Beranda Tiket Wisata

Bukit Matang Kaladan Tiket & Pesona Raja Ampat Kalsel – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Bukit Matang Kaladan : Rp5.000Jam Buka: 06.00 WIB - 18.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Desa Tiwingan Lama, Aranio, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70671

Bukit Matang Kaladan adalah wisata alam di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Areanya merupakan perbukitan dengan pemandangan yang luar biasa. Dari puncak bukit wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam gugusan bukit-bukit kecil yang berada di sebuah danau. Hal ini membuatnya sekilas mirip dengan Piaynemo yang ada di Raja Ampat. Hanya berbeda jika di Raja Ampat tempatnya berada di laut, maka di sini terletak di sebuah danau.

Sejak dibuka pada tahun 2015, tempat ini selalu menjadi destinasi wisata favorit di Banjar. Selain karena pemandangannya yang indah, untuk mencapai puncak pun jalurnya cukup menantang. Tak heran jika banyak wisatawan yang suka bertualang berkunjung ke sini. Sedangkan untuk sampai ke kawasan puncak perbukitan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit pendakian. Namun rasa lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan fantastis yang tersaji di bukit ini.

Harga Tiket Bukit Matang Kaladan

Untuk berwisata dan menikmati keindahan Bukit Matang Kaladan perlu membayar sejumlah uang tiket masuk. Tiket untuk masuk ke kawasan wisata ini sangat murah meriah. Selain tiket masuk juga terdapat biaya lain untuk parkir dan spot foto.

Harga tiket Bukit Matang Kaladan
Tiket masuk Rp5.000
Spot foto Rp5.000
Ojek menuju puncak Rp20.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: KIRAM PARK Banjar Tiket & Aktivitas

Jam Buka Bukit Matang Kaladan

Kawasan wisata perbukitan ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun disarankan untuk datang ketika cuaca sedang cerah. Ketika cuaca cerah wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang sempurna. Selain itu ketika cuaca tidak baik dan turun hujan maka jalur naik akan licin dan justru bisa membahayakan.

Jam Buka Bukit Matang Kaladan

Setiap hari 06.00 WIB – 18.00 WIB

Pesona Raja Ampat di Banjar

Danau dengan barisan perbukitan
Keindahan pulau-pulau kecil di danau yang mirip dengan Raja Ampat

Bukit Matang Kaladan adalah sebuah area perbukitan dengan danau yang cantik di bawahnya. Dari atas bukit pemandangan luar biasa tersaji. Danau biru dengan bukit-bukit kecil di sekitarnya membuat tempat ini memiliki pemandangan yang sekilas mirip dengan Raja Ampat. Danau tersebut selain menyajikan sebuah keindahan juga merupakan tempat para warga sekitar menggantungkan hidup. Tak heran pemandangan keramba apung yang berjejer menjadi pemandangan unik di sini.

Tempat wisata ini masih sangat alami sehingga hijaunya hutan akan terlihat sejauh mata memandang. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan wisatawan jika berkunjung ke sini. Selain trekking mendaki puncak bukitnya yang menantang, tersedia juga gardu pandang yang berada di ketinggian. Tempat tersebut biasa menjadi spot foto favorit bagi wisatawan.

Baca: Wisata Situ Mustika Banjar Yang Sejuk Dan Asri

Trekking Mendaki Puncak Bukit Matang Kaladan

Keasrian yang ada di Bukit Matang Kaladan
Untuk menuju ke puncak bukit wisatawan perlu melakukan trekking dengan pemandangan mempesona di sepanjang perjalanan. Foto: Gmaps/Bams.W

Untuk mencapai puncak bukit memang perlu perjuangan yang cukup ekstra. Wisatawan harus menapaki sebuah tebing dengan ribuan anak tangga yang menanjak dan curam. Dengan ketinggian setidaknya 400 meter. Warga sekitar biasa menyebutnya sebagai perjalanan cinta seribu anak tangga.

Meski begitu perjalanan tidak akan terasa hambar karena jika melihat ke bawah pemandangan cantik sudah bisa terlihat. Aktivitas warga di keramba apung dan perahu yang berlalu lalang di danau menjadi sajian yang menarik. Kemudian sesekali bisa beristirahat untuk mengabadikan momen.

Sedangkan untuk pendakian terdapat 2 jalur menuju puncak bukit. Jalur pertama sangat curam namun bisa lebih cepat sampai ke puncak. Sementara jalur kedua lebih landai untuk perjalanan yang lebih santai.

Naik Ojek Menuju Puncak Bukit

Jika terlalu malas untuk mendaki, tersedia jasa ojek untuk menuju puncak bukit. Ojek ini akan melewati jalur kedua yang lebih landai. Maka tak heran di jalur kedua ini akan banyak sepeda motor berlalu lalang.

Sedangkan untuk mencapai puncak bukit dengan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Sajian pemandangan hutan dengan pepohonan hijau di kanan kiri jalur menambah kenikmatan menuju puncak.

Bersantai Menikmati Panorama di Pucak

pemandangan danau dikelilingi perbukitan
Asrinya pemandangan dari puncak Bukit Matang Kaladan. Foto: Gmaps/Listrik tenaga matahari

Ketika sudah sampai di puncak bukit, rasa lelah akan terbayarkan. Suasana sejuk dengan angin yang berhembus kencang membuat tubuh ingin berlama-lama di puncak Bukit Matang Kaladan. Suara burung yang bersahut-sahutan memberikan ketenangan bagi pikiran.

Dari puncak bukit pemandangan danau dengan gugusan bukit-bukit kecil akan terlihat sangat jelas dan begitu mempesona. Di salah satu sudut puncak bukit tersedia juga warung yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk melepas dahaga.

Spot foto Instagramable

Keindahan Puncak Bukit Matang Kaladan
Di Puncak Bukit tersedia banyak spot foto cantik untuk foto yang instagramable. Foto: Gmaps/Mada Sris

Di area puncak bukit tersedia beberapa spot menarik dan instagramable. Yang paling terkenal adalah gardu pandangnya yang berada di atas sebuah pohon tinggi. Dari sini wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang danau berpadu barisan perbukitan hijau yang menawan.

Selain itu banyak spot foto lain yang menarik diantaranya rumah jamur, sarang burung raksasa, perahu, rumah terbalik, rumah marsupilami, miniatur helikopter, dan beberapa properti lainnya.

Berkemah Di Puncak Bukit Matang Kaladan

Tempatnya yang masih sangat asri memang sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Tersedia banyak spot-spot untuk mendirikan tenda di area puncak. Jika berkemah di tempat ini wisatawan berkesempatan menikmati pesona sunrise dari puncak bukit. Selain itu nuansa pagi di tempat ini juga sangat menyegarkan. Pada saat pagi hari kabut yang menyelimuti area perbukitan menjadi keindahan yang menyejukkan hati.

Fasilitas Bukit Matang Kaladan

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini sudah cukup lengkap. Beberapa diantaranya yaitu area parkir, toilet, mushola, hingga warung makan. Fasilitas tersebut membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di bukit ini

Lokasi Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan ini berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Banjar dan membutuhkan perjalanan kurang lebih 45 menit berkendara. Sedangkan jalan menuju wisata ini sudah baik dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 21

Berikan Rating