Beranda Tiket Wisata

KAMPUNG SINGKUR Pangalengan Tiket & Aktivitas September 2021

Kampung SingkurHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 07.00 - 19.00No Telp: +6281282975114Alamat: Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa barat, Indonesia, 40378

Wisata Kampung Singkur adalah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Warnasari, Pangalengan. Tempat wisata keluarga di Kabupaten Bandung ini berada di kawasan hutan pinus yang sejuk dan asri. Daya tarik utamanya yaitu wahana rekreasi di Sungai Palayangan. Tersedia juga ragam aktivitas rekreasi di alam terbuka yang cocok untuk keluarga dan kerabat.

Harga Tiket Masuk Kampung Singkur

Pengunjung Wisata Kampung Singkur akan dikenai tarif tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Tiket ini berlaku sama untuk semua kalangan usia. Sedangkan untuk wahana dan paket terdapat tarif tiket terpisah.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp10.000/orang
Parkir Motor Rp10.000/malam
Parkir Mobil Rp40.000/malam
Camping Rp50.000 – Rp350.000 per orang
Penginapan (max. 4 orang) Rp600.000/unit
Paket River Tubing (min. 2 orang) Rp50.000 – Rp90.000
Paket Rafting (min. 5 orang) Rp125.000 – Rp150.000/orang
Paket Offroad Rp200.000/orang
Paket Paintball (min. 20 orang) Rp75.000/orang
Paket Flying Fox Rp20.000/orang
Paket Team Building Rp150.000/orang

Baca Juga: 20+ Destinasi Wisata Alam di Bandung

Jam Buka

Wisata Kampung Singkur buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam. Untuk pengunjung yang ingin bermalam, wana wisata ini buka 24 jam untuk reservasi.

Jam Operasional
Setiap Hari 07.00 – 19.00
Reservasi Penginapan & Camping Ground 24 Jam

Wisata Kampung Singkur

Wisata Kampung Singkur
Wisata Kampung Singkur atau Saung Awi menyajikan suasana alami hutan dan sungai yang asri di Pangalengan – Foto: Google Maps/Fadlee Sierad

Mari berburu wisata alam di sekitar Kota Bandung. Jika kawasan Lembang sudah terasa membosankan maka waktunya untuk eksplorasi ke arah selatan. Tak jauh dari Soreang, ada banyak kawasan wisata dataran tinggi. Salah satunya yaitu Pangalengan yang tentu sudah tidak asing di telinga.

Di Pangalengan, terdapat destinasi wisata keluarga bernama Kampung Singkur. Tempat ini juga terkenal dengan nama ‘Saung Awi’. Lokasinya tak jauh dari Situ Cileunca yang asri.

Selaras dengan namanya, Kampung Singkur menyajikan suasana alam yang jauh dari keramaian kota. Suguhan aliran sungai alami Palayangan merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Wisatawan akan menjumpai keasrian sungai di tengah lingkungan hutan pinus yang sejuk. Berbagai kegiatan wisata untuk keluarga dapat dinikmati di sini.

Spot Foto Instagenic

Pengunjung berfoto di hammock
Bersantai di tengah hutan pinus – Foto: Google Maps/Stephens

Untuk memasuki area Kampung Singkur, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Sementara bagi yang ingin mencoba ragam wahana yang ada, terdapat tiket tambahan per orangnya. Namun, tanpa bermain wahana pun sebenarnya wisatawan bisa menikmati rekreasi di sini.

Tempat wisata yang buka sejak pagi hingga malam ini menempati kawasan hutan dan tepian sungai. Tangga dan jembatan bambu yang tersebar di seluruh area tidak hanya menjadi sarana pendukung. Fasilitas ini juga bisa sering menjadi spot foto menarik.

Wisatawan juga bisa berfoto dengan latar Sungai Palayangan yang asri. Ditambah dengan suasana hutan pinus di sekitarnya yang menambah keindahan. Sambil menyegarkan mata, bertambah juga stok foto untuk pajangan di media sosial.

