Beranda Tiket Wisata

DANAU LAU KAWAR Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Danau Lau Kawar
Harga Tiket: Rp4.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 22.00 No. Telepon: - Alamat: Kuta Gugung,Naman Teran,Kabupaten Karo,Sumatera Utara,Indonesia,22153.

Danau Lau Kawar –  merupakan salah satu danau di Tanah Sumatera. Danau seluas 200 Ha ini termasuk dalam wilayah Kawasan Ekosistem Leuser di bawah Kaki Gunung Sinabung. Tak hanya sebagai tempat istirahat para pendaki, area sekitar danau juga menarik perhatian wisatawan untuk sekedar bersantai melepas penat atau menikmati keindahan alam di sekitar.

Danau ini diapit oleh pegunungan yang ditumbuhi oleh pepohonan hutan tropis. Ketika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat pemandangan Brastagi dan Dataran Tinggi Karo. Tak jauh dari lokasi danau terdapat Desa Lingga yang merupakan tempat Rumah Adat Karo berada.

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke sini, berikut informasi mengenai Harga Tiket Masuk:

Harga Tiket Masuk
Jenis TiketHari Biasa
Tiket BiasaRp 4000
Retribusi Masuk Area PerkemahanRp 2500/orang dan Rp 5000/tenda
Penyewaan PerahuRp10.000 / orang

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Karo

Jam Operasional

Para pengunjung dapat datang setiap hari. Objek wisata danau ini buka setiap hari tanpa batas waktu. Hanya saja pada masa pandemic covid-19 kawasan Wisata danau sedang tidak beroperasi sebab berada pada Zona Merah Kawasan Gunung Sinabung.

Jam Operasional
Senin – Minggu06.00 – 00.00

Aktivitas Wisata Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di Kaki Gunung Sinabung
Pemandangan bentang alam danau di Kaki Gunung Sinabung – Foto: GoogleMaps/Rahmat Ginting

Meski lebih dikenal sebagai tempat berkemah, Danau Lau Kawar memiliki beberapa aktivitas yang dapat para wisatawan atau pengunjung lakukan.

Keindahan Danau Berbalut Legenda

Tak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya, Danau Lau Kawar juga terkenal dengan kisah mistis dan legendanya. Menurut legenda dulu terdapat sebuah desa bernama Lau Kawar yang sangat subur. Desa ini kemudian tenggelam karena sumpah dan rasa sakit seorang nenek kepada cucu dan anaknya yang durhaka.

Dalam kesedihan dan rasa hina sang nenek menangis berdoa memohon agar mengutuk anak dan cucunya. Tak lama dari doanya terjadilah gempa dan hujan deras hingga menenggelamkan seluruh penduduk desa.

Di lain kisah danau ini terbentuk dari rasa sedih seorang ibu melihat anak-anaknya berkelahi. Kedua anaknya Sinabung dan Sibayak terus berkelahi meskipun ibu mereka berteriak sambil menangis untuk memisahkan keduanya. Rasa sedih membuat sang ibu menyumpahi kedua anaknya dan terjadilah bencana besar yang menenggelamkan desa tersebut.

Keliling Danau Menggunakan Perahu

Pengunjung sedang bermain perahu rakit di Danau Lau Kawar
Pengunjung tengah mengayuh dayung perahu rakit untuk berkeliling di danau – Foto : Google Maps/Junianto Tunggal

Aktivitas berkeliling danau menggunakan perahu banyak diminati oleh para wisatawan. Pemandangan danau yang berada di ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut membuat cuaca sekitar danau terasa sejuk. Birunya air danau dihiasi dengan tanaman Anggrek di sekelilingnya menjadi hiburan utama wisatawan yang berperahu.

Untuk dapat melihat pemandangan dengan berperahu wisatawan bisa menyewa perahu ke pengelola. Tarif yang dikenakan untuk per-orang dari setiap perahu yang disewakan. Perahu yang digunakan dapat berupa perahu motor atau perahu rakit.

Piknik dan Bersantai di Gazebo

Gazebo tempat bersantai pengunjung Danau Lau Kawar
Pengunjung bersantai disalah satu Gazebo yang berada di tepi danau – Foto : Google Maps/Junianto Tunggal

Gazebo merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Para pengunjung yang tidak berkeinginan untuk berkemah tetap dapat menikmati alam danau dengan bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia tanpa dipungut biaya.

Tempat Singgah Pendaki & Bekemah

Letaknya yang berada di Kaki Gunung Sinabung menjadikan wilayah sekitar Danau Lau Kawar sebagai tempat beristirahat para pendaki gunung. Terdapat lahan seluas 3 hektar yang dapat digunakan tak hanya pendaki namun wisatawan untuk berkemah. Setiap pengunjung baik pendaki ataupun wisatawan biasa perlu membayar retribusi masuk.

Fasilitas Danau Lau Kawar

Sebagai salah satu objek pariwisata, danau ini memiliki fasilitas penunjang demi kenyamanan pengujung. Fasilitas tersebut antara lain terdapat lahan parkir yang luas untuk motor dan mobil, toilet umum, warung makan, gazebo, area perkemahan dan penginapan yang terdapat di sekitar kawasan danau.

Lokasi & Akses ke Danau Lau Kawar

Objek wisata danau ini terletak di Desa Kuta Gunung di bawah kaki Gunung Sinabung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Rute paling mudah untuk sampai ke danau ini adalah melalui pusat kota Medan dengan jarak tempuh kurang lebih sejauh 70 kilometer dalam waktu 3 jam. Akses jalan dapat dilewati oleh semua jenis kendaraan namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sebab tidak ada kendaraan umum yang dapat mengantarkan langsung pengunjung ke lokasi danau.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini