Beranda Tiket Wisata

Simpang Lima Semarang: Wisata Lengkap Tengah Kota Desember 2021

Simpang Lima SemarangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -

Simpang Lima Semarang sejak lama memang sering menjadi tujuan wisata kala berlibur di Kota Atlas ini. Kawasan ini merupakan ikon wisata di tengah kota di Semarang. Area yang memiliki lima persimpangan dengan lapangan hijau dengan luas tak kurang dari 3,3 Hektare di tengahnya. Ditambah dengan banyaknya mall besar di sekitar kawasan Simpang Lima.

Selain itu tidak kurang bangunan-bangunan besar, masjid raya, serta perusahaan ternama berada di sekitarnya. Berbagai aktivitas yang ada menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai kuliner juga dapat dijumpai di sini. Karena itu berkunjung ke kawasan populer ini bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu liburan di tengah kota Semarang.

Harga Tiket Masuk Simpang Lima Semarang

Karena merupakan kawasan taman perkotaan jadi tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket parkir saja. Serta menyiapkan uang jika ingin mencoba beberapa objek wisata atau berburu kuliner.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 39 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Jam Operasional Simpang Lima Semarang

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja, dari pagi hingga malam hari. Bahkan, semakin malam akan semakin banyak hiburan di sini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Rekreasi di Simpang Lima Semarang

Lapangan Simpang Lima Semarang malam hari
Suasana malam hari di Lapangan Simpang Lima Semarang dengan semarak lampu Warna-Warni. Foto: Google Maps/Masbin Indonesia

Lapangan Simpang Lima Semarang memiliki bentuk persegi panjang yang begitu luas. Dengan bagian tengahnya berupa area rerumputan dengan luas setidaknya 3,3 Ha. Sejauh ini sekeliling lapangan hijau ini dibatasi dengan jalan setapak paving-block yang memisahkannya dengan jalan raya. Kontur lapangan Simpang Lima pun lebih tinggi dari jalan raya.

Lapangan yang berada di tengah persimpangan ini bernama Lapangan Pancasila. Taman kota ini layaknya alun-alun di daerah lain, namun di sini ukurannya jauh lebih luas. Untuk mempercantik dan membuat teduh, pemerintah kota menanami area sekitarnya dengan pepohonan.

Selanjutnya di bagian dalam lapangan terdapat area yang di paving yang biasa berfungsi untuk upacara di hari-hari besar. Sedangkan di hari biasa, bagian ini sering berguna sebagai sarana untuk anak-anak bermain. Bagian-bagian paving ini terhubung dengan jalan setapak, yang juga tersambung mengelilingi area lapangan bagian dalam.

Baca: Kota Lama Semarang Wisata Seru Era Kolonial

Berbagai Wahana di Simpang Lima

Sepeda Tandem yang Dihias dengan Lampu Unik
Sepeda Tandem yang Dihias dengan Lampu Unik. Foto: Gmap/Mochwahyu PP

Selama berada Kawasan Simpang Lima, wisatawan dapat mencoba beberapa wahana yang tersedia. Salah satunya adalah wahana sepeda tandem. Sepeda tandem ini sudah dimodifikasi sehingga memiliki rangka berbentuk mobil. Di rangka-rangka ini berhias dengan lampu warna-warni yang begitu mencolok.

Sepeda ini muat 4 hingga 5 orang. Semua penumpang harus mengayuh supaya sepeda dapat berjalan lancar. Sedangkan rute rutenya adalah memutari kawasan Simpang Lima. Selanjutnya ada juga sepeda tandem biasa dengan hiasan lampu warna-warni.

Selain wahana sepeda, wisatawan juga dapat mencoba bermain roller skate atau skuter. Arenanya berada di area paving di bagian dalam Simpang Lima. Area ini dipilih supaya lebih aman dari lalu-lintas jalan raya.

Baca: SALOKA PARK Tiket & 7 Wahana Terseru

Berburu Kuliner Malam

Kawasan Simpang Lima Semarang memang surganya kuliner malam. Lokasi tepatnya berada di seberang area lapangan. Wisatawan dapat menemukan berbagai restoran dan gerai kuliner. Ada tenda kuliner dengan berbagai menu makanan di sisi timur hingga barat daya. Kemudian ada juga angkringan, dan jajanan di sisi barat dekat Masjid Raya Baiturrahman.

Salah satu kuliner yang legendaris di sini adalah Nasi Ayam Bu Widodo. Di sini, wisatawan dapat menikmati satu porsi nasi dengan suwiran ayam, krecek, dan kuah opor yang kental. Semakin lengkap dengan gorengan atau lauk lain yang menambah selera.

Baca: DUSUN SEMILIR Semarang: Tiket & 5 Wahana Menghibur

Mampir ke Mall

Setelah puas berkeliling Simpang Lima, wisatawan dapat melipir ke Mall Ciputra. Lokasinya persis berada di sebelah utara seberang Simpang Lima. Wisatawan dapat menjelajahi setiap outlet di kawasan mall ini atau mencari kuliner mall kekinian.

Wisatawan juga dapat istirahat sambil menonton film sejenak di sini. Karena di sini ada Cinema XXI yang kini sudah dibuka kembali.

Pusat Komunitas dan Olahraga

Komunitas Boomerang Berlatih di Simpang Lima
Komunitas Boomerang Berlatih di Simpang Lima. Foto: Gmap/indra setiawan

Selain sebagai pusat wisata dan hiburan, objek wisata ini juga seringkali menjadi lokasi olahraga. Salah satunya adalah jogging mengitari Simpang Lima. Jika jarang berolahraga, satu kali putaran saja akan cukup menguras keringat karena luasnya lapangan. Biasanya, pengunjung melakukan jogging pada saat pagi atau sore hari.

Selain jogging, terkadang beberapa perguruan bela diri juga menggunakan lapangan ini untuk berlatih. Areanya yang luas serta rumput yang menjadi alas, terasa sempurna untuk berlatih. Selanjutnya ada juga para pemain boomerang yang sering berlatih di kawasan ini.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Berfoto di Kawasan Simpang Lima Semarang

Satu-satunya ikon yang ada di sini adalah adanya tulisan “Simpang Lima” di sisi selatan. Wisatawan sering berfoto di depan tulisan raksasa ini. Di sekitar objek wisata ini juga terdapat bangunan-bangunan besar yang juga cantik sebagai latar belakang foto. Seperti Masjid Raya Baiturrahman di sisi barat, atau Mall Ciputra di sisi timur.

Jika datang di hari Minggu, wisatawan bahkan dapat berfoto di jalan raya. Karena di sini biasa berlangsung car free day, dari pukul 05:00 hingga 09:00 WIB. Saat car free day, wisatawan akan menjumpai berbagai tokoh yang menawarkan diri sebagai objek foto. Misalnya Transformer, atau bahkan orang-orang yang mengenakan kostum setan.

Pada saat hari biasa, tokoh karakter ini pun hadir di kawasan Simpang Lima di waktu malam hari. Wisatawan dapat berfoto dengan memberikan upah seikhlasnya.

Fasilitas Simpang Lima Semarang

Objek wisata ini tak banyak memiliki fasilitas umum, hanya bangku duduk, area parkir, serta tempat cuci tangan. Jika ingin menggunakan toilet, wisatawan dapat pergi ke mall atau masjid di dekatnya. Selain itu di Simpang Lima, terdapat halte bus untuk memudahkan wisatawan yang datang dengan kendaraan umum.

Lokasi Simpang Lima Semarang

Objek wisata ini berlokasi di Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang. Bisa dicapai dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 12

Kasi Bintang