Beranda Tiket Wisata

Curug Jenggala Tiket & Daya Tarik Wisata - Desember 2019

Tgl. Update:Jumat, November 15, 2019
Curug Jenggala Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger,Baturraden,Banyumas,Jawa Tengah,Indonesia,53152.

Ternyata Banyumas memiliki destinasi wisata yang hits dan instagrammable sejak tahun 2016. Tempat tersebut adalah Curug Jenggala, air terjun memukau hasil pertemuan dua aliran sungai. Objek wisata ini dapat dikenali dengan jajaran tiga air terjun yang deras dan dek swafoto berbentuk hati. Air terjun ini bisa ditemukan jika berkunjung ke Dusun Kalipagu, Kabupaten Banyumas.

Tiket Masuk

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya tiket Curug Jenggala. Tarif tiket masuknya sangat terjangkau dan berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Tiket ini sudah termasuk tarif memasuki objek wisata Kalipagu, sepert Curug Panganten dan Curug Muntu.

Harga Tiket
Tiket masukRp8.000
ParkirRp2.000 – Rp5.000
OjekRp10.000

Baca: 7 Tempat Wisata Banyumas Paling Seru

Jam Buka

Objek wisata air terjun ini bisa dikunjungi oleh kalangan umum setiap hari. Biasanya, Curug Jenggala ramai pada musim liburan sebagai destinasi wisata keluarga.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Pesona Curug Jenggala Banyumas

Curug Jenggala
Lanskap Curug Jenggala yang memiliki empat air terjun dari Sungai Mertelu dan SUngai Banjaran – Foto: Google Maps/Taufik Muhammad

Curug Jenggal adalah air terjun setinggi kurang lebih 30 meter yang berada di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu rangkaian air terjun yang berada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya, Curug Jenggala memiliki nama Curug Tempuan, mewakili kondisinya yang menjadi pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Tempat wisata ini semakin menarik banyak pengunjung, terutama dari kalangan anak muda, setelah ditata menjadi tempat yang cantik dan menarik untuk berswafoto. Meski membutuhkan waktu untuk dicapai, namun akses jalan menuju air terjun kini sudah sangat rapi dan tertata. Rasa lelah akan terlupakan dengan pemandangan alam Gunung Slamet yang masih hijau dan terjaga.

Baca: Curug Cipendok Menyajikan Keasrian Alami

Jalur Trekking Memesona

Aliran pipa PLTA
Aliran pipa PLTA Ketenger yang menghiasi jalur trekking menuju Curug Jenggala – Foto: Google Maps/Setyo Budi Utomo

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus melalui jalan setapak sekitar 800 meter. Jalan ini bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Kendaraan pribadi akan diparkirkan di halaman rumah warga setempat.

Jalan setapak yang harus dilalui dari area parkir berupa jalan berlapis bebatuan yang rapi dengan lebar 1 meter. Jangan khawatir, karena perjalanan ini akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang indah. Mulai dari jalur pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, serta Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan. Hati-hati ketika mulai memasuki kawasan hutan, karena kondisi jalan akan semakin terjal, curam, dan licin.

Baca: Caping Park Purwokerto Tiket & Wahana

Panorama Asri

Jalur trekking
Jalan setapak yang tertata rapi menuju lokasi Curug Jenggala – Foto: Google Maps/Rasito HS

Setelah menyusuri jalan setapak, pengunjung akan tiba di gapura Jenggala. Dari sini tinggal 150 meter lagi menuju lokasi curug. Jika sempat, kunjungi Sendang Candrakirana sebelum melanjutkan perjalanan. Sendang ini memiliki air terjun kecil dan menampung air langsung dari mata air pegunungan, sehingga jernih dan bersih.

Curug Jenggala dapat dicapai setelah 150 meter menyusuri jalan setapak berbatu. Panorama tiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut wisatawan. Jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung tinggal turun ke bawah melalui tangga batu dan jembatan.

Baca: Air Terjun Jumog Tiket & Aktivitas

Karena arus dan debit air yang tinggi, terdapat larangan untuk berenang atau bermain air di dekat air terjun. Namun, pengunjung tetap diperbolehkan menikmatinya dari pinggir sungai atau dari bebatuan yang tersebar di sungai. Angin akan mengembuskan butiran-butiran air dan memberikan hawa sejuk.

Spot Swafoto Hits

Love Deck Selfie Spot Curug Jenggala
Dek swafoto berbentuk hati, ikon wisata alam Curug Jenggala – Foto; Google Maps/Ilham Wahyu Alfian

Ciri khas dari objek wisata Curug Jenggala adalah dek berbentuk hati yang langsung menghadap ke air terjun dari atas tebing. Jika berfoto di dek ini, pengunjung akan mendapatkan latar panorama Curug Jenggala secara keseluruhan. Dek ini menjadi tempat wajib untuk mengabadikan kenang-kenangan berwisata di sini.

Tempat lainnya yang juga cocok menjadi spot foto cantik adalah jembatan cinta. Jembatan tersebut berada di bawah tebing dan melintasi sungai yang dialiri air dari air terjun ini. Awalnya, jembatan  ini hanya berupa jembatan bamboo sederhana. Setelah direnovasi, jembatan besi berwarna-warni ini kini menjadi salah satu ikon Curug Jenggala lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Baca: WISATA BATURRADEN 14 Area Wisata Unggulan

Objek Wisata Sekitar

Double Love Deck
Dek swafoto dengan pemandangan DAM PLTA Ketenger – Foto: Google Maps/Fafa Fatimah

Setelah puas meikmati keindahan Curug Jenggala, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata lain yang ada di sekitarnya. Selain Sendang Candrakirana, terdapat dek swafoto lainnya yang berbentuk dua hati saling bertumpuk. Dek ini menawarkan pemandangan langsung ke DAM PLTA Ketenger.

Tidak jauh dari DAM PLTA, terdapat curug lainnya yang tidak kalah indah, yaitu Curug Muntu. Curug lainnya yang ada di sekitar Curug Jenggala adalah Curug Panganten dan Curug Cipokol yang menawan. Ada juga Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu, sebuah lokasi pemandian air panas alami dengan tujuh pancurannya yang unik.

Baca: 6 Tempat Wisata Baturraden Paling Menarik

Fasilitas Curug Jenggala

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata ini yaitu area parkir, toilet, ruang ganti, mushola, dan kios-kios makanan. Tersedia beragam jenis penginapan di sekitar kawasan wisata. Bagi yang tidak kuat berjalan kaki, dapat menggunakan ojek dengan tarif tertentu.

Lokasi Curug Jenggala

Curug Jenggala adalah bagian dari kompleks dusun wisata Kalipagu. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Waktu tempuh dari Purwokerto menuju objek wisata ini sekitar 30 – 45 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rutenya adalah Baturaden melalui Jalan Raya Baturaden hingga pertigaan Desa Ketenger, kemudian belok ke arah Curug Bayan. Sampai di Curug Bayan, pilih jalan naik menuju Dusun Kalipagu.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here