Berkemah & Penginapan

Penginapan Wisata Kampung Singkur
Untuk akomodasi penginapan, pengunjung bisa memilih untuk berkemah atau menginap di bungalow yang tersedia -Foto: Google Maps/Kautsar Tisamawi

Kampung Singkur menyediakan akomodasi untuk bermalam dengan pilihan berkemah atau bungalow. Tersedia camping ground yang luas untuk berkemah atau kegiatan outing. Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau memilih paket yang ada.

Paket camping di Kampung Singkur bisa menampung hingga lebih dari 20 orang. Paket ini menyediakan fasilitas lengkap mulai dari listrik hingga api unggun. Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman acara barbekyu di tepi sungai melalui paket ini.

Sementara pengunjung yang memilih penginapan akan mendapat fasilitas bungalow. Bungalow dari bambu ini letaknya berada di tepi sungai. Fasilitasnya lengkap dan menyajikan pemandangan aliran sungai. Dikelilingi suasana hutan, wisatawan akan ditemani suara aliran sungai yang menenangkan.

Rafting & Tubing

Mengarungi jeram dengan perahu karet
Menantang adrenalin melalui kegiatan rafting – Foto: Google Maps/R Pribady

Aktivitas rekreasi utama yang jadi daya tarik Kampung Singkur adalah wahana permainan di sungai. Wisatawan dapat mencicipi sejuknya bermain air dengan kegiatan rafting atau tubing. Keduanya cocok untuk dimainkan bersama keluarga atau kerabat.

Rafting mengajak pengunjung untuk mengarungi jeram sejauh 5 kilometer dengan perahu karet. Sementara tubing menggunakan ban pelampung dengan jarak 400 hingga 700 meter. Meski arusnya cukup deras, namun kedalamannya aman untuk anak-anak. Selain itu, kegiatan ini juga didampingi oleh pemandu berpengalaman serta dilengkapi alat pengaman.

Offroad

Pelampung river tubing
Selain rafting dan tubing, masih banyak kegiatan rekreasi alam lainnya yang bsia dinikmati di Wisata Kampung Singkur – Foto: Google Maps/Adhar i

Bagi penyuka kegiatan yang menantang adrenalin, Kampung Singkur menawarkan paket off road. Pengunjung akan diajak berkendara menggunakan Land Rover melewati jalur ekstrem. Ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu rute Gunung Tilu dan Gambung.

Kedua rute ini akan membawa wisatawan bergumul di area tanah sekitar kebun teh. Titik akhirnya adalah area Situ Cileunca. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan sejuknya udara kawasan kebun teh dataran tinggi.

Paintball dan Flying Fox

Kampung Singkur juga bisa menjadi lokasi kegiatan team building untuk kelompok. Paket team building menawarkan rangkaian aktivitas yang bisa meningkatkan kekompakan. Salah satunya yaitu kegiatan rafting yang bisa dicoba bersama-sama.

Selain itu, ada juga paintball dan flying fox. Peserta akan diajak ‘berperang’ bersenjatakan peluru cat di tengah area hutan yang sejuk. Rasakan juga serunya meluncur di antara pepohonan dari ketinggian melalui wahana flying fox.

Fasilitas Wisata Kampung Singkur

Fasilitas Kampung Singkur yaitu area parkir, toilet, mushola, warung makan, dan penginapan. Sarana rekreasinya terdiri dari camping ground, aktivitas outbond, wahana rekreasi sungai, dan kegiatan off road. Ada juga hammock dan gazebo untuk beristirahat. Selain itu tersedia paket-paket wisata dan penginapan untuk keluarga maupun korporasi.

Lokasi Wisata Kampung Singkur

Wisata Kampung Singkur terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasinya bisa diakses dari Kota Bandung dengan Tol Soroja atau Mohammad Toha. Jaraknya kurang-lebih 51 kilometer atau 2 jam berkendara dari Kota Bandung. Medan akses jalan mendekati lokasi memang agak berlubang dan berbatu jadi perlu berhati-hati saat melintasinya. 

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini