Beranda Tiket Wisata

SITU CILEUNCA Bandung Tiket & Ragam Aktivitas Oktober 2021

Situ CileuncaHarga Tiket: Rp3.000 - Rp5.000Jam Buka: 07.00 - 18.00No Telp: -Alamat: -, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, -

Bandung Selatan adalah surganya wisata alam salah satunya ada di Situ Cileunca ini. Danau buatan yang luas kawasannya mencapai 1.400 hektar. Keberadaan danau ini telah ada sejak masa kolonial Belanda. Pemiliknya pun orang Belanda, yang membangun tempat ini hingga tujuh tahun lamanya.

Danau ini memegang peran penting sebagai sumber mata air bersih bagi warga Bandung. Kini, fungsinya bertambah juga sebagai objek wisata yang menawarkan berbagai daya tarik. Alamnya yang indah otomatis menjadi daya tarik pemikat utama bagi wisatawan. Ditambah dengan adanya wahana-wahana yang sayang jika terlewat begitu saja.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca Bandung

Objek wisata nan indah ini tak serta merta membuat tiket masuknya menjadi mahal. Wisatawan dapat tetap berkunjung dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. Namun, untuk wahana wisatanya sendiri ada tarif terpisah dari tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000
Parkir motorRp 3.000
Parkir mobilRp 10.000

Baca Jaga: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap

Jam Operasional Situ Cileunca Bandung

Objek wisata ini memungkinkan wisatawan untuk berkemah. Namun jika hanya ingin berwisata, objek wisata ini buka dari pagi hingga petang.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 18:00 WIB

Menikmati Indah Alam Situ Cileunca

Bukit Teh di Kawasan Situ Cileunca
Bukit Teh di Kawasan Situ Cileunca. Foto: Gmap/Tjalaja Channel

Situ Cileunca berada di ketinggian 1550 mdpl, dengan suhu udara yang sangatlah sejuk. Bahkan, udara di sini dapat mencapai 10 derajat celcius. Luas kawasan ini kurang lebih 1.400 hektar yang sekelilingnya merupakan pegunungan dan bukit hijau. Gunung Wayang, Malabar, dan Windu, menjadi pemandangan indah dari kawasan danau.

Selain itu objek wisata ini juga terdapat perbukitan teh yang indah. Hamparan hijau merupakan pemandangan utama ketika membuang pandangan ke sekeliling. Danaunya sendiri berisi air yang jernih dan tentunya sejuk dan dingin. Bahkan pantulan langit dan sekitarnya tampak jelas di permukaannya yang tenang.

Wisatawan yang datang ke objek wisata ini biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai. Karena kesejukan kawasan dapat membantu memulihkan pikiran setelah penat dengan aktivitas harian. Tak sedikit juga wisatawan yang menjajal berbagai wahana wisata yang ada. Tentunya akan menciptakan momen bahagia tersendiri bersama keluarga dan orang dekat.

Baca Juga: SUNRISE POINT CUKUL Tiket & Pesona

Berkemah di Situ Cileunca Bandung

Objek wisata ini ramah akan wisatawan. Bahkan, wisatawan dapat mendirikan tenda di kawasan sekitar danau. Wisatawan dapat membawa sendiri peralatan berkemah termasuk tenda dan perlengkapannya. Mendirikan tenda di tepi danau di atas rumput, akan membawa kealamian dalam berwisata.

Pagi dan malam hari di kawasan ini sangat dingin, hingga sebagian besar kawasan tertutup kabut. Keunikan lainnya yang dapat disaksikan adalah terbitnya matahari di ufuk timur. Menggantikan gelap dan memecah kabut yang menutupi sejak malam. Menggantinya dengan cahaya keemasan yang cerah dan hangat.

Uniknya lagit, matahari muncul perlahan dan tampak seolah mengintip di balik pepohonan. Perlahan cahayanya terpantul di permukaan danau. Membuat danau seolah berkelip karena tersinari matahari.

Baca Juga: GLAMPING LEGOK KONDANG Ciwidey

Serunya Memetik Buah Strawberry dan Arbei

Dataran tinggi adalah tempat yang tepat untuk menanam buah strawberry dan arbei. Buah yang masuk dalam golongan beri-berian ini dibudidayakan di kawasan danau. Wisatawan dapat memetik langsung buah-buah ini dari pohonnya. Selama memetik buah-buah ini, wisatawan bisa sambil mencicipi buah yang rasanya manis asam ini.

Sedangkan untuk memasuki kebun strawberry sendiri dikenakan tiket lagi. Jika ingin berfoto-foto, melihat-lihat kebun, memetik dan langsung memakannya, hanya dikenakan tiket masuk. Namun, jika wisatawan ingin membawa pulang buah strawberry atau arbei, maka perlu membayar harga buah per kilogramnya.

Baca Juga: Situ Cisanti Bandung Tiket & Aktivitas

Memacu Adrenalin di Situ Cileunca

Arung Jeram di Situ Cileunca
Arung Jeram di Situ Cileunca. Foto: Gmap/Kebluk Mancing

Situ Cileunca memiliki pemandangan indah serta kawasan sungai yang mendukung untuk kegiatan arung jeram. Sumber air Situ Cileunca berasal dari Situ Cipanunjang, dan pembuangan airnya melalui Sungai Palayangan. Debit air sungai bisa diatur sehingga relatif stabil, ditambah dengan kontur bebatuan yang menawan. Menjadi penguji adrenalin bagi para pengarung jeram yang mencoba mengarungi sungai ini.

Dalam satu perahu arung jeram berisi empat hingga lima orang dengan tambahan satu pemandu. Wisatawan juga akan mendapat perlengkapan keamanan supaya tidak tenggelam. Petualangan dimulai dengan mendayung dari Situ Cileunca menuju titik awal arung jeram. Lokasinya berada di Sungai Palayangan. Pengunjung juga harus turun dari perahu kemudian menaiki anak tangga terlebih dahulu untuk sampai di titik awal.

Aktivitas mengarungi sungai yang airnya jernih namun deras arusnya. Menabrak batu-batu sungai dan meluncur kencang di terjunan sungai. Menjadi pemacu adrenalin yang seru dan menyenangkan selama 1,5 jam petualangan di Sungai Palayangan.

Baca Juga: GLAMPING LAKESIDE Rancabali Tiket & Ragam Aktivitas

Berkeliling Santai dengan Perahu

Perahu yang Siap Mengitari Danau
Perahu yang Siap Mengitari Danau. Foto: Gmap/K. Indah Kirana

Jika ingin lebih santai dalam menikmati danau, wisatawan bisa menyewa perahu wisata. Wisatawan dapat menyewa perahu yang dijajakan oleh warga sekitar. Setiap orang dikenakan biaya Rp 25.000 tanpa batasan waktu.

Wisatawan dapat berkeliling puas dengan perahu yang dibawa oleh warga lokal ini.Menikmati indahnya dana yang airnya begitu jernih dan tenang. Sambil menikmati udara sekitar yang sejuk.

Baca Juga: D’RIAM RIVERSIDE Bandung Tiket & Ragam Wahana

Menikmati Senja di Jembatan Cinta

Senja di Jembatan Cinta
Senja di Jembatan Cinta. Foto: Gmap/Isti Rahmawati

Keunikan lain dari Situ Cileunca adalah adanya Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini adalah sebuah jembatan yang tiang di kanan kirinya berwarna merah. Sehingga tak sedikit juga yang menyebutnya jembatan merah. Jembatan ini menghubungkan dua desa, yaitu Desa Pulosari dan Desa Wanasari.

Jembatan ini seringkali menjadi tempat bertemunya muda-mudi dua desa tersebut. Tak jarang digunakan oleh para pasangan untuk memadu kasih. Sehingga muncul nama Jembatan Cinta.

Jembatan ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan indahnya pemandangan senja. Matahari terbenam tampak sangat cantik dilihat dari sini. Pantulan oranye warna mentari nampak sangat indah dari permukaan danau. Membawa suasana syahdu sore ditemani dengan semilir angin yang sejuk.

Lokasi Situ Cileunca Bandung

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 50 Kilometer dari kota Bandung. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini