tak berpenghuni dengan kondisi rusak pada atap dan strukturnya. Sedangkan aktivitas warga di sekitar daerah ini tetap normal.

Baca: GUNUNG SIBAYAK Info Wisata & Pendakian

Menikmati Hamparan Hijau Perkebunan

Bentang perkebunan di kaki Gunung terhampar hijau subur
Bentang perkebunan di kaki gunung terhampar hijau subur – Foto : Instagram/timothy Kim

Jalur wisata di kaki Gunung Sinabung menyajikan suasana yang meneduhkan pandangan wisatawan. Hamparan perkebunan warga ini membentang hijau menambah keindahan sekitar kawasan pegunungan.

Wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang asri dengan kebun sayur dan hutan pinus. Panorama ini menjadi daya tarik dan memberi kesan mengagumkan bagi wisatawan. Wisatawan juga dapat melihat kemegahan rumah adat Karo berusia ratusan tahun milik warga.

Baca: BUKIT GUNDALING Berastagi Tiket & Ragam Wahana

Menyaksikan Langsung Erupsi Sinabung

Pesona muntahan abu vulkanik Gunung Sinabung Karo Sumatera Utara - roel.gabe
Pesona muntahan abu vulkanik menjadi daya tarik Gunung Sinabung – Foto : Instagram/roel.gabe

Gunung Sinabung menyajikan pesona langka wisata vulkanologi di balik letusannya yang dahsyat. Pada erupsi Agustus 2020, Gunung Sinabung kembali memuntahkan material vulkanik, membuat wilayah terdekat gulita. Tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter di atas puncak, atau 7.460 mdpl.

Wisatawan secara khusus datang untuk menyaksikan langsung dari kejauhan erupsi. Awan panas, lava pijar, dan debu vulkanik yang terdengar gawat justru menarik minat wisatawan. Erupsi yang memberikan pemandangan unik ini dianggap menarik dan menjadi kenangan tak terlupakan.

Baca: BUKIT GAJAH BOBOK Karo Tiket & Aktivitas

Dari jarak dan lokasi yang aman, wisatawan dapat berswafoto berlatar keindahan erupsi. Jumlah wisatawan yang menyaksikan erupsi dari zona aman terus meningkat. Wisatawan dapat menyaksikan langsung dalam radius lebih dari 5 kilometer dari puncak gunung.

Menginap di Kawasan Wisata

Bermalam di area sekitar Gunung memberikan waktu lebih leluasa untuk menikmati keindahannya. Erupsi yang cukup sering terjadi tidak berpengaruh terhadap tingkat okupansi penginapan di sekitarnya.

Berbagai  jenis penginapan tersedia bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan alam Sinabung. Wisatawan yang menginap bahkan dapat langsung melihat erupsi dari roof top hotel. Banyak wisatawan menunggu momen muntahan abu vulkanik maupun lelehan lava di malam hari.

Tur Volcano Park Gunung Sinabung

Menikmati pesona gunung berapi, wisatawan dapat mengikuti paket bertema Volcano Park (Taman Gunung Api). Ragam daya tarik mulai dari erupsi, gunung api aktif, hingga yang tidak aktif tersaji.

Wisatawan dapat menikmati lelehan lava pijar Gunung Sinabung yang terlihat indah pada malam hari. Wisatawan lokal hingga mancanegara memberikan apresiasi setelah menikmati rangkaian wisata tersebut. Jumlah peminatnya pun cukup banyak, terutama di akhir pekan.

Lokasi dan Akses Wisata Gunung Sinabung

Kawasan wisata pegunungan ini berada di Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Menuju lokasi wisata Gunung Sinabung, wisatawan dapat menempuh sekitar 90 kilometer dari kota Medan. Jarak tempuh yang dibutuhkan wisatawan sekitar 3-4 jam perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini