Harga Tiket Masuk Brown Canyon : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50279

Arizona Amerika Serikat boleh memiliki tebing curam namun indah bernama Grand Canyon. Namun jangan salah, Indonesia tepatnya di Semarang punya  saingannya. Adalah Brown Canyon, yang menyuguhi wisatawan dengan pemandangan alam cantik di area perbukitan. Tebing-tebing tinggi sewarna pasir memperindah panorama alam di tempat tersebut.

Harga Tiket Brown Canyon Semarang

Tempat wisata Brown Canyon Semarang sebenarnya bukanlah sengaja dibuat. Sehingga untuk memasuki kawasan ini pengunjung tidak perlu membayar tiket alias gratis. Namun dari informasi wisatawan yang pernah berkunjung, kadang ada beberapa pungutan dari warga sekitar. Pengunjung bisa memberikan seikhlasnya.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon Semarang
Tiket ResmiGratis

Baca: TAMAN WISATA KOPENG Semarang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Brown Canyon Semarang & Waktu Terbaik

Untuk jam buka brown Canyon sendiri tidak ada patokan resmi. Hanya untuk waktu terbaik kunjungan bisa datang pada sore hari. Hal ini karena pada waktu tersebut para penambang serta truk-truk telah selesai beroperasi. Sekaligus pengunjung juga bisa menantikan sunset pada sore hari.

Alternatif Wisata Alam di Semarang

bukit kembar ikon brown canyon semarang
Wisata Brown Canyon Semarang bisa menjadi pilihan unik wisata alam. foto: Arief Chin Hok/Google Maps

Semarang memang tersohor dengan wisata sejarah dan bangunan-bangunan tua. Namun, Brown Canyon, menjadi wisata yang patut diperhitungkan di ibukota Jawa Tengah tersebut. Keindahannya mampu menyedot banyak pengunjung di luar dan dalam kota. Wisatawan mancanegara pun tak luput mengunjungi wisata ini.

Sebenarnya, lokasi ini sendiri bukan tempat yang sengaja dibuat sebagai tempat wisata. Tempat ini adalah proyek galian pertambangan yang telah ada lebih dari sepuluh tahun. Tanah uruk dan batu padas kerap digali di tempat ini. Seiring waktu, tebing-tebing tersebut terbentuk akibat penyesuaian alam dan proses galian yang dilakukan.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Bandungan Tiket & Aktivitas

Masyarakat yang lama mencari alternatif wisata, akhirnya terpesona dengan kemegahan alam tempat ini. Melalui media sosial, ditambah dengan liputan dari salah satu stasiun televisi, wisata ini melejit. Maka, berbondong-bondonglah masyarakat datang ke lokasi dan menamai sebagai Brown Canyon.

Baca: SALOKA PARK Harga Tiket & 7 Wahana Seru

Eloknya Kolam Alami Brown Canyon

danau alami bekas urukan
Kolam di sekitar kawasan wisata yang terbentuk akibat genangan air hujan. foto: Indrek Aimre/Google Maps

Salah satu yang menarik di tempat ini adalah keberadaan kolam. Dengan bentuk tepian yang memanjang, kolam ini menjadi titik yang ramai pengunjung. Maklum, di tengah batu dan pasir, keberadaan kolam seakan menjadi penyegar mata.

Uniknya, kolam ini terbentuk dengan ‘tak sengaja’. Di musim hujan, air biasanya mengisi ceruk besar di celah-celah tebing. Lalu jadilah kolam berwarna kehijauan ini. Kendati demikian, kolam ini tetap meneduhkan mata dan memesona siapa pun yang melihat.

Baca: DUSUN SEMILIR Tiket Masuk & 5 Wahana Seru

Berburu Foto Ciamik

spot foto unik
Hasilakan foto-foto dengan latar unik yang berbeda dari tempat wisata lain.

Aktivitas yang tak boleh terlewatkan tentu adalah berburu foto. Berfoto di antara batu-batu menjulang besar menjadi latar yang menarik. Titik yang paling favorit yaitu di sekitar dua tebing tinggi rata. Dengan sudut yang tepat, pengunjung bisa mendapatkan foto diri berikut kemegahan alam sekitar.

Baca: Old City 3D Trick Art Museum Semarang Tiket & Spot Foto

Selain dua tebing tersebut, ada banyak tebing yang lebih besar untuk dipakai berfoto. Dengan kamera berlensa lebar, area gambar di titik tersebut menjadi lebih luas. Tak hanya itu. Batu-batu besar bisa menjadi pijakan foto sehingga sudut pengambilan gambar bervariasi.

Pre-Wedding Unik

Pernahkah membayangkan, melakukan prewedding di tengah tebing? Bayangkan cantiknya relief batu kecokelatan yang terbentuk akibat penambangan batu menghiasi latar foto. Dengan sedikit unsur hijau dari tanaman liar di sekitarnya, menambah unik suasana. Perpaduan unsur alam yang bersatu memberikan nuansa pra-wedding lain dari yang lain.

Suasana di sekitar kawasan wisata ini luar biasa panas dan berdebu di siang hari. Namun, pemandangan eksotis bak Grand Canyon itu begitu menggiurkan. Hingga tak heran jika banyak pasangan memilih melakukan preweddingnya di sini. Suhu panas dan debu bertebaran tak menyurutkan semangat untuk membuat momen tak terlupakan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Brown Canyon adalah wilayah tambang yang hingga kini belum sepenuhnya menjadi tempat wisata. Tak heran jika ketika di sana, wisatawan tidak akan menemukan fasilitas lengkap. Pun, aktivitas penambangan berlangsung setiap hari sehingga truk besar berseliweran di sekitar lokasi.

Sebab kondisi jalan yang terjal dan berdebu, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Wisatawan bisa membawa masker untuk menutup hidung dan mulut, juga membawa kacamata anti-silau. Kendaraan roda dua atau mobil off road disarankan dipakai di jalur ini agar fleksibel.

Lokasi Wisata Brown Canyon Semarang

Tempat wisata ini berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279. Wisata ini dapat dijangkau dengan akses mana pun. Wisatawan dapat menggunakan jalur Pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu, atau RSUD Klipang.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini