Beranda Tiket Wisata

CURUG SONG Banyumas: Tiket & Ragam Aktivitas - Februari 2021

Curug Song Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.30 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Kalisalak, Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53172.

Curug Song adalah air terjun sekaligus kawasan wisata di Kabupaten Banyumas. Lokasi tepatnya berada di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen. Air terjun ini baru dikembangkan secara komersial sejak tiga tahun terakhir. Sebelumnya, bisa air terjun ini agak sulit untuk dikunjungi.

Namun saat ini, sudah dibuka kawasan wisata dengan Curug Song sebagai pusat daya tariknya. Kawasan ini terdiri dari jalur trekking dengan aneka wahana wisata di sepanjang jalurnya. Mulai dari wahana permainan seperti flying fox hingga spot selfie kekinian ada di sini. Semuanya bisa dikunjungi dan dinikmati bersama keluarga.

Tiket Masuk Curug Song

Kawasan wisata Curug Song termasuk tempat rekreasi yang ekonomis. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar sepuluh ribu rupiah per orang untuk tiket masuk. Wahana wisata di dalamnya memberlakukan tiket terpisah. Namun, harganya dijamin masih tetap ramah di kantong.

 Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp10.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp7.000
Tiket Aktivitas (Flying Fox, ATV, Sepeda Gantung, Sepeda Air)mulai dari Rp20.000
Istana KelinciRp2.000

Baca: 14 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Buka

Curug Song dibuka setiap hari untuk wisatawan umum. Pengunjung bisa datang baik pada pagi hari atau sore hari. Waktu terbaik untuk menikmati curug adalah saat menjelang musim hujan. Debit airnya cukup banyak dan airnya pun dalam kondisi jernih.

Jam Operasional
Setiap Hari07.30 – 17.00 WIB

Rekreasi Seru Curug Song

eksotisme air terjun di lembah Kabupaten Banyumas
Curug Song adalah salah satu air terjun yang menjadi opsi destinasi wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini menawarkan wisata alam yang cocok untuk semua kalangan – Foto: Google Maps / – Dedy Nuryansen

Satu lagi destinasi wisata alam yang wajib masuk daftar liburan di Kabupaten Banyumas. Ialah Curug Song, sebuah air terjun cantik di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen. Seperti air terjun alami pada umumnya untuk sampai ke area curug akan membutuhkan trekking. Ini karena lokasinya berada agak di dalam hutan.

Namun, yang membedakan Curug Song dari curug lainnya ialah pengembangan area wisatanya. Tidak tanggung-tanggung, area sebelum lokasi curug dibuat bagaikan taman bermain di alam. Tersedia aneka wahana dan atraksi wisata yang menarik di sini. Curug Song menawarkan sensasi trekking ke air terjun dengan ‘bumbu’ yang agak berbeda.

Baca: Curug Jenggala Banyumas Tiket & Daya Tarik Wisata

Jalur Trekking Panjang

jalan setapak untuk trekking dibuat senyaman mungkin untuk pengunjung Curug Song
Jalur trekking yang berlapis batu membentang sejauh kurang-lebih 500 meter  dari gerbang masuk hingga ke lokasi curug – Foto: Google Maps / Bandang Darmawan

Tidak semua orang terbiasa dengan aktivitas berjalan kaki jarak jauh. Sayangnya, kunjungan ke curug biasanya tidak jauh dari kegiatan berjalan kaki. Kebanyakan lokasi curug hanya bisa dijangkau dengan perjalanan tanpa kendaraan ke dalam hutan. Begitu juga dengan air terjun yang satu ini.

Untuk sampai ke curug, wisatawan tidak bisa menghindar dari aktivitas trekking. Tetapi, trekking di sini memang disajikan dengan suasana yang agak berbeda. Jalur trekking yang panjang pun tidak akan terasa saat berkunjung kemari.

Jalan setapak menuju curug sudah dibuat sebaik dan senyaman mungkin. Selain itu, sepanjang jalan tersedia perpaduan suasana alam dan wahana rekreasi yang asyik. Spot foto, tempat istirahat, taman hewan, dan ragam wahana permainan siap untuk dinikmati. Meski alurnya berkelok-kelok dan naik-turun, rasa pegal di kaki tentu takkan terasa.

