Beranda Tiket Wisata

KEBUN TEH MEDINI: Tiket & Pesona Hijau Perbukitan - April 2021

Kebun Teh Medini Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Ngesrepbalong, Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Kebun Teh Medini yang ada di Kendal, Jawa Tengah, mulai menarik minat wisatawan. Meskipun Kendal terkenal sebagai daerah pesisir, namun ada satu kawasannya yang berupa perbukitan. Letaknya berada di lereng Gunung Ungaran. Kawasan sejuk ini terlihat cantik dengan adanya kebun teh.

Hamparan kebun teh menjadi pemandangan utama yang akan dijumpai pengunjung. Ditambah dengan tingginya Gunung Ungaran yang ada di sisi selatan area perkebunan ini. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat gua peninggalan zaman penjajahan Jepang, sehingga terkenal dengan nama Gua Jepang. Selanjutnya adanya bumi perkemahan juga menambah daya tarik dan menjadi favorit wisatawan muda saat hari libur.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Medini

Objek wisata ini dulunya merupakan jalur pendakian Gunung Ungaran. Namun kemudian dialihkan dan berfokus sebagai objek wisata. Dengan tarif masuk yang masih sangat terjangkau per orangnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 3.000

Baca: 3 Destinasi Wisata Terbaik di Kendal

Jam Buka Kebun Teh Medini

Wisatawan bisa mengunjungi objek wisata ini sepanjang hari, dari pagi hingga pagi lagi. Jika tidak ingin menginap, waktu yang tepat adalah pada saat pagi hari. Jika beruntung, wisatawan masih menjumpai kabut yang membuat tempat ini semakin cantik. Namun jika berkemah, wisatawan dapat menyaksikan taburan jutaan bintang di malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Indah dan Sejuknya Kebun Teh Medini

Hamparan HIjau Kebun Teh Medini
Hamparan HIjau Kebun Teh. Foto: Gmap/Yazid Bustomi

Kebun Teh Medini, mendiami kawasan lereng Gunung Ungaran seluas 386 hektar. Kebun teh ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya di tahun 1901. Dan saat ini, kebun teh ini dikelola oleh Pabrik Teh Rumpun Sari Medini. Oleh karena itulah, sejak zaman dulu hingga sekarang, kebun teh ini selalu dalam kondisi baik dan terus berkembang.

Berada di ketinggian 2.050 mdpl, membuat kawasannya begitu sejuk. Wisatawan juga dapat menyaksikan kabut yang menyelimuti areal perkebunan. Biasanya, akan turun kabut di pagi atau sore hari jelang malam. Namun ketika musim hujan tiba, kabut akan seringkali turun bahkan di siang hari. Tampak mistis, sekaligus indah dalam satu waktu ketika kabut turun.

Di hari cerah, wisatawan dapat menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau dan subur. Kelokan di areal kebun tampak seperti labirin dari kejauhan. Pemandangan bertambah indah saat cuaca cerah dan Gunung Ungaran tampak gagah berdiri di sebelah selatan kebun. Perpaduan pemandangan yang indah dan tak akan terlupakan.

Baca: CURUG SEWU Kendal Air Terjun Tertinggi Di Jateng

Menyaksikan Matahari Terbit di Balik Perbukitan

Menikmati Pagi di Kebun Teh Medini
Menikmati Pagi di Kebun Teh Medini. Foto: Gmap/Rudy Wawur

Pagi hari adalah waktu yang tepat berkunjung ke kebun ini. Jika wisatawan sudah menginap di sekitar area perkebunan, atau berkemah, tentu akan lebih mudah. Juga tentu lebih cepat menjangkau kawasan perkebunan di pagi buta. Namun jika belum, maka perlu persiapan supaya tidak ketinggalan momen matahari terbit di sini.

Matahari terbit di sini begitu indah. Warna kuning keemasan dari sinar matahari akan perlahan muncul dari balik perbukitan. Perlahan mulai naik, hingga menyinari seluruh permukaan kebun teh. Kawasan Gunung Ungaran pun tampak perlahan semakin terang dan kabut yang menyelimuti mulai memudar.

Saat pagi inilah, tampak ibu-ibu pemetik teh berjalan di antara tanaman teh. Menggendong keranjang di punggungnya sambil mengenakan caping lebar. Satu per satu tangan ibu-ibu ini dengan terampil memetik pucuk daun teh. Yang kemudian membawa hasil petikan daun teh ini ke pabrik untuk diolah lebih lanjut.

Baca: RIVER WALK BOJA Kendal Tiket & Wahana

Berkemah di Kawasan Bukit Teh

Berkemah di Area Kebun Teh
Berkemah di Area Kebun Teh. Foto: Gmap/Dwi Wahyu Ami Ningtyas

Aktivitas lain yang dapat wisatawan lakukan selain menikmati pemandangan adalah berkemah. Wisatawan dan masyarakat setempat menamai kawasan perkemahan ini dengan Perkemahan Promasan. Areal perkemahan ini berada di tengah-tengah perkebunan teh. Meski begitu, tentu saja areanya tidak mengganggu tanaman teh karena telah menempati lahan khusus.

Umumnya, wisatawan yang berkemah adalah anak-anak muda. Pada saat akhir pekan atau hari libur seringkali memadati kawasan perkemahan . Berkemah di sini dapat menjadi alternatif bagi yang ingin berkemah tapi tidak ingin mendaki. Karena udara dan pemandangan di sini tidak kalah indahnya dengan pemandangan saat naik gunung.

Wisatawan dapat menikmati kesejukan suasana di kebun teh ini. Mulai dari pagi hari, siang, sore, hingga malam hari yang tenang dan damai. Wisatawan juga dapat bercengkrama dan saling berkenalan dengan wisatawan lainnya. Karena lokasi perkemahan memang menjadi satu dan akan banyak wisatawan lain yang memadati area perkemahan.

Gua Jepang di dekat Area Perkemahan

Area wisata ini juga menjadi bukti sejarah kemerdekaan masa lalu Indonesia. Pasalnya, selain kebun teh yang menjadi peninggalan Belanda, ada juga bekas peninggalan Jepang. Yaitu sebuah gua yang berada dekat dengan area perkemahan Promasan. Karena peninggalan Jepang masyarakat setempat menyebut gua ini sebagai Gua Jepang.

Gua Jepang ini berbentuk lubang besar yang dari luar tampak begitu gelap dan dalam. Sedangkan di bagian dinding gua sudah banyak tanaman rambat yang tumbuh. Dari luar pun, bangunan gua hanya berupa tanah dan batu alam saja. Tidak ada bangunan khusus yang sengaja dibuat untuk gua ini.

Masyarakat sekitar maupun wisatawan tidak ada yang berani masuk. Karena memang dari luar sudah tampak sangat gelap dan dalam. Dan tidak ada petugas jaga gua ini jika diperuntukkan bagi wisatawan. Biasanya, wisatawan hanya berfoto di mulut gua saja sebagai kenang-kenangan.

Fasilitas Kebun Teh Medini Kendal

Warung menjadi salah satu Fasilitas di Kebun Teh Medini
Warung menjadi salah satu Fasilitas di Kebun Teh Medini. Foto: Gmap/M Rizqi Maulana

Objek wisata ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sini, wisatawan dapat menemukan area parkir, toilet, hingga warung-warung. Di sini tersedia makanan serta minuman hangat untuk wisatawan dan pengunjung yang berkemah.

Lokasi Kebun Teh Medini Kendal

Area perkebunan teh ini berlokasi di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Untuk menuju ke tempat ini jaraknya kurang lebih 27 Kilometer dari Kota Kendal. Selanjutnya memasuki area perkebunan medan jalan masih berbatu dengan tikungan yang cukup tajam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini