Beranda Tiket Wisata

Air Terjun Semirang Tiket Murah Ada Kolam Renang Alami - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Samirang : Rp10.000Jam Buka: 08.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Loket wisata, Gogik, Ungaran Barat , Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50551

Air Terjun Semirang merupakan salah satu wisata curug yang ada di Semarang. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Dengan area sekitarnya penuh dengan pepohonan pinus yang asri. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa satwa kecil yang sering berlalu lalang. Wisata air terjun ini memiliki nama lain yaitu Curug Semirang. Tidak hanya air terjun, wilayah ini juga dikelola sebagai kawasan wisata buatan.

Terdapat kolam renang yang terletak di antara pepohanan, seolah seperti berada di tengah hutan.  Pada tahun 1955, kawasan ini berdiri dengan bantuan dari Perhutani lewat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Lokasi wisata ini berada di atas lahan seluas 10 hektar. Di sini pengunjung juga bisa berkemah di lokasi yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang

Jika ingin berwisata ke sini, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga tersebut sudah termasuk wahana kolam renang. Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa tenda untuk berkemah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang
Per orangRp10.000

Baca: Air Terjun Curug Lawe Benowo Ungaran Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang beroperasi mulai dari pagi hingga sore setiap harinya. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini yaitu sepanjang hari. Meskipun siang hari  areanya tidak terasa panas, karena rimbunnya pepohonan di sekitar kawasan.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 16.00

Menikmati Pemandangan Air Terjun Semirang

Pemandangan curug di kawasan eisata Air Terjun Semirang
Daya tarik utama di kawasan Air Terjun Semirang yaitu pemandangan curugnya yang memiliki ketinggian 45. Foto: Google Map/Cicilia Nuryati

Daya tarik utama di area wisata ini yaitu pemandangan air terjunnya yang menyejukkan. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 m. Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km. Sepanjang perjalanan, akan terdengar suara gemericik air dan harus menyeberangi sungai kecil yang merupakan muara air terjun. Selama perjalanan wisatawan bisa berjumpa beberapa satwa kecil seperti burung, kadal, sampai tupai berekor panjang. Tupai tersebut merupakan salah satu satwa langka yang ada di sini.

Untuk menuju ke air terjun sebaiknya saat cuaca tidak hujan. Hal ini karena jalur menuju air terjun cukup terjal dan licin. Saat hujan, maka jalur tersebut akan semakin sulit untuk dilalui. Meski begitu, sepanjang perjalanan menuju air terjun terdapat bangku-bangku untuk beristirahat. Selain itu, terdapat juga warung dan pedagang kaki lima jika tidak membawa bekal makanan. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan air terjun sambil berkemah. Terdapat area untuk berkemah sekaligus tempat penyewaan tenda dan alat-alat untuk berkemah.

Baca: Coban Parang Tejo Malang Tiket & Ragam Wahana

Berenang di Kolam Berair Hijau

Kolam renang berair hijau di tengah pepohonan pinus
Di Kawasan Air Terjun Semirang terdapat kolam renang berair hijau yang berasal dari mata air Gunung Ungaran. Foto: Google Map/Ricky Januart

Selain air terjun, di sini juga terdapat kolam renang dengan nuansa alami. Pinggiran dan dasar kolam ini tidak dibuat dengan keramik, melainkan dipasangi dengan bebatuan. Kesan alami juga ditambah dengan air kolamnya yang berwarna hijau alami. Meski berwarna hijau, air ini terjamin bersih dan jernih. Karena air kolamnya berasal dari mata air dari kaki Gunung Ungaran.

Airnya yang dingin dan sejuk shingga berenang di sini bisa membuat pikiran dan badan menjadi rileks. Kemudian, karena terletak di antara pepohonan Pinus yang asri, suasananya semakin terasa menenangkan. Bahkan dari sini bisa terdengar suara kicauan burung dan gemericik air dari sungai yang ada di sekitarnya. Selain berenang, pengunjung juga bisa duduk-duduk di sekitar kolam sambil menikmati segelas es kopi yang dijual oleh café di sekitar kolam.

Baca: COBAN PELANGI Tiket & Aktivitas

Kaya Lokasi Berfoto Cantik

Berfoto di rumah pohon Air Terjun Semirang
Ada beberapa area foto menarik yang ada di Air Terjun Semirang, salah satunya yaitu rumah pohon dan anak-anak tangganya. Foto: Google Map/Nandang Pitoyo

Terdapat beberapa lokasi foto yang menarik di sini. Salah satunya yaitu di area air terjun. Dengan menggunakan air terjun sebagai latar belakang bisa membuat foto terlihat menyejukkan. Selain itu di sini juga tersedia rumah pohon dengan cukup banyak anak tangga untuk naik ke lantai atas. Dari rumah pohon bisa terlihat pemandangan seluruh area wisata dan menarik sebagai tempat berfoto.

Selanjutnya pengunjung juga bisa berfoto di area sekitar kolam atau di jalan setapak dengan pohon Pinus di kanan dan kirinya. Berfoto di sini bisa terlihat sedang akan menjelajah ke dalam hutan. Tidak hanya itu, bangku-bangku yang tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun juga bisa digunakan sebagai tempat berfoto yang terlihat asri.

Baca: 20+ Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Mitos yang ada di Air Terjun Semirang

Selain menyajikan keindahan alam, Air Terjun Semirang juga menyimpan cerita mitos yang menarik. Pada zaman dahulu ada seseorang perempuan yang sudah bersuami yang bernama Sari. Kala itu Sari sedang mandi di air terjun. Namun, saat sudah selesai mandi dan memakai kain jariknya, datang jin yang bernama Barok.

Melihat keberadaan Jin Barok, Sari terkejut dan ingin melarikan diri. Namun, saat hendak melintasi lereng yang dipisahkan oleh jurang, kain jariknya ditarik oleh jin tersebut. Akibatnya, Sari terpaksa telanjang saat melanjutkan untuk melarikan diri. Lepasnya kain jarik Sari merupakan awal mula penamaan dari Semirang. Kata dasar dari Semirang yaitu Wirang yang memiliki arti malu.

Fasilitas di Air Terjun Semirang

Fasilitas umum yang ada di area Air Terjun Semirang yaitu toilet, kamar mandi bilas, kamar ganti, musala, dan tempat parkir. Selain itu di sini juga tersedia kolam renang dan banyak area berfoto. Tak hanya itu, di sini juga tersedia café, warung makan, dan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan.

Lokasi Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang berlokasi di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke sini pengunjung bisa menggunakan motor maupun mobil. Air terjun ini jaraknya 15 km dari Kota Ungaran. Bawa kendaraan melaju di jalan raya Semarang-Solo sampai bertemu Kampus Stikes Ngudi Waluyo. Dari sana naik ke arah kanan untuk menuju ke Gunung Ungaran dan sampai di kawasan wisata air terjun ini.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 18

Berikan Rating