Kampung Pelangi Kalisari
Kampung Pelangi Kalisari

Mulanya daerah tersebut bernama Kampung Wonosari. Namun, sejak disulap pemerintah kota, nama kampung tersebut berganti menjadi Kampung Pelangi Semarang Kalisari. Rumah-rumah yang awalnya kumuh, kini serupa pelangi. Cat dengan warna ceria sekarang mempercantik kampung itu dari ujung ke ujung.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Tempat wisata unik ini sebenarnya adalah kawasan pemukiman penduduk. Sehingga untuk masuk ke kawasan wisata Kampung Pelangi Semarang tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya dikenakan tiket parkir saja yang juga sangat murah.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang
Tiket MasukGratis

Baca: BROWN CANYON Semarang Tiket & Pesona Lanskap

Jam Buka & Waktu Terbaik Kunjungan

Tidak ada jam buka resmi dari Kampung Pelangi Kalisari. Namun untuk waktu kunjungan terbaik adalah siang hari pada saat cuaca cerah. Hal ini dikarenakan wisatawan bisa mengambil gambar sempurna pada saat kunjungan.

Warna-Warni Menangkal Kesan Kumuh

Terdapat sebanyak 300 rumah yang dicat berwarna-warni di Kampung Pelangi. Ada yang berwarna berwarna merah muda, kuning, biru, hingga ungu. Keceriaan warna rumah ini memanjakan mata pengunjung, membuat kampung ini sedap dipandang. Tak ada lagi kesan tak terurus.

kampung pelangi kalisari
Rumah yang dicat dengan warna-warni cerah menampilkan kesan kampung yang artistik. foto: Yuristriza design

Rupanya kampung ini mengadaptasi konsep yang sama dengan Kampung Jodipan di Malang. Sebuah kampung dihias seindah mungkin, hingga kesan kotor tak lagi melekat. Efeknya, lebih jauh, justru menjadi destinasi wisata unik bagi pelancong berbagai daerah.

Suasana Artistik dari Mural hingga Hiasan Daur Ulang

Karena destinasi satu ini seluas satu kampung, tentu tak asyik jika tak berkeliling. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan mural-mural artistik yang dibuat warga. Gambarnya beragam, mulai dari tokoh-tokoh wayang, flora dan fauna, sampai nuansa etnik Tionghoa.

Baca: TAMAN WISATA KOPENG Semarang Tiket & Aktivitas

Bukan hanya itu lho. Lorong-lorong jalan juga banyak dihias dengan hiasan daur ulang. Hiasan tersebut dibuat dari barang-barang bekas, misalnya bola plastik, botol, dan kerajinan bambu. Pernak-pernak tersebut semakin meramaikan suasana Kampung Pelangi yang ceria.

Foto Bersama Pasangan di Taman Kasmaran

Mural-mural tersebut umumnya menjadi titik berfoto pengunjung. Selain itu, masyarakat setempat juga membuat berbagai titik foto seru seperti Taman Kasmaran. Disebut demikian karena ikonnya adalah papan siluet pasangan yang bermesraan. Di sini, terdapat pula pot-pot bunga yang memperkental keindahan taman ini.

spot foto cantik kampung pelangi kalisari
Berbagai spot forto cantik bisa didapat di Kampung Pelangi Kalisari. foto: Dewi Sekarasih

Akan tetapi, bukan itu yang menjadi keunggulan di Taman Kasmaran. Di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan utuh Kampung Pelangi dari atas. Pengunjung bisa berfoto, atau beristirahat di kursi-kursi yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan.

Percantik Foto dengan Memakai Bunga

Ada banyak titik foto di Kampung Pelangi. Agar foto makin cantik, masyarakat setempat menyediakan bunga sebagai properti. Jangan salah, properti tersebut adalah bunga segar yang diambil langsung dari pasar bunga Kalisari.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Bandungan Tiket & Aktivitas

Wisatawan bebas memilih bunga yang dijadikan properti. Ada mawar, lili, bahkan bunga matahari. Selain dikemas seperti buket, ada juga bunga yang didesain layaknya mahkota. Berfoto pun makin cantik dengan properti-properti ini.

Keromantisan Menulis Nama di Gembok Cinta

Ada pula sebuah tempat yang dinamai gembok cinta. Pengunjung bisa membeli gembok, lalu menulis nama diri dan pasangan. Setelah itu, pengunjung diminta menggantungkannya di jembatan. Sudah ada ratusan orang yang menggantung gembok tersebut.

taman kasmaran kampung pelangi
Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Kasmaran pada saat ke Kampung Pelangi Semarang. foto: IG nana.podungg

Konon, siapa saja yang menulis namas sepasang kekasih di gembok tersebut, cintanya abadi. Terlepas dari mitos, pengunjung menjadikan gembok cinta sebagai hiburan kala berada di sini. Area gembok cinta ini kerap pula dijadikan titik berfoto.

Kuliner dan Souvenir Khas

Jangan khawatir kelaparan berada di Kampung Pelangi. Wisatawan dapat mencicipi aneka makanan khas kampung ini. Masyarakat membuat sajian roti, serta es mambo warna-warni untuk menyesuaikan konsep kampung tersebut. Selain itu, ada banyak pula panganan khas Semarang.

Di sisi lain, souvenir pun menjadi hal wajib untuk dibawa sebagai kenang-kenangan. Souvenir khas di Kampung Pelangi adalah celengan warna-warni. Celengan tersebut bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk anak seraya mengedukasi buah hati menabung.

Lokasi Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang terletak di Jalan Wonosari III, Randusari, Semarang. Ingin wisata unik namun ramah di kantong? Coba ke sini saja!

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,27/11 Pembaca
Loading...