Baca: Curug Cipendok Banyumas Menyajikan Keasrian Alami

Wahana Rekreasi

salah satu wahana yaitu istana kelinci
Berwisata ke Curug Song tidak hanya memburu air terjun, tetapi juga aneka wahana wisatanya. Salah satu wahana yang ditawarkan yaitu istana kelinci – Foto: Google Maps / – Creative inyong

Jalur trekking menuju lokasi air terjun dikembangkan menjadi semacam taman bermain terbuka. Beraneka wahana wisata serta pemandangan menarik tersebar di sepanjang jalannya. Sehingga, perjalanan menuju air terjun pun tidak terasa membosankan. Apalagi wahana wisata yang ada bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Taman hewan adalah salah satu ciri khas kawasan wisata Curug Song. Terdapat hewan-hewan seperti rusa, kera, burung hias, dan kelinci di sini. Istana kelinci adalah salah satu favorit pengunjung anak-anak. Selain bisa memberi makan kelinci, anak-anak juga bisa bermain di dalam area kandangnya.

Wahana lainnya yaitu ragam aktivitas fisik yang seru untuk dijajal bersama keluarga. Ada sepeda air, flying fox, wahana outbond, ATV, hingga yang menantang seperti sepeda gantung. Semuanya bisa dicoba dengan membeli tiket terpisah dengan harga terjangkau.

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Spot Selfie

pengunjung berpose untuk selfie di salah satu dek selfie 'Pintu Surga'
Sepanjang jalan menuju curug, tersebar beragam spot foto kreatif dan menarik. Semuanya menyajikan latar belakang pemandangan yang berbeda dan bisa dicoba secara cuma-cuma – Foto: Google Maps / Tri Teha

Saat ini, kegiatan wisata tidak bisa terlepas dari aktivitas swafoto atau berfoto bersama. Banyak tempat wisata alam yang membuka area atau spot khusus untuk berfoto. Spot ini juga seringkali diwarnai ornamen dan dekorasi kreatif. Begitu juga dengan kawasan wisata Curug Song.

Sepanjang jalur trekking, pengunjung bisa beristirahat sambil memanfaatkan spot selfie yang ada. Setiap titik menyajikan pemandangan alam yang beragam. Ada juga spot dengan pemandangan langsung ke air terjun di kejauhan. Pengunjung tinggal memilih tempat berfoto terbaik sesuai selera masing-masing.

Baca: Dreamland Water Park Banyumas Tiket & Wahana

Tujuan Akhir: Curug Song

panorama Curug Song dari jauh
Indahnya Curug Song yang mengalir di dinding tebing dari ketinggian hampir 20 meter – Foto: Google Maps / May Candra Santosa

Setelah asyik berfoto, jangan sampai perjalanan berhenti. Lanjutkan trekking menuju lokasi. Dari jauh pun, pemandangan air terjun ‘langsing’ yang mengalir di dinding tebing ini sudah bisa terlihat.

Curug Song mungkin lebih tepat disebut sebagai aliran air dibandingkan air terjun. Air terjun ini memiliki beberapa tingkat di bagian atasnya. Aliran airnya tidak terlalu deras, apalagi di musim kemarau yang cenderung kering.

Namun, segarnya air dari curug ini akan jadi pelepas lelah setelah berjalan kaki. Pengunjung bisa bermain di aliran sungainya yang jernih untuk menyegarkan diri. Ingat, jangan bermain terlalu dekat dengan jatuhan air terjun terutama jika tidak bisa berenang. Kedalaman kolamnya bisa mencapai 3 meter lebih, lho.

Baca: THE VILLAGE Baturraden Tiket & Ragam Wahana

Fasilitas Curug Song

Fasilitas umum yang tersedia sudah sangat lengkap. Di area parkir, pengunjung sudah bisa menemukan banyak warung hingga toko oleh-oleh. Mushola dan sejumlah toilet bersih juga tersedia di sepanjang jalur trekking. Gazebo dan tempat duduk untuk beristirahat pun tidak sedikit jumlahnya.

Wahana wisata yang bisa dinikmati yaitu taman hewan, istana kelinci, spot-spot selfie, dan wahana outbond. Ada juga aktivitas seperti sepeda air, flying fox, ATV, dan sepeda gantung. Selain itu terdapat arena bermain anak-anak di beberapa titik.

Akses & Lokasi Curug Song

Air terjun ini terletak di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hanya memerlukan sekitar 20 menit jika berangkat dari Alun-Alun Banyumas via Binangun. Bagi pengunjung yang berangkat dari Purwokerto via Kebasen, butuh waktu sekitar 40 menit. Wisatawan bisa menggunakan mobil, motor, atau sepeda.

Jalan desa menuju air terjun sudah dalam keadaan baik. Meski jalannya agak sempit, namun tidak ada kondisi jalan rusak yang berarti. Jalur trekking menuju lokasi curugnya pun sudah terpenuhi oleh fasilitas jalan yang bagus. Jalannya berlapis batu dan melintasi berbagai wahana wisata.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini