Beranda Tiket Wisata

KAMPUNG PELANGI Banjarbaru Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Kampung Pelangi Banjarbaru
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Kemuning Ujung/Delima Ujung, RT.03/RW.01, Loktabat Selatan,Banjarbaru Selatan,Banjarbaru,Kalimantan Selatan,Indonesia,70713.

Kampung Pelangi Banjarbaru merupakan salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi bagi para penggemar fotografi. Kampung Pelangi terletak di kawasan Kelurahan Guntung Paikat, Kalimantan Selatan. Tempat wisata ini memanjakan mata dengan berbagai lukisan kreatif yang menghiasi rumah-rumah warga.

Terdapat pintu gerbang megah yang akan menyambut pengunjung di pintu masuk. Beberapa langkah dari pintu masuk berdiri gapura dan tugu penunjuk arah. Penunjuk arah yang tertera mencantumkan area dan jaraknya. Tampak pedestrian tergelar di tepi Sungai Kemuning di samping jogging track.

Tiket Masuk Kampung Pelangi

Pengunjung bebas memasuki kampung penuh warna ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Cukup dengan mengisi buku tamu yang telah disediakan di salah satu teras rumah penduduk setempat.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Kota Banjarbaru

Jam Buka

Objek wisata ini Banjarbaru ini juga dapat dikunjungi kapan saja.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata di Kampung Pelangi

ornamen warna-warni mempercantik kawasan kampung pelangi
ornamen warna-warni mempercantik kawasan Kampung Pelangi Banjarbaru. Foto: Google Maps/Andri Supriyandi

Kampung Pelangi menyediakan berbagai fasilitas yang layak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Beberapa tempat bersantai serta fitness outdoor dapat ditemukan di sini. Suasana tentram Sungai Kemuning yang mengalir di sepanjang kampung pun menambah daya tarik tempat ini.

Bersantai Menikmati Tempat Wisata khas Banjarbaru

Jogging track, pedestrian, dan bangku taman di tepi sungai
Jogging track, pedestrian, dan bangku taman di samping sungai. Foto: maps.google.com/Budi Utomo

Kampung Pelangi cocok dikunjungi untuk sekedar bersantai dan menyegarkan pikiran. Beberapa spot telah difasilitasi dengan gazebo, taman bermain anak, bangku taman, dan lainnya. Suara sayup-sayup gemericik sungai juga menjadi alunan musik alami yang nyaman di telinga. Sangat pas dijadikan destinasi bagi pengunjung yang ingin sekedar mencari kedamaian.

Di depan beberapa rumah warga disediakan bangku-bangku taman. Pengunjung bebas beristirahat di bangku yang disediakan sambil menikmati aliran sungai yang tenang. Terdapat pula taman-taman kecil di tepi sungai. Kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lokasi semakin menambah kenyamanan.

Baca: DANAU Seran Banjarbaru Tiket & Ragam Aktivitas

Kampung Pelangi masih dapat dinikmati pada malam hari. Lampu-lampu bundar yang digantung akan menerangi para pengunjung yang belum ingin beranjak pergi. Jalan setapak masih terang benderang meskipun hari telah berganti malam.

Objek Foto Mural Unik

Spot foto mural dinosaurus
Salah satu spot foto instagrammable untuk bergaya di media sosial. Foto: ig @agustinacincai_

Sebanyak 350 rumah warga yang berada di tepi Sungai Kemuning dibubuhi cat warna-warni. Pada mulanya hanya empat rumah dicat aneka warna. Selanjutnya Wali Kota Banjarbaru tertarik dan mencarikan donatur cat. Hingga akhirnya semakin banyak rumah warga yang dicat bermacam warna.

Cat dibubuhkan menjadi lukisan seperti ornamen Banjar, kubisme, pemandangan, binatang, wayang, abstrak, dan tema budaya lainnya. Adapun lukisan-lukisan instagrammable yang cocok dijadikan latar belakang untuk bergaya di media sosial. Tak jarang para pengunjung dan wisatawan menjadikannya spot untuk berselfie ria. Seringkali pengunjung hanya memotret mural untuk sekedar penanda bahwa telah mengunjungi kampung ini.

Baca: Aquatica Waterpark Banjarbaru Tiket & Wahana

Tidak hanya dinding rumah warga, area lain pun memiliki daya tariknya. Lingkungan yang bersih membuat titik manapun cocok untuk dijadikan spot foto. Seperti bangku dan taman-taman kecil di tepi sungai. Atau jembatan di antara Sungai Kemuning dengan tulisan Kampoeng Pelangi yang menghiasinya.

Berolahraga dengan Peralatan Fitness Outdoor

Salah satu alat fitness di Kampung Pelangi
Salah satu alat fitness di Kampung Pelangi untuk melatih otot dada. Foto: ig @boysagau

Di Kampung Pelangi telah disediakan area fitness outdoor. Terdapat juga jogging track yang dibangun di tepi Sungai Kemuning. Area fitness berjarak 100 meter dari gapura pintu masuk ke arah kiri. Peralatan fitness versi sederhana tersebut ditata rapi di ruang terbuka.

Fasilitas fitness outdoor ini dicat dengan warna kuning dan merah yang cerah. Dibangun di tengah taman dan menempel permanen di lantainya. Fasilitas kebugaran ini menarik perhatian dari berbagai kalangan usia. Dari orang dewasa hingga remaja pun turut memanfaatkannya.

Baca: Amanah Borneo Park Banjarbaru Tiket & Wahana

Peralatan yang disediakan bebas digunakan bagi para pengunjung. Beberapa alat fitness yang ada contohnya sepeda statis, pec deck fly, dan lainnya. Dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kebugaran dan melatih otot-otot tubuh. Dengan demikian, refreshing dapat sehat pun dapat.

Pemandangan Kampung Pelangi dan Sungai Kemuning dari Menara Pandang 33

Menara Pandang 33 kampung pelangi banjarbaru
Pengunjung dapat melihat Kampung Pelangi dan Sungai Kemuning dari ketinggian melalui Menara Pandang. Foto: maps.google.com/Puji Pangastuti

Bagi pengunjung yang gemar berjalan kaki, Menara Pandang 33 patut dijadikan sebagai destinasi. Dari gapura pintu masuk tinggal berbelok ke arah kanan. Sekitar 1,5 km kemudian akan bertemu dengan menara pandang. Berbentuk piramida setinggi kurang lebih 18 meter.

Menara pandang ini berdiri di antara dua sisi siring Sungai Kemuning. Dicat warna-warni yang senada dengan Kampung Pelangi. Menara tersusun atas lima lantai yang semakin menyempit tiap bertambah lantai. Pengunjung dan wisatawan akan disuguhi pemandangan Sungai Kemuning dan Kampung Pelangi dari atas.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti area WiFi. Berjarak 100 meter dari gapura masuk ke arah kiri. Letaknya strategis karena berdekatan dengan area fitness dan taman bermain anak. Terdapat pula Taman Baca yang bisa dikunjungi bagi para penggemar buku. Lahan parkir yang tersedia pun cukup luas di depan kampung.

Lokasi Kampung Pelangi Banjarbaru

Kampung wisata ini berada di Jalan Kemuning Ujung/Delima Ujung, RT03/RW01, Loktabat Selatan. Berada di daerah Kelurahan Guntung Paikat, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Terletak di kawasan belakang Kolam Renang Idaman Banjarbaru. Bisa pula dituju melalui Jalan Kemuning atau melalui Kampung Sumberdadi, Banjarbaru Selatan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini