Beranda Tiket Wisata

Hutan Pinus Mentaos: Tiket & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mentaos : Rp2.000 - Rp20.000Jam Buka: 08.30 WIB -18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Jalan Suriansyah Ujung Kelurahan Mentaos, Loktabat Utara, Banjarbaru Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70711

Hutan Pinus Mentaos salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banjar. Kehadiran kawasan hutan Pinus ini memang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai kawasan wisata sekaligus juga menjadi paru-paru kota. Areanya sangatlah cocok menjadi tempat pelarian untuk melepas penat.

Hamparan hutan pinus yang teduh akan langsung menyambut wisatawan yang datang. Angin yang berhembus sepoi-sepoi menambah kesan menenangkan di kawasan hutan. Kicau burung yang bersahut-sahutan memberikan nuansa khas daerah pedesaan yang jauh dari polusi. Tidak nampak bahwa tempat ini berada di tengah kota dengan kehidupan yang sangat padat.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mentaos

Penting bagi wisatawan untuk mengetahui informasi harga tiket di Hutan Pinus Mentaos. Ada perbedaan tiket yang sangat besar antara hari biasa dengan akhir pekan atau hari libur nasional. Besarnya perbedaan harga tiket ini sudah menjadi kebijakan dari pengelola pihak wisata setempat.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mentaos
Hari biasaRp2.000
Akhir pekan/Hari libur nasionalRp20.000

Baca: KIRAM PARK Banjar Tiket & Aktivitas

Jam Buka Hutan Pinus Mentaos

Untuk jam bukanya sendiri buka setiap hari dari pagi hingga sore. Ketika akhir pekan waktu operasional biasanya akan lebih panjang dibandingkan hari biasa. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat cuaca cerah.

Jam Buka
Setiap Hari08.30 WIB – 18.00 WIB

Hutan Pinus di Tengah Kota

Hutan pinus di tengah kota
Salah satu wisata andalan di pusat kota Banjarbaru. Foto: Gmaps/Hennoa Hendri.

Berbeda dengan wisata hutan pinus di tempat-tempat lain, Hutan Pinus Mentaos lokasinya berada di tengah kota. Hal ini karena sebelum menjadi tempat wisata, kawasan ini adalah area percontohan budidaya hutan pinus.

Karena banyak warga sekitar yang sering menggunakan tempat ini untuk singgah dan bersantai akhirnya kawasan ini disulap menjadi tempat wisata. Berbagai keindahan bisa dilihat wisatawan di tempat ini. Payung warna-warni yang tergantung hingga laying-layang berbentuk kupu-kupu raksasan semakin membuatnya nampak cantik.

Areanya sangat ramah untuk wisata bersama keluarga. Bersantai  menikmati suasana sejuk kawasan hutan pinus akan membuat pikiran kembali segar. Selain pinus, di kawasan wisata ini juga ada banyak pohon-pohon lain seperti akasia, durian, angsana dan beringin. berbagai spot foto juga disediakan oleh pengelola untuk memanjakan para penggemar kegiatan berfoto.

Baca: Bukit Matang Kaladan Tiket & Pesona Raja Ampat Kalsel

Bersantai Melepas Penat

Hutan pinus yang cocok untuk bersantai
Bersantai di kawasan hutan dengan menyewa hammock. Foto: Gmaps/Asrul Sani

Aktivitas utama di sini umumnya bersantai. Kawasan hutan ini sangat cocok untuk bersantai karena hawanya yang sejuk. Selain itu ratusan pepohonan pinus yang tumbuh di tempat ini menjadikannya sangat rindang. Di sini tersedia banyak tempat duduk dan gazebo untuk membuat kegiatan bersantai menjadi semakin nyaman.

Di samping itu pengelola juga menyewakan tikar dan hammock. Tiduran di hammock sambil membaca buku atau mendengarkan musik akan memberikan penyegaran terhadap otak yang lelah karena rutinitas harian.

Sambil bersantai wisatawan juga bisa menyantap aneka kuliner. Di sekitar kawasannya banyak penjaja makanan yang menggoda selera.

Baca: Amanah Borneo Park Tiket & Wahana

Berkeliling Hutan

Hutan pinus untuk jalan-jalan
Wisatawan bisa berkeliling area Hutan untuk menikmati keasrian hutan dan udara yang sejuk. Foto: Gmaps/Ryude Igarashi.

Wisatawan juga bisa berkeliling menikmati keindahan setiap sudut area hutan. Tersedia jalan setapak berupa paving blok bagi yang ingin menyusuri keindahan area hutan pinus. Sejuknya hembusan angin dan sinar matahari yang menembus sela-sela dedaunan menjadi teman selama aktivitas menyusuri kawasan Hutan Pinus Mentaos.

Spot Foto Instagramable

Hutan kota dengan banyak spot foto
payung warna-warni menjadi salah satu spot foto menarik yang ada di Hutan Pinus Mentaos. Foto: Instagram/@uminzr

Bagi penggemar kegiatan berfoto, Hutan Pinus Mentaos memiliki berbagai spot foto yang menarik. Di tempat ini dihias puluhan payung warna-warni yang menggantung di atas. Kawasan tersebut menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan momen. Selain itu terdapat karya seni berupa layang-layang berbentuk kupu-kupu raksasa. Wisatawan bisa berfoto dengan laying-layang tersebut.

Masih banyak lagi spot foto menarik yang terdapat di komplek wisata ini, seperti ayunan, meja bundar dari batu, kursi kayu panjang, terowongan dengan hiasan bunga dan lain sebagainya.

Baca: Aquatica Waterpark Tiket & Wahana

Menikmati Momen Sunset di Hutan Pinus Mentaos

Sore hari merupakan satu waktu favorit bagi wisatawan. Karena pada waktu tersebut bisa menikmati momen-momen matahari tenggelam. Kawasan hutan ini memang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Kabupaten Banjar. Hijaunya hutan pinus tersorot langit senja yang mulai menguning menjadi sajian romantis yang menarik hati dan layak diabadikan. Momen-momen tersebut sangat cocok dinikmati bersama orang-orang tersayang.

Menyaksikan Gelaran Seni

Pada waktu-waktu tertentu, taman kota ini sering menggelar berbagai macam acara senin seperti festival musik ataupun acara budaya. Di tempat ini tersedia panggung hiburan permanen lengkap dengan tempat duduk di depannya. Kehadiran acara hiburan juga menjadi daya tarik wisata di sini.

Fasilitas Hutan Pinus Mentaos

Wisatawan sangat dimanjakan dengan fasilitas yang sudah lengkap tersedia. Di dalam komplek wisata sudah tersedia area parkir luas, toilet, mushola, gazebo, tempat duduk, warung kuliner, pusat cinderamata, hingga panggung kesenian.

Lokasi Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos lokasinya sangat strategis karena letaknya yang berada di jantung kota Banjarbaru. Tempat ini beralamat di Jalan Suriansyah Ujung Kelurahan Mentaos, Loktabat Utara, Kecamatasn Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Tempat ini hanya berjarak kurang lebih 1 km dari Alun-Alun Kota Banjarbaru.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 18

Berikan Rating