House of Sampoerna Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 09.00 - 18.00 No. Telepon: (031) 3539000 Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara,Pabean Cantian,Surabaya ,Jawa Timur,Indonesia,60163.

Liburan di Surabaya belum lengkap kalau belum mengunjungi museum House of Sampoerna Surabaya. Museum ini merupakan museum tembakau dan markas besar dari pabrik rokok Sampoerna. Dibangun pada tahun 1862 tapi museum ini baru dibuka secara resmi tahun 2003.

Museum ini memiliki gaya arsitektur yang dipengaruhi oleh gaya kolonial Belanda. Sebelum menjadi museum, bangunan ini digunakan untuk panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee dan digunakan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna.

Harga Tiket Masuk Museum Sampoerna

Harga tiket masuk ke museum ini tidak perlu mengeluarkan selembar uang pun alias gratis. Peniadaan biaya masuk merupakan bentuk tanggung jawab sosial museum dalam memperkenalkan sejarah.

Harga Tiket Masuk Museum Sampoerna
Setiap HariGratis

Baca: Monumen Kapal Selam Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Museum

Karena merebaknya virus Covid – 19, House Of Sampoerna tutup sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Museum buka setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan dari pagi hingga malam hari. Pengunjung yang datang ke sini harap membawa KTP sebagai syarat masuk ke dalam museum ini.

Jam Operasional Museum
Senin – Minggu09.00 – 18.00
Proses Produksi Rokok09.00 – 14.00

Untuk pengunjung yang lebih dari 25 orang diharapkan untuk menghubungi (031) 3539000. Sedangkan untuk melihat proses produksi rokok hingga jam 14.00 atau selama jam kerja. Museum juga libur selama Hari Raya Idul Fitri.

Aktivitas & Daya Tarik Museum House Of Sampoerna

pintu masuk house of sampoerna
Pintu masuk Museum House of Sampoerna yang dihiasi 4 pilar besar. Foto: Google Maps/Edo Septian Nugroho

Pasti penasaran kan apa saja yang bisa kita lakukan dalam museum ini? Berikut beberapa kegiatan dan daya tarik museum ini.

Mengenal Sejarah Keretek di Indonesia

Pertama kali memasuki museum ini pasti akan mencium aroma cengkeh yang sangat kuat. Disebabkan karena lantai 2 dari museum masih dipergunakan sebagai tempat produksi rokok Sampoerna. Lantai pertama digunakan untuk ruang pameran segala hal yang berkaitan dengan produksi rokok.

Di lantai pertama, terdapat koleksi masterpiece yakni replika warung dan mesin Sampoerna. Selain itu juga terdapat sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok.

Di lantai dua, pengunjung bisa melihat secara langsung produksi rokok Dji Sam Soe. Proses produksi bisa dilihat dari balik kaca transparan dan hanya berlangsung hingga 14.00. Walaupun memproduksi rokok yang banyak dikonsumsi pria, tapi karyawan disana ternyata mayoritas wanita.

Baca: Hutan Mangrove Surabaya Tiket & Aktivitas

Berkeliling Surabaya gratis

bus gratis tour heritage Surabaya
Bus Surabaya Heritage Track yang berwarna merah – Foto : Instagram/andri_de_feraudy

Mengetahui sejarah Surabaya dapat dengan mudah dilakukan dengan layanan bus Surabaya Heritage Track. Bus berwarna merah ini terdapat di halaman museum House of Sampoerna. Pengunjung akan diajak berkeliling Surabaya tanpa pungutan biaya. Dilengkapi oleh seorang pemandu yang menjelaskan mengenai sejarah tempat dan gedung yang dilewati.

Walau gratis, Surabaya Heritage Track memiliki kuota terbatas dikarenakan armada bus hanya satu. Durasi perjalanan Surabaya Heritage Track ini selama satu hingga satu setengah jam . Perlu diketahui bahwa Surabaya Heritage Track memiliki rute berbeda tergantung hari dan jamnya.

REGULAR TOURS
Senin – Kamis
Surabaya – The Heroes City
(Heroes Monument – PTPN XI)
10:00 – 11:00
Surabaya – The Trading City
(Hok Ang Kiong Temple – Escompto Bank)
13:00 – 14:00
Surabaya during The Dutch Occupation
(Kebonrojo Post Office – Kepanjen Church – Ex. De Javasche Bank)
15:00 – 16:30
Jumat – Sabtu
Exploring Surabaya
(De Simpangsche Societeit – Ex. De Javasche Bank)
10:00 – 11:30
Surabaya -The Heroes City
(Heroes Monument – PTPN XI)
13:00 – 14:30
Babad Surabaya
(Kampung Kraton – De Simpangsche Societeit – Cak Durasim)
15:00 – 16:30

Menikmati Kopi di Cafe Tanamera House Of Sampoerna

cafe tanamera house of sampoerna
Selain mengunjungi museum di sini juga terdapat cafe dengan berbagai sajian kopi dan makanan.

Lelah sehabis berjalan-jalan? Jangan khawatir karena ada cafe yang terletak di sebelah Art Gallery. Cafe bernama Tanamera ini buka mulai pukul 09.00 hingga 19.00.

Pengunjung dapat menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia mulai harga Rp 35.000,00. Selain kopi juga terdapat makanan dengan kisaran harga Rp 70.000,00. Di hari dan jam tertentu juga terdapat pertunjukkan live music.

Cafe ini mengusung tema klasik tetapi disertai tampilan yang modern. Terdapat lukisan klasik dan modern di dinding cafe yang memperindah suasana cafe.

Membeli souvenir

Saudara atau teman minta oleh-oleh? Jangan khawatir karena terdapat tempat pembelian souvenir di museum. Pengunjung bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya. Mulai dari baju, sepatu, mug, tas, dll yang berada di lantai satu museum. Sedangkan di lantai dua terdapat berbagai kain batik nusantara.

Berfoto

Liburan kemanapun terasa tak lengkap jika tak berfoto. Museum House of Sampoerna memiliki berbagai spot foto menarik lho.

Mulai dari kolam ikan di depan pintu masuk hingga berfoto dengan replika. Berfoto di dalam cafe Tanamera juga bisa menghasilkan foto yang menarik lho.

Lokasi House Of Sampoerna

Museum House of Sampoerna berlokasi di daerah Surabaya lama. Tepatnya di Jalan Taman Sampoerna no. 6 Krembangan Utara Pabean Cantian Surabaya. Terdapat banyak tempat wisata baik bertema sejarah maupun agama di sekitar museum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

1 KOMENTAR

  1. mohon informasi jadwal bis untuk hari minggu karena tidak ada jadwal bis hari minggu atau hari minggu tidak beroperasi.
    untuk 4 orang apakah perlu reservasi.
    demikiam terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini