Beranda Tiket Wisata

TUGU MUDA Semarang Wisata Sejarah Tengah Kota – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Tugu Muda : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Pandanaran, Mugassari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50245

Kota Semarang terkenal dengan bangunan Lawang Sewu. Tepat di depan kompleks wisata Lawang Sewu ada bangunan yang jadi ikon Semarang yaitu Tugu Muda. Bangunan ini merupakan sebuah monumen untuk mengenang jasa pahlawan pada peristiwa pertempuran lima hari pada Oktober 1945.

Selain sebagai pengingat sejarah, kini kawasan monumen juga terdapat sebuah taman untuk hiburan rakyat. Areanya sangat cocok untuk tempat bersantai dan menikmati suasana kota Semarang.

Kawasan Tugu Muda selalu bisa menjadi pelengkap wisata yang ada di Semarang. Selain Lawang Sewu tempat ini juga dekat dengan tempat wisata lain yaitu Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Selain itu beragam spot foto menarik terdapat di sekitarnya. Bunga warna-warni, air mancur, lampu warna-warni hingga bangku taman membuat areanya terlihat sejuk dan asri.

Harga Tiket Masuk Tugu Muda

Tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan di area Tugu Muda. Wisatawan cukup membayar parkir kendaraan. Kawasan wisata ini tidak memiliki tempat parkir sendiri. Sehingga wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di kawasan parkir Lawang Sewu. Untuk ke tugu tinggal menyeberang jalan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp3.000

Baca: SALOKA PARK Tiket & Wahana

Jam Buka Tugu Muda

Tidak ada jam operasional dari tempat ini. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Namun waktu terbaik untuk menikmati pesonanya adalah sore atau malam hari. Ketika malam bangunan Tugu akan semakin cantik karena adanya air mancur dengan sorotan lampu warna-warni.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Sekilas Tentang Tugu Muda

Indahnya sebuah bangunan tugu dengan dikelilingi kolam
Bangunan tugu yang cantik dengan dikelilingi kolam dan air mancur. Foto: Gmaps/Sutardi

Bangunan Tugu Muda adalah sebuah monumen yang berdiri untuk mengenang para pahlawan dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu dengan tinggi 53 meter ini pembangunannya mulai tahun 1951 dan dengan arsitek Salim dan Hendro. Bangunannya berbentuk seperti lilin dengan api menyala di puncaknya. Ini menggambarkan semangat para pejuang yang tidak pernah padam. Tugu ini terlihat sangat cantik karena dikelilingi oleh sebuah kolam.

Dalam kolam tersebut juga hidup aneka ikan warna-warni yang semakin menambah syahdu kawasan wisata ini. Pada bagian kaki tugu ada sebuah relief yang menceritakan alur cerita di masa penjajahan. Mulai dari ketika rakyat tertindas hingga melalukan perlawanan khususnya pada peristiwa pertempuran lima hari. Kawasan taman sangat cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga, sahabat ataupun orang tersayang. Letaknya yang di pusat kota memudahkan wisatawan dari mana pun yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Baca: DUSUN SEMILIR Semarang Tiket & 5 Wahana Seru

Taman Yang Cantik dan Bersih

Taman hijau dan bersih yang memanjakan mata
Taman yang terjaga kebersihannya membuat wisatawan dijamin betah berada di tempat ini. Foto: Gmaps/Youha Nita

Kawasan Tugu Muda Semarang menjadi tempat yang sangat pas untuk bersantai. Hal itu karena area sekitarnya berupa taman dengan bunga beraneka warna. Kebersihan di tempat ini pun sangat terjaga karena pengelola menyediakan banyak tempat sampah.

Wisatawan bisa duduk atau tiduran di taman sembari menikmati semilir angin. Terdapat banyak bangku taman yang menghadap langsung ke bangunan Tugu. Duduk di bangku dan menyaksikan dari dekat gagahnya bangunan tugu tentunya sangat menarik.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Tiket & 6 Spot Selfie Keren

Dikelilingi Empat Gedung Bersejarah

Taman dengan view bangunan Lawang Sewu
Kawasan ini dikelilingi oleh empat gedung bersejarah, salah satunya adalah Lawang Sewu

Pemandangan di kawasan sekitarnya juga sangat cantik. Selain bangunan tugu itu sendiri, tempat ini juga semakin cantik dengan gedung-gedung di sekitarnya. Di sektiar kawasannya terdapat empat gedung bersejarah.

Yaitu Gedung Lawang Sewu, Gedung Pandanaran, Gereja Katedral Semarang, dan Museum Mandala Bhakti. Wisatawan bisa berfoto di kawasan taman dengan latar belakang gedung-gedung tersebut.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket & Spot Selfie

Taman Love di Tugu Muda Semarang

Taman yang indah di area monumen Tugu Muda
Taman love menjadi area favorit di tempat wisata ini. Foto: Gmaps/Putir Isnayni Dewi

Salah satu area yang ikonik di Tugu Muda Semarang adalah Taman Love. Sebuah hiasan berbentuk hati yang penuh dengan tanaman rambat. Di bawahnya berupa jalan paving-block dengan bentuk motif yang cantik.

Sementara bunga warna-warni tumbuh di kanan kirinya. Taman Love ini menjadi spot foto favorit ketika berwisata ke sini. Jika berfoto di area Taman Love bangunan Lawang Sewu juga akan terlihat di belakangnya.

Baca: 7 Area Terbaik WISATA KOTA TUA SEMARANG

Malam Romantis di Sekitar Tugu

Pada saat malam hari kawasan wisata ini menciptakan suasana yang romantis. Lalu lalang kendaraan serta nyala lampu kota menciptakan pemandangan yang indah. Bangunan tugu pun semakin cantik karena tersorot lampu warna-warni.

Malam hari kawasan tugu selalu ramai pengunjung yang nongkrong atau sekedar bersantai. Suara air mancur dan kelap-kelip lampu mampu menciptakan suasana yang hangat dan menenangkan. Bagi wisatawan luar kota, berkunjung ke sini pada malam hari akan menciptakan momen yang tidak terlupakan dan membuat ingin terus kembali lagi.

Baca: SEMARANG ZOO: Tiket & Atraksi

Menjadi Tempat Olahraga

Selain untuk wisata, ketika pagi kawasan sekitar tugu juga sering sebagai arena untuk olahraga. tempatnya yang luas dan bersih membuat nyaman untuk olahraga. Di tempat ini wisatawan biasa joging atau sekedar berjalan-jalan. Ketika pagi kawasan ini masih sangat sejuk. Rerumputan dan bunga masih terkena embun dan memberikan pemandangan yang menyegarkan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia hanyalah bangku taman dan juga tempat sampah saja. Sementara untuk fasilitas penunjang lain seperti tempat parkir, toilet dan mushola, bisa menggunakan yang ada di Lawang Sewu. Selain itu kawasan wisata ini juga bersih dari pedagang kaki lima sehingga disarankan untuk membawa bekal sendiri.

Lokasi Tugu Muda

Tempat wisata ini beralamat di Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang. Lokasinya sangat strategis karena berada di jantung kota. hanya berjarak 2 Km saja dari Simpang Lima yang merupakan penanda pusat kota Semarang.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 24

Berikan Rating