KALIKESEK Harga Tiket dan Ragam Aktivitas April 2024

  • Harga Tiket Masuk Kalikesek: Rp2.000 - Rp20.000
  • Jam Buka: 06.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: +6285741171957
  • Alamat: Dusun Kalikesek, Sriwulan, Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51383

Kalikesek merupakan destinasi wisata alami yang ada di pedesaan. Tempat ini merupakan sebuah objek wisata unggulan dari Dusun Kalikesek. Daya tarik utamanya yaitu persawahan serta suasana teduh dengan pepohonan. Seperti pohon kelapa serta pohon aren yang memberi banyak manfaat bagi penduduk desa.

Desa wisata Kalikesek ini memiliki sungai yang jernih, kolam renang, hingga kolam pancing. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan permainan outbound yang seru. Untuk berkemah pun tempatnya sangat oke karena banyak tanah yang lapang. Udaranya juga sejuk, damai, dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Harga Tiket Masuk Kalikesek

Tiket masuk wisata Kalikesek sangat murah dan ramah di kantong mulai dari Rp2.000an saja. Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar retribusi parkir. Beberapa wahana ada yang berbayar, namun tetap terjangkau. Jadi berwisata ke tempat ini pasti tidak akan mengeluarkan banyak uang.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp2.000
Parkir Motor, Mobil, BusRp2.000, Rp5.000, Rp10.000
Kolam RenangRp5.000
Menunggang KudaRp20.000
Harga Tiket Masuk Kalikesek

Baca: CURUG SEWU Kendal Tiket, Jam Buka dan Daya Tarik

Jam Buka Kalikesek

Desa wisata ini buka dari 06.00 – 18.00. Meskipun begitu kawasannya sebenarnya terbuka untuk umum selama 24 jam sebagai tempat berkemah. Pengunjung bisa bermalam di tempat wisata tersebut. Selain itu ada pasar kuliner yang terselenggara setiap hari Sabtu dan Minggu saja.

HariJam Operasional
Setiap Hari – Tempat Wisata06.00 – 18.00 WIB
Sabtu dan Minggu – Kuliner di Gazebo08.00 – 18.00 WIB
Jam Buka Kalikesek

Berbagai Aktivitas Menarik di Kalikesek

Pemandangan yang alami di objek wisata Kalikesek
Pemandangan yang alami dengan suasana pedesaan. Foto: google maps/Azis Zark

Kalikesek merupakan tempat wisata yang sederhana dan masih natural. Di sini wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan sungai dan pegunungan. Berikut ini merupakan sejumlah daya tarik dan aktivitas menarik.

View Persawahan dan Gunung Unggaran

Objek wisata ini menawarkan potret alam yang sangat asri. Sawah membentang luas dengan menerapkan sistem terasering. Sangat mirip seperti sistem persawahan yang sering diterapkan di Bali. Suasananya pun menyejukkan karena banyak pepohonan hijau.

Objek wisata ini cocok bagi wisatawan yang ingin rileks dan liburan dengan tenang. Bonusnya, wisatawan dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Ungaran. Karena memang lokasi desa terletak di kaki Gunung Ungaran. Di samping itu, tempat wisata ini kaya akan spot foto alami nan Instagramable.

Baca: RIVER WALK BOJA Harga Tiket Masuk dan Wahana

Bermain di Sungai Alami

Objek pemandian sungai di Kalikesek
Wisatawan bisa bermain air dan mandi di sungai yang melintasi desa, airnya bersih dan jernih. Foto: google maps/Ardiyan Putranto

Hal menarik yang mengundang ketertarikan yaitu sungai alami yang airnya jernih. Sungainya memiliki banyak batu-batu besar dan debit air yang mengalir juga tidak deras. Sehingga aman untuk anak-anak yang ingin bermain air di sungai.

Kolam Renang

Tempat wisata ini menawarkan 3 pemandian kolam renang. Airnya jernih dan lumayan dingin karena pengaruh hawa pegunungan. Kebersihan kolam renang tidak perlu diragukan karena berasal dari air pegunungan yang tanpa kaporit. Jadi kolam di Kalikesek berbeda dari kolam renang lainnya, karena tidak mengandung bahan kimia.

Terapi Ikan dan Kolam Pancing

Kolam terapi ikan di Kalikesek
Kolam terapi ikan Foto: google maps/Ardiyan Putranto

Desa wisata ini juga memiliki kolam terapi ikan dan kolam pancing yang bisa pengunjung nikmati secara gratis. Terapi ikan ini cocok untuk pengunjung yang ingin memanjakan diri dan menyehatkan kulit. Karena terapi ikan dapat mengangkat sel-sel kulit mati di kaki pengunjung. Setelah itu wisatawan bisa memancing pada kolam ikan yang dikelola BUMDES setempat.

Baca: Santosa Stable Kendal Harga Tiket dan Wahana

Berkuda di sekitar Kalikesek yang asri
Berkuda di sekitar desa yang asri. Foto: google maps/Muhammad Muhdasir Grab

Bagi yang ingin berkeliling desa, bisa menyewa jasa kuda tunggang. Harganya terjangkau dengan durasi jarak kurang lebih 6 menit. Untuk wisatawan yang masih awam untuk menunggangi kuda tentu akan didampingi oleh pawangnya.

Berkemah di Desa Kalikesek

Suasana pedesaan yang masih alami seperti di Kalikesek sangat sempurna untuk camping ground. Di sini tersedia area camping khusus dengan pemandangan ciamik. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di rental kawasan Kendal.

Eduwisata Pembuatan Gula Aren

Wisatawan dapat berwisata sambil belajar hal baru. Karena terdapat wisata edukasi proses pembuatan gula aren bersama Kendal Travel Mart. Wisatawan dapat melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan air nira sampai menjadi gula. Produk gula aren Kalikesek terkenal memiliki rasa manis legit dan aroma kuat.

Di desa ini memang mempunyai banyak pohon aren. Mayoritas penduduk lokal memanfaatkan pohon aren untuk menjadi bahan baku gula. Kemudian buah arennya akan dijadikan kolang-kaling yaitu camilan pelengkap minuman manis. Kesimpulannya bahwa pohon aren memiliki banyak manfaat bagi warga desa.

Wisata Kuliner di Kalikesek

Wisatawan yang berwisata ke desa ini boleh membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Namun sebaiknya pengunjung jangan melewatkan jajanan yang ditawarkan para pedagang di sekitar lokasi. Karena jajanan tersebut spesial dan unik ala pedesaan serta pembuatannya masih tradisional. Misalnya seperti comro gambus, putu mayang, kue aren kukus, hingga bubur sumsum.

Tersedia area kuliner di gazebo besar Arenan Kalikesek setiap Sabtu dan Minggu. Menjual beraneka kudapan ataupun makanan utama yang menyehatkan tanpa bahan kimia. Harganya pun ramah di kantong pengunjung. Wisatawan dapat menikmati sarapan, makan siang, atau makan sore sambil menikmati panorama sawah.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia yaitu toilet serta tempat parkir. Kemudian ada juga fasilitas berupa gazebo dan gardu pandang. Bagi pengunjung yang ingin beribadah bisa menunaikannya di Masjid Al Ikhlas.

Lokasi Desa Kalikesek

Desa wisata ini berlokasi di Sriwulan, Kec. Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Dari Pusat Kabupaten Kendal ke lokasi berjarak 32 Km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 1 menit.

Berikan Rating

4.7 - 54 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *