Beranda Tiket Wisata

Wana Wisata Ternadi Kudus Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Wana Wisata Ternadi : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Ternadi, Dawe, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, 59353

Wana Wisata Ternadi adalah lokasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Area wisata ini berada di ketinggian 980 Mdpl. Karena berada di lereng gunung, suhu kawasan wisata sangat sejuk serta bisa mencapai 15 derajat Celsius.

Selain menawarkan keindahan kawasan pegunungan dengan berbagai spot foto. Di desa Ternadi juga terdapat banyak makam petilasan leluhur Pendayangan dan Waliallah. Kedua leluhur tersebut merupakan orang-orang yang menyebarkan agama Islam, khususnya di daerah Kudus.

Harga Tiket Masuk Wana Wisata Ternadi

Harga tiket per orang yang diminta saat memasuki area wisata ini cukup terjangkau. Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Selain itu, untuk beberapa fasilitas di sini juga dipungut biaya yang terpisah dari tiket masuk.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk Rp5.000/orang
Parkir motor/mobil Rp2.000/Rp5.000
Ojek Rp15.000

Baca: THE PEAK VIEW Kudus Tiket & Aktivitas

Jam Buka Wana Wisata Ternadi

Kawasan wisata ini memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Agar bisa menikmati pemandangan secara maksimal, datang saat cuaca cerah. Jam terbaik untuk menikmati matahari terbit di sini yaitu pukul 05.00. Selain itu untuk menikmati pemandangan langit dan pegunungan dengan jelas, bisa datang pukul 07.00-09.00.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Area Menarik untuk Berfoto di Wana Wisata Ternadi

Pengunjung sedang berfoto di salah satu area di Wana Wisata Ternadi
Wana Wisata Ternadi terkenal memiliki banyak area berfoto yang unik dan menarik, seperti gardu pandang dengan aneka bentuk hingga bunga matahari raksasa. Foto: Google Map/Batemon Bate

Wana Wisata Ternadi menawarkan wisata foto bagi pengunjungnya. Banyak area berfoto dengan bentuk-bentuk yang unik berdiri di sini. Salah satu area yang menjadi lokasi favorit untuk berfoto yaitu di gardu pandang.

Ada beberapa gardu pandang dan yang paling tinggi berada di sebelah landmark. Di sini juga terdapat ornamen papan kayu yang tersusun membentuk tulisan I Love You. Selanjutnya ada juga replika bunga matahari raksasa, di mana pengunjung bisa duduk di tengahnya. Area lainnya yaitu beberapa bangku dengan bingkai berbentuk hati, rumah, dan kupu-kupu.

Selain itu, terdapat spot foto perahu dari bambu lengkap dengan dayungnya. Perahu ini bisa menampung maksimal 2 orang dewasa. Uniknya, di sini bisa menghasilkan foto seperti sedang berlayar di atas awan. Ada juga tempat berfoto di sarang burung raksasa serta tempat duduk kurungan yang berbentuk oval. Dari tempat-tempat berfoto ini, pemandangan pegunungan dan hamparan perkebunan bisa menjadi latar belakangnya.

Pemandangan Bentang Alam

Pemandangan alam di Wana Wisata Ternadi
Selain banyak area berfoto, pemandangan alam yang ada di sini juga sangat menawan, seperti pegunungan, langit biru yang cerah, serta gumpalan awan putih. Foto: Google Map/ Ma’ruf Amien

Pegunungan dan langit yang cerah dengan gumpalan awan merupakan pesona utama di sini. Selain itu di bagian bawah, sejauh mata memandang, panorama kebun dan pemukiman warga juga terlihat memukau. Salah satu tempat yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan tersebut yaitu di gardu pandangnya, Gardu pandang tersebut berada di dekat landmark lokasi wisata ini. Dari sini seluruh pemandangan bisa terlihat, terlebih saat cuaca cerah.

Bagi yang ingin lebih lama menikmati keindahan bentang alamnya bisa berkemah. Selama berkemah akan lebih mudah untuk melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Untuk menikmati pemandangan matahari terbit, sebaiknya bersiap mulai pukul 05.00-05.30. Kemudian, jika tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbenam, sebaiknya berada di sini pukul 17.00-17.30.

Layanan Unik di Wana Wisata Ternadi

Ada hal unik yang ditawarkan di lokasi wisata ini. Akibat jalanan menurunnya yang begitu curam, membuat kendaraan sering bermasalah pada saat mengerem. Cakram dan rem tersebut akan menjadi lebih cepat panas dan cukup membahayakan.

Melihat masalah tersebut, pihak pengelola bekerja sama dengan warga sekitar memberikan pelayanan penyiraman cakram dan rem. Penyiraman tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendinginkan rem dan cakram. Fasilitas ini diberikan secara gratis bagi pengunjung yang membawa motor. Namun, apabila tidak berani membawa motor sendiri ke atas, di sini tersedia juga jasa ojek pangkalan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia tergolong cukup lengkap. Tersedia toilet, musala, dan lahan parkir di sini. Selain itu, sebagai wisata berfoto, di sini tersedia beragam area foto yang unik dan menarik. Untuk menikmati suasana alam, di sini juga tersedia gazebo dan beberapa warung makan. Terdapat taman bunga yang indah di area wisata ini bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan santai. Agar lebih mudah dan aman menuju ke sini, tersedia juga beberapa tukang ojek pangkalan.

Lokasi Wana Wisata Ternadi

Wana Wisata Ternadi berlokasi di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pengunjung bisa berangkat dari Alun-Alun Kudus menuju ke Pasar Dawe. Jarak dari Kudus ke area Wisata Ternadi ini yaitu sekitar 18 km dengan waktu tempuh selama 30 menit. Dari sini ambil jalan ke utara sampai bertemu plang menuju Desa Ternadi. Jika sudah masuk ke desa, pengunjung sudah dekat dengan lokasi wisata ini.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 15

Berikan Rating