Istana anak-anak Indonesia atau sering juga siebut Istana Anak TMII ialah bangunan berbentuk istana yang mirip di cerita dongeng Cinderella. Tempat ini bisa menjadi area bermain anak-anak ataupun belajar. Terdiri dari empat lantai serta memiliki ruang terbuka di lantai dua dengan menara yang menjulang tinggi.

Bangunan utama istana yang dinamai Graha Widya Tama ini peresmiannya ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1986. Menara sebagai lambang kebersamaan  anak laki-laki dan perempuan dalam menggapai prestasi setinggi-tingginya. Ruang juga disajikan pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak lainnya.

Tiket Istana Anak TMII

Untuk tiket Istana Anak TMII bisa dikatakan cukup murah. Pengunjung cukup membayar mulai dari Rp10.000 untuk bisa bermain di sini.

Harga Tiket Istana Anak TMII
Tiket RegulerRp10.000

Baca: TAMAN MINI TMII Tiket & 10 Zona Wahana Seru

Jam Buka Istana Anak TMII

Istana Anak-Anak Indonesia buka dari jam 09.00 – 16.00 setiap hari dan tidak ada perubahan jam buka pada akhir pekan.

Jam Buka
Setiap hari09.00-16.00 WIB

Beragam Wahana Permainan

Istana Anak-anak Indonesia
Istana Anak-anak Indonesia. Foto: googlemaps/Ricky Pramudya

Berbagai jenis permainan tersedia di Istana anak-anak Taman Mini Indonesia Indah. Terutama wahana permainan khusus untuk anak-anak. Mulai dari wahana permainan air sampai permainan non air pun ada. Berikut beberapa diantaranya

1. Kolam Renang Sendang Sejodo

Keseruan Anak-anak Bermain di Kolam Renang Sendang Sejodo
Keseruan Anak-anak Bermain di Kolam Renang Sendang Sejodo. Foto: googlemaps/Adriana Dian

Area ini bukan hanya istana, tetapi juga terdapat kolam renang yang bisa menambah permainan anak makin lengkap. Meskipun luas kolam tidak begitu lebar tetapi memiliki permainan yang hampir sama dengan di water park. Dengan begitu anak-anak selain bisa bermain di lingkungan istana, mereka juga bisa menghabiskan waktu di Kolam Renang Sendang Sejodo.

Wahana ini makin cantik dengan tebing buatan yang dibentuk persis seperti bebatuan. Selain berenang, area ini juga bisa menjadi area instagramable yang bisa digunakan sebagai background.

Permainan yang bisa dicoba anak di kolam renang ini, antara lain perosotan terbuka, perosotan tabung, kincir air, air mancur, dan masih banyak lagi. Tenang saja, di sini juga menyediakan banyak kamar mandi, sehingga anak-anak tidak mengantre ketika mengganti pakaian.

Baca: Sendang Sejodo Waterpark TMII Tiket & 7 Aktivitas Seru

2. Kereta Api Kelinci

Nikmati Mengelilingi Istana Anak-anak dengan Kereta Api Kelinci.
Nikmati Mengelilingi Istana Anak-anak dengan Kereta Api Kelinci. Foto: googlemaps/Abdhi Permana Purba

Kereta api kelinci akan membawa anak-anak mengelilingi istana sehingga bisa melihat setiap sudutnya. Selain itu, kereta api ini juga bisa diisi oleh banyak orang sehingga tidak perlu khawatir anak akan sendirian. Dengan rel yang berada di atas kereta, keamanan pengunjungnya sudah terjamin.

3. Komidi Putar

Biarkan Anak-anak Bermain di Komedi Putar
Biarkan Anak-anak Bermain di Komedi Putar. Foto: googlemaps/Andries I K

Selain kereta, Istana Anak-anak juga menyediakan permainan komidi putar yang bisa membuat anak-anak semakin senang berkunjung. Orang tua bisa memerhatikan anak dari jarak dekat atau jika anak tidak mau sendiri, orang tua bisa ikut bermain. Permainan ini cukup banyak peminatnya karena tidak menakutkan.

4. Bumper Car

Permainan yang satu ini lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki karena cukup menantang. Mereka bisa mengendarai mobil sendiri, tetapi tetap aman ketika menabrak dinding atau mobil lainnya. Meskipun sejatinya permainan untuk anak laki-laki tetapi anak perempuan juga tidak dilarang apabila ingin mencoba.

Baca: SNOWBAY Waterpark Tiket & 10 Wahana Top

5. Mandi Bola

Bagi orang tua yang memiliki anak di bawah umur 3 tahun bisa mengajaknya bermain di mandi bola. Di area mandi bola juga terdapat wahana layaknya di kolam renang, yaitu perosotan. Anak-anak bisa menggunakannya dengan aman karena perosotan tersebut tidak tinggi, sudah disesuaikan dengan anak-anak.

6. Wahan Outbound Istana Anak TMII

wahana outbond istana anak tmii
Wahana permainan outbond untuk anak-anak di Istana Anak Indonesia TMII. foto: google maps/Siti Rahma

Outbound bisa menjadi pilihan permainan anak agar bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain. Apabila yang mengajak rombongan, area permainan ini bisa dipakai sebagai kegiatan games. Permainannya cukup aman dan orang tua langsung bisa menjaganya dari dekat.

Tantangan-tantangan yang disediakan juga tidak berbahaya bagi anak-anak. Diberikan pula keamanan di setiap tantangan tersebut. Permainan ini bisa menjadi pilihan anak-anak untuk melatih kekuatan dan semangat hingga mencapai tantangan akhir.

Baca: Tiket Masuk SEAWORLD Ancol & 9 Aktivitas Seru

Fasilitas Istana Anak TMII

Selain permainan anak, di Istana Anak-anak Indonesia ini juga menyediakan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Di sini tersedia mushola, toilet, kantin, dan fasilitas lainnya. Tersedia pula parkiran luas yang bisa menampung banyak mobil.

Transportasi

Istana anak-anak Indonesia yang terletak di area Taman Mini ini bisa dijangkau dengan transportasi umum, seperti TransJakarta. Apabila menggunakan mobil atau motor pribadi bisa melalui berbagai pintu masuk dan ikuti petunjuk yang mengarah ke Istana Anak-anak.

Apabila tidak menggunakan mobil pribadi, dari pintu masuk Taman Mini ke Istana anak-anak juga disediakan mobil transportasi wisata Taman Mini.

Lokasi Istana Anak TMII

Lokasi Istana Anak-anak berada di area Taman Mini Indonesia Indah tepatnya di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi no. telp 02187792078 atau media sosial Instagram @ilovetamanmini

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,49 / 39 pembaca