Tiket TMII Taman Mini Indonesia Indah
Tiket TMII Taman Mini Indonesia Indah semua zona mulai dari Rp 10.000

Taman Mini Indonesia Indah – TMII berusia hampir setengah abad dari sejak pemerintahan Presiden ke-II Indonesia. TMII tetap menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Taman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam kota maupun yang dari luar kota.

TMII tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal namun juga mancanegara dari berbagai kalangan usia. Bukan hanya karena merupakan tempat rekreasi, juga sebagai wahana edukasi tentang SDA dan budaya Indonesia.

Seperti namanya, TMII memang benar-benar menghadirkan Indonesia dalam bentuk mini. Disini pengunjung akan disajikan edukasi tentang kesenian, budaya, replika mini rumah adat, serta flora dan fauna-nya.

Ada juga bangunan-bangunan keagamaan, museum, teater serta wahana rekreasi yang beragam macam. Oleh karena suguhan wahana yang lengkap seperti inilah, Taman Mini Indonesia Indah selalu bisa menarik banyak pengunjung setiap harinya.

Taman Mini Indonesia Indah diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto 20 April 1975. Menempati lahan seluas 150 hektar. Oleh karena wilayahnya yang sangat luas, pengunjung tidak akan sempat untuk mengunjungi setiap wahana TMII dalam satu hari.

Selain itu, penjelasan setiap detailnya pun pastilah tidak cukup dalam satu artikel saja. Namun, setidaknya bagi para wisatawan yang baru berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, ada lima wahana yang harus dikunjungi. Seperti Museum, Wahana Rekreasi, Anjungan Daerah, Bangunan Tempat Ibadah, dan Taman Rekreasi.

Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah TMII sebesar 15.000 rupiah per-orang untuk pintu masuk. Selain itu pengunjung juga diwajibkan membayar parkir kendaraan. Seperti sepeda Rp1.000 rupiah, motor Rp10.000 rupiah, mobil Rp15.000 rupiah dan bus/truk Rp35.000 rupiah.

Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah
Perorangan (3 Tahun sudah dikenakan biaya)Rp15.000
MobilRp15.000
Bus/TrukRp35.000
MotorRp10.000
SepedaRp1.000
  • Tiket Taman Mini tersebut belum termasuk wahana & permainan yang ada di TMII. Misalnya tiket Istana Anak-Anak Indonesia, Kiddy Boat, dan Komedi Putar pengunjung harus membeli tiket seharga Rp.10.000.
  • Ada juga wahana Kapal Ayun, Roller Coaster, Pesawat Capung, dan Kereta Api Kelinci dengan harga sama. Battery Car, ATV Motor, dan Fancy Animal juga dikenakan tiket masuk seharga Rp10.000 rupiah.
  • Sedangkan Bumper Car dan Mandi Bola memiliki tiket masuk masing-masing Rp15.000 rupiah dan Rp5.000 rupiah. Untuk wahana Kolam Renang Sendang Sejodo dikenakan tiket seharga Rp20.000 saat weekdays, dan Rp25.000 saat weekends.
  • Untuk Museum, TMII memberlakukan harga berbeda dari Rp2.000 seperti museum Telekomunikasi, hingga Rp15.000 yaitu Museum Indonesia.
  • Sedangkan, untuk Taman Burung dan Bekisar dikenakan Rp20.000, dan Museum Komodo sebesar Rp25.000. Untuk Taman Reptilia juga seharga Rp25.000 dan Dunia Air Tawar dan Serangga seharga Rp30.000 rupiah. Dan wahana Rekreasi, dikenakan harga dari Rp20.000 seperti Taman Keong Mas, hingga Rp180.000 seperti SnowBay Waterpark.

Namun ada juga beberapa zona rekreasi yang tidak dikenakan biaya. Misalnya Museum Penerangan, Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal.

Harga Tiket Taman Mini Libur Lebaran & High Season

Harap diperhatikan harga tiket taman mini libur lebaran & high season dapat mengalami perubahan. Ada baiknya langsung menghubungi TMII untuk kepastian harga tiket. Periode libur lebaran & high season Taman Mini mulai tanggal 15 Juni s/d 01 Juli 2018 dengan harga tiket pintu masuk TMII Rp20.000.

Jam Buka Masuk Taman Mini Indonesia Indah 2018

Jam Buka Taman Mini Indonesia Indah – TMII
Setiap hari07.00 – 22.00 WIB
Jam Operasional Wahana08.30 – 18.00 WIB

Jam operasional Taman Mini Indonesia Indah pada weekdays dari pintu masuk adalah dari 07.00 – 22.00 WIB. Hal itu sama dengan weekend, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu dengan jam yang sama.

Begitu juga dengan hari libur atau tanggal merah, jam operasional yang sama juga berlaku sama. Namun, untuk jam operasional wahana Istana Anak-anak Indonesia, dimulai dari 08.30 WIB hingga 17.00 WIB.

Sementara itu, untuk wahana Istana Anak-anak Indonesia jam operasional agak sedikit berbeda. Setiap hari seluruh wahana ini dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk wahana Rekreasi, rata-rata dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB pada weekdays. Dan dibuka dari pukul 08.30 WIB hingga 18.00 WIB selama weekend.

Atraksi & Wahana Taman Mini Indonesia Indah

Mengingat wahana yang tersedia di TMII begitu banyak, berikut beberapa wahana di Taman Mini yang cukup populer dan sering dikunjungi. Beberapa wahana yang bisa dicoba selama berlibur di Taman Mini Indonesia Indah adalah sebagai berikut.

Taman Rekreasi

Ada sembilan Taman Rekreasi yang mesti pengunjung coba saat berlibur di TMII. Kesembilan taman tersebut yaitu dua Taman Monumental, empat Taman Flora, lima Taman Fauna serta satu Taman Budaya. Taman Monumental tersebut adalah Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok.

Taman Flora terdiri atas Taman Kaktus, Legenda Keong Mas, Melati dan Apotik Hidup. Sedangkan Taman Fauna terdiri atas Taman Reftilia, Kupu, serta Taman Bekisar dan Burung.

Baca: Taman Legenda TMII: Tiket & Wahana Seru

Anjungan Daerah

Di TMII ada danau Arsipel Indonesia yang di tengah-tengahnya terdapat replika mini kepulauan Indonesia. Pada masing-masing pulau tersebut terdapat Anjungan daerah yang dibangun secara berderet melambangkan sila ketiga Pancasila.

Setiap provinsi memiliki hasil kerajinan, pakaian adat, benda bersejarah serya peralatan seni tiap daerah. Adanya wahana seperti ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi anak muda untuk mengenal keanekaragaman Indonesia.

Kereta Gantung

Wahana ini adalah wahana paling favorit yang kerap kali dicoba oleh pengunjung yang datang. Sebut saja Kereta Gantung yang sudah menjadi perintis kendaraan wisata di Indonesia. Menaiki kereta gantung membuat pengunjung dapat melihat deretan pulau – pulau mini Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Pengunjung dapat melihat secara jelas kepulauan tersebut seolah berada di langit. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat secara jelas seluruh taman wisata dari empat stasiun yang berbeda.

Theater IMAX Keong Emas

Teater ini merupakan wahana populer sekaligus sebagai ikon Taman Mini Indonesia Indah yang wajib dikunjungi. Teater IMAX Keong Emas ini sangat terkenal karena memiliki bentuk layaknya keong emas raksasa.

Baca: Teater IMAX Keong Emas: Tiket, Atraksi & Wahana Menarik

Pengunjung dapat melihat pertunjukan film yang memiliki kecanggihan teknologi yang memukau. Sinematografi yang digunakan di Teater ini adalah Proyektor IMAX modern. Oleh karena itu, bila pengunjung menyaksikan film di sini, dijamin akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Wahana Angsa dan Sepeda Air

Mengunjungi TMII, wisatawan akan diberi kesempatan untuk mencoba sepeda air dan wahana angsa. Kedua transportasi air ini dapat dicoba di kawasan Danau Arsipel TMII yang terkenal tersebut. Pengunjung bisa berkeliling Danau dengan menggunakan mesin angsa dan sepeda air. Tiketnya pun terbagi menjadi dua, yakni tiket untuk wahana angsa manual dan sepeda air manual.

Bagi pengunjung yang tidak suka capek membawa manual wahana tersebut, TMII juga menyediakan tiket angsa mesin. Wahana ini akan sangat cocok jika dicoba bersama keluarga. Selain untuk rekreasi, pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dan Taman Mini secara keseluruhan dengan santai. Bagi pengunjung yang ingin merasakan segarnya suasana danau dapat memesan tiket langsung untuk ke wahana ini.

Taman Burung

Taman Burung dibangun dengan unik dengan bentuknya yang kubah kaca. Berdiri di  lahan seluas 6 hektar, taman ini ditata sesuai dengan pola persebaran burung sebenarnya. Ada 175 spesies burung yang dapat dijumpai oleh para wisatawan di sini.

Dengan spesies yang begitu banyak, jumlah burung yang ada di Taman ini sudah mencapai ribuan ekor. Tentu saja rekor ini membuat Taman Burung Taman Mini merupakan kolektor burung terbanyak dan terlengkap di Indonesia.

