Beranda Tiket Wisata

GUNUNG UNGARAN: Tiket & 4 Jalur Pendakian - Maret 2021

Gunung Ungaran Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: -, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Kawasan Jawa Tengah memiliki koleksi gunung berapi yang tak sedikit. Beberapa gunung tersebut bahkan sangat populer, seperti Gunung Merapi dan Merbabu. Namun ada juga gunung yang namanya jarang terdengar seperti Gunung Ungaran. Padahal sebenarnya gunung ini menyimpan potensi wisata yang besar.

Gunung Ungaran terletak di Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.050 meter. Tidak terlalu tinggi, namun tetap menarik untuk didaki. Selain sebagai tujuan pendakian, sejumlah objek wisata lain tersebar di kawasan lerengnya.

Tiket Masuk Gunung Ungaran

Pengunjung yang ingin mendaki Gunung Ungaran perlu membayar biaya registrasi. Tiket pendakian belum termasuk tarif parkir mobil atau motor.

Tiket Masuk
Biaya RegistrasiRp10.000
Parkir MobilRp10.000
Parkir MotorRp5.000

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Jam Buka

Gunung Ungaran sebenarnya bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Namun, ada jam khusus yang berlaku untuk registrasi pendakian. Pendaki pun hanya terbatas hingga 300 orang per hari. Ini untuk mencegah penumpukan pendaki terutama selama masa pandemi.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam
Registrasi Pendakian13.00 – 19.00 WIB

Gunung Ungaran nan Menantang

Pendaki menyaksikan matahari terbit di Puncak Ungaran
Menyaksikan panorama matahari terbit dari puncak Gunung Ungaran jadi hadiah spesial setelah melalui perjalanan yang melelahkan – Foto: Google Maps / Laksamana Balinga

Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kawasan kaki gunungnya memiliki banyak sumber mata air panas. Namun, gunung ini belum pernah tercatat meletus. Kondisinya relatif aman untuk pendakian maupun wisata.

Tinggi gunung ini sekitar 2.050 mdpl. Lerengnya banyak terdapat kawasan kebun teh dan bumi perkemahan. Di balik penampilannya yang tak seberapa, ada jalur pendakian yang luar biasa. Jalurnya terkenal terjal dan cocok bagi para pendaki berpengalaman.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Jalur Pendakian Gedong Songo

Pendaki melintasi padang rumput dan semak di kawasan puncak Gunung Ungaran
Gunung Ungaran memiliki tiga puncak dengan Puncak Ungaran di titik tertinggi – Foto: Google Maps / Rid Pandu

Jalur ini dimulai dari taman wisata Candi Gedong Songo. Ini merupakan jalur yang cukup berat. Jalannya melewati hutan dan dipenuhi semak belukar. Wajar saja karena jalur ini adalah tempat warga sekitar merumput atau mencari kayu.

Perjalanan diawali dari Hutan Cemara. Perhatikan jalan karena hanya ada beberapa papan petunjuk saja. Pendaki akan langsung berhadapan dengan tanjakan yang terjal. Selanjutnya, medan pendakian menjadi hutan lamtoro diikuti jalur ilalang.

Di sini, pendaki perlu waspada karena jalan berada di samping jurang. Sementara itu rumput ilalang pun cukup tinggi dan menghalangi pandangan. Sepanjang jalan akan penuh semak belukar yang rimbun. Belum lagi kemiringan jalan yang mencapai lebih dari 60 derajat.

Jalur Gedong Songo akan menggiring pendaki ke Puncak Botak. Puncak ini merupakan tanah datar yang ditumbuhi rerumputan. Selanjutnya pendaki bisa mengakhiri perjalanan di sini atau bisa ke Puncak Ungaran yang lebih tinggi.

Baca: GUNUNG TELOMOYO: Tiket & Ragam Aktivitas

Jalur Promasan

Berfoto ria di area kebun teh
Lereng Gunung Ungaran banyak memiliki area perkebunan teh yang indah – Foto: Google Maps / Natasya a

Dari titik start Promasan ke puncak dibutuhkan kurang-lebih 3 jam perjalanan. Jalur ini melalui perkampungan kecil dan juga hamparan kebun teh. Kebun teh Promasan adalah salah satu spot foto cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Awal Jalur Promasan didominasi oleh jalan makadam. Jalan ini berlapis batu dan cukup nyaman untuk dilewati. Jalur ini kemudian akan bertemu dengan jalur Mawar. Pertemuan keduanya berupa lahan datar yang biasanya dijadikan tempat berkemah.

Dari campground ini, pendakian sesungguhnya baru akan dimulai. Jalan makadam berganti menjadi jalan setapak tanah merah yang sempit. Pendaki perlu waspada karena jalannya menanjak dan cukup terjal.

Medan ini akan terus menemani hingga Puncak Ungaran. Puncak tertinggi di gunung ini memiliki tanda dengan tiga buah tugu dan tiang bendera. Sebelum area puncak, terdapat lahan untuk berkemah. Pendaki yang ingin melihat sunrise bisa bermalam dulu di sini.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket & Spot Selfie

Jalur Mawar

Campground Mawar adalah opsi jalur pendakian lainnya. Ini merupakan jalur favorit pendaki Gunung Ungaran. Medan jalannya lebih santai di awal perjalanan. Sehingga, pendaki bisa pemanasan terlebih dahulu sebelum mencapai puncak.

Perjalanan hingga ke puncak bisa memakan waktu kurang-lebih 3 jam. Ada tiga pos yang bisa jadi tempat perhentian sementara. Pos 1 (Pos Pronojiwo), pos 2, dan pos 3 (Kebun Kopi). Di setiap pos, pendaki bisa menikmati pemandangan dengan nuansa yang berbeda.

Jalur ini juga memiliki beberapa sumber air di pos 2 dan pos 3. Di pos 3 bahkan terdapat kolam penampungan air terbuka. Selanjutnya dari pos 3, perjalanan ke area kebun teh Promasan. Pemandangan serba hijau dan udara yang sejuk siap menjamu pendaki di sini.

Pendakian selanjutnya kurang-lebih sama dengan Jalur Promasan. Yaitu jalan makadam berubah menjadi jalan tanah yang licin saat musim hujan. Jalannya sempit dan perlu kehati-hatian. Akar pohon dan bebatuan bisa menjadi pegangan.

Baca: Brown Canyon Semarang: Tiket & Aktivitas

Puncak Ungaran

Matahari bersinar dari balik awan
Berkemah di Gunung Ungaran bagaikan bermalam di atas awan – Foto: Google Maps / Emmanuel Setiawan

Gunung Ungaran setidaknya memiliki tiga puncak. Ketiganya yakni Puncak Gendol, Puncak Botak, dan Puncak Ungaran. Puncak Ungaran merupakan yang tertinggi di ketinggian 2.050 mdpl.

Pemandangan yang terlihat dari puncak ini memang menakjubkan. Daya tarik utamanya adalah panorama beberapa gunung sekaligus. Di sebelah selatan, tampak Gunung Merbabu dan Merapi yang berdiri gagah. Terlihat juga panorama Gunung Telomoyo dan Rawa Pening yang cantik.

Agak bergeser ke kanan, ada tiga gunung berjejer. Ketiganya ialah Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau Dieng. Jika ingin melihat seluruh pemandangan ini, disarankan mendaki saat hari cerah.

Baca: SALOKA PARK Tiket & 7 Wahana Terseru

Fasilitas Gunung Ungaran

Di sekitar kawasan Gunung Ungaran terdapat beberapa pos awal pendakian. Pos tersebut yaitu Basecamp Mawar, Basecamp Gedong Songo, dan Basecamp Promasan. Di setiap basecamp juga tersedia area parkir, toilet, dan warung.

Lokasi dan Akses Gunung Ungaran

Ada tiga titik start pendakian Gunung Ungaran. Titik pertama adalah Basecamp Gedong Songo. Basecamp ini berada di komplek Candi Gedong Songo di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Basecamp ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Kota Ungaran.

Titik start selanjutnya adalah Basecamp Mawar. Pos ini berada di atas objek wisata Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan. Gerbang masuknya bisa diakses dari Pasar Jimbaran.

Pos terakhir adalah Basecamp Promasan. Pos ini terletak di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pengunjung bisa berjalan kaki dari Campground Medini atau menggunakan ojek selama 1 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini