Beranda Tiket Wisata

KALI BENING Jepara Tiket & Daya Tarik Desember 2021

Kali Bening JeparaHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Tanjung, Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59452

Bagi yang sedang ingin wisata berenang sambil menikmati air terjun, cobalah datang ke Kali Bening Jepara. Lokasi ini masih berada di kawasan Gunung Muria, sehingga udaranya masih terasa dingin dan sejuk. Selain itu, bentang alamanya juga cantik dengan hijaunya pepohonan di area perbukitan.

Daya tarik tempat wisata ini terutama air terjun dengan kolam di bawahnya, serta sungai dengan air yang jernih. Akses untuk menuju ke sini juga terbilang mudah karena jalannya sudah beraspal. Apalagi untuk berwisata di sini tidak perlu membayar mahal karena tiket masuknya sangat terjangkau. Sehingga cocok sebagai lokasi liburan bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Kali Bening

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000. Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya penyewaan ban pelampung dan tiket parkir. Selanjutnya, tidak ada perbedaan harga tiket masuk di hari biasa maupun akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
PerorangRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp5.000
MobilRp15.000

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Jepara

Jam Operasional Kali Bening

Kali Bening dibuka setiap hari dari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Jika ingin lebih menikmati suasana berendam yang tenang, sebaiknya berkunjung di hari biasa. Karena di akhir pekan, pengunjung yang datang jumlahnya akan jauh lebih banyak. Enaknya lagi saat suasana tidak terlalu ramai, suara kicauan burung dan gemericik air dapat terdengar dengan jelas. Kedua hal tersebut dapat membuat pikiran dan badan menjadi lebih santai.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Berendam di Kolam Air Jernih

Pengunjung yang terlihat sedang berenang di Kali Bening
Berenang di airnya yang sejuk menjadi tujuan utama pengunjung datang ke Kali Bening. Foto: Instagram/kalibening_jepara

Salah satu aktivitas utama di sini yaitu berendam di kolam yang airnya sangat jernih. Karena berada di kawasan pegunungan, air kolam ini sudah tentu akan terasa dingin. Namun, hal itu justru menjadi incaran karena dapat membuat tubuh menjadi lebih segar setelah berendam. Basuhlah muka dan juga kepala dengan air di dalam kolam. Jika merasa kolam terlalu dalam, pengunjung bisa menyewa ban pelampung yang tersedia di sini.

Kemudian, selain menyegarkan badan, areanya juga sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Dengan pemandangan hijaunya pepohonan di sekeliling air terjun membuat pikiran menjadi lebih santai. Selama berendam, cobalah sambil memejamkan mata dan dengarkan suara kicauan burung yang sesekali terdengar. Selain itu, berendam dengan menatap ke langit juga akan terasa menyenangkan.

Bersantai di Tepi Sungai Menikmati Panorama Alam

Pengunjung yang sedang bermain air di tepi sungai Kali Bening
Di tepi sungai pengunjung dapat duduk bersantai atau bermain air untuk merasakan kesegarannya. Foto: Instagram/kalibening_jepara

Daya tarik selanjutnya dari Kali Bening yaitu pemandangan alamnya. Dominasi warna hijau pepohonan sangat terasa membuat mata siapa saja yang memandangnya terasa sejuk. Ditambah dengan pemandangan air terjun dari mata air yang mengalir langsung ke kolam. Sambil memandangi alam, cobalah duduk di tepi sungai sambil mencelupkan kaki. Airnya yang dingin bisa menyenangkan hati. Di sini pengunjung juga dapat berfoto atau bermain air.

Sungainya tidak terlalu dalam. Namun jika ingin berdiri di sungai agar berhati-hati dalam memilih pijakan. Karena lumut yang tumbuh di bebatuan sungai cukup tebal dan licin. Selain itu, hati-hati juga dengan arus sungai. Pilihlah lokasi dengan arus yang tenang jika tidak ingin pakaian menjadi basah atau terpeleset ke sungai.

Foto Eksotik Berlatar Tebing

Seorang pengunjung berfoto di depan tebing di Kali Bening
Selain berendam, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar tebing di Kali Bening. Foto: Instagram/kalibening_jepara

Jika berkunjung ke sini, cobalah berfoto dengan latar belakang tebing. Foto akan terkesan dramatis dengan elemen sungai berpagar tebing coklat kehijauan. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di tulisan Kali Bening yang berada di dekat kolam dan dekat pintu masuk. Kemudian, area berfoto lainnya yaitu di samping air terjun. Tidak ketinggalan area sawah di sekitar tempat wisata ini juga sangat cantik sebagai objek foto.

Selain berfoto, memotret bentang alam di sini juga dapat menjadi pilihan. Hal ini karena dari sini terlihat jelas lekuk-lekuk bukit hijau kaki gunung Muria. Terlebih jika cuaca sedang cerah berawan. Suasana dingin pun dapat terlihat dari dalam foto.

Kali Bening Sumber Pemasukan Bagi Warga Sekitar

Kali Bening menjadi salah satu pemasukan bagi warga sekitarnya
Pengelolaan Kali Bening dilakukan bersama dengan warga sekitarnya dan menjadi sumber pemasukan yang cukup besar. Foto: Instagram/kalibening_jepara

Kawasan wisata ini memiliki keunikan dalam pengelolaannya. Di sini warga setempat ikut terlibat dalam pengelolaan objek wisata. Seperti menjaga loket dan lahan parkir. Warga pun mendapat pembagian pendapatan dari pemerintah desa sebagai penanggung jawab pengelola.

Sistem pembagian tersebut yaitu 40% untuk penjaga area wisata dan lahan parkir, serta 10% untuk diserahkan ke pemerintah desa. Sisanya, yaitu 50% dialihkan ke kas area wisata Kali Bening Jepara. Dana tersebut akan digunakan untuk biaya perawatan dan pemugaran, seperti penambahan fasilitas.

Fasilitas di Kali Bening

Di Kali Bening tersedia beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk umum, seperti toilet dan kamar mandi bilas. Selain itu, ada juga  warung makan, dan beberapa area berfoto. Kemudian, pengunjung yang membawa kendaraan tidak perlu bingung. Dahulu, sebelum area Kali Bening mengalami pemugaran, pengunjung memarkirkan kendaraannya di area rumah warga. Lalu, selesai pemugaran, di sini tersedia area parkir untuk motor, mobil, dan bus.

Lokasi Kali Bening Jepara

Kali Bening Jepara, tepatnya berada di Dukuh Krebu, RT 32 RW 05, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji. Wilayah ini masih termasuk ke dalam kawasan Gunung Muria. Jika ingin berkunjung sini, sebaiknya saat cuaca tidak hujan. Hal itu agar lebih leluasa untuk berendam atau bersantai di sini. Namun, jika kebetulan hujan turun, biasanya tidak akan memakan waktu lama.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 15

Kasi Bintang