Monorail Titihan Samirono

Pengunjung tertarik mencoba aeromovel atau monorail pertama yang berdiri di Indonesia? Pengunjung yang datang ke Taman Mini wajib mencoba Titihan Samirono. Wahana yang namanya sendiri diberikan oleh Presiden Soeharto ini menggunakan sistem SHS-20 Aeromovel Indonesia.

Oleh karena sebagai monorail, Titihan Samirono merupakan wahana yang berjalan dengan tenaga angin dengan kecepatan 20 km/jam. Wahana ini berjalan di atas jalan layang yang memiliki tinggi enam meter.

Istana Anak Indonesia

Mengambil bentuk bangunan seperti istana raja dalam dongeng Eropa, bangunan berwarna merah ini selalu diminati pengunjung. Khususnya anak-anak, karena menjadi Istana untuk Anak Indonesia, memiliki daya tarik tersendiri dan unik.

Baca : Promo Hotel Santika Taman Mini Diskon 30%

Di dalamnya pengunjung akan terpkau dengan lengkapnya sarana belajar yang dikhususkan bagi anak-anak. Ada peralatan music diatonik, pentatonik, alat peraga IPTEK, dan alat permainan lain yang menyenangkan namun mendidik.

Dunia Air Tawar

Wahana ini merupakan taman biota air tawar terlengkap dan terbesar di Asia, bahkan kedua di dunia. Koleksinya meliputi ikan crustacean, tanaman air, dan reptil berjumlah 6000 ekor dari 126 spesies. Taman biota yang luas ini juga ditunjang oleh sejumlah fasilitas yang mendukung wahana.

Diantaranya adalah auditorium, perpustakaan, Lorong Gurame, museum, akuarium raksasa serta pojok reftilia dan ruang karatina.

Snowbay Waterpark

Berdiri di atas lahan seluas tiga hektar, Snowbay Waterpark memiliki sejumlah wahana permainan air populer. Sebut saja, Cool Running, Kids Pool, Kolam Ombak, Boombaster, Kolam Arus, Tots Pool hingga Play Pool. Seperti namanya, wahana ini dirancang khusus bertemakan pegunungan salju yang nyaman dan menyenangkan serta berkelas dunia.

Baca: Snowbay Waterpark: Tiket & Wahana Salju

Selain menikmati berbagai wahana permainan yang ada, pengunjung juga dapat menikmati bermacam fasilitas yang ada. Sebut saja seperti fasilitas Café Polaris, Food Court, Spa & Jacuzzi, dan VIP Cabana.

Fasilitas Taman Mini Indonesia Indah – TMII

Sebagai tempat wisata yang memiliki area luas dengan beragam wahana, fasilitas di Taman Mini Indonesia Indah sangatlah lengkap. Fasilitas tersebut dikelompokkan menjadi persewaan gedung, transportasi umum, restoran dan hotel, serta toko kerajinan tangan.

Pihak TMII menyewakan beberapa gedung dengan budget terjangkau untuk berbagai kegiatan. Sebut saja, pesta pernikahan, gathering, pagelaran seni, wisuda dan acara lainnya. Selain itu ada juga fasilitas toilet.

Tak hanya itu, luasnya Taman Mini Indonesia Indah mencapai 150 hektar ini juga menyediakan berbagai macam sarana transportasi. Misalnya saja, wahana mobil keliling, sepeda listrik dan sepeda wisata yang tentu saja menyenangkan. Pengunjung dapat datang ke TMII lebih awal sehingga tidak perlu mengantri dan menghemat waktu.

Angkutan Umum ke Taman Mini Indonesia Indah

Banyak cara untuk pengunjung dapat pergi ke wisata Taman Mini Indonesia Indah ini. Beberapa alternatif angkutan umum yang dapat digunakan yaitu bus TransJakarta dan Busway. Pengunjung yang dari daerah Ragunan tinggal naik angkot KWK S 15A jurusan Ragunan – Taman Mini/Pinang Ranti. Bagi yang datang dari Cilitan, bisa naik angkot KWK T 01 ke arah Setu.

Bagi yang suka naik Trans Jakarta, dapat naik Rute Pluit ke Pinang Ranti. Setelah itu bisa lanjut dengan menggunakan angkot KWK S15A ke arah Taman Mini. Perlu diketahui bahwa halte terdekat dari TMII adalah Taman Mini Garuda. Jadi, bagi pengunjung dari daerah lainnya, bisa menanyakan kepada petugas rute menuju Halte Taman Mini Garuda.

Alamat & Kontak Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah masuk dalam region Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Lebih lengkapnya, wahana terkenal dan populer ini tepat berada di Jalan Raya Taman Mini. Nomor telepon yang dapat dihubungi untuk mendapatkan beberapa informasi lengkap mengenai tempat wisata ini adalah (021) 87792078.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,44 - 16 Pembaca
Loading...