Kawah Putih Harga Tiket: Rp27.000-Rp162.000 Jam Buka: 07.00-17.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat , Indonesia, 40972.

Kawah Putih merupakan kawah hasil dari letusan Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung. Warna putih kawah tersebut dihasilkan dari kandungan beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Keunikan panoramanya yang berkesan romantis merupakan alasan kawasan ini menjadi favorit para wisatawan.

Objek wisata ini terletak di dataran kawasan pegunungan pada ketinggian sekitar 2.430 mdpl. Sehingga suhu kawasan wisata ini sangat sejuk, berkisar antara 15 – 22º Celsius.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Karena harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey
Tiket Masuk Terusan + Dermaga Ponton + Skywalk CantigiRp38.000
Wisatawan DomestikRp27.000
Wisatawan MancanegaraRp81.000
Angkutan Wisata Ontang-Anting PPRp27.000
Jasa Lingkungan (Parkir R4 di Pusat Kawah)Rp162.000
Dermaga PontonRp11.000
Sunan IbuRp11.000
Sky Walk Cantigi ARp11.000
Sky Walk Cantigi BRp11.000
Charge Foto PreweddingRp500.000
Charge ShootingRp3.000.000
Tiket Parkir Kendaraan 
Tiket Parkir MotorRp6.000
Tiket Parkir MobilRp11.000
Tiket Parkir BusRp27.000

Beberapa hal yang perlu perhatian sebelum berkunjung: 

  1. Kawah Putih Ciwidey terbuka untuk semua wisatawan dari berbagai daerah.
  2. Anak usia 5 tahun sudah berlaku tiket masuk normal.
  3. Pengunjung dapat membeli tiket langsung di loket.
  4. Untuk berkunjung ke Kawah Putih tidak wajib membawa surat rapid test.

Baca: Ranca Upas Ciwidey Tiket & Aktivitas

For foreign tourists, read this article for further information about this destination.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Tempat wisata ini terbuka setiap hari untuk umum, buka dari pagi sampai sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata

Kabut tipis seringkali menyelimuti Kawah Putih layaknya hawa pegunungan yang dingin. Posisinya yang terletak di Puncak Ciwidey menambah indah nuansa keindahannya. Pada waktu-waktu tertentu kabut tebal dapat turun menyelimuti dan menghalangi jarak pandang.

Objek wisata ini salah satu tujuan favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Karena itu pada hari libur biasa jumlah wisatawan per hari berkisar 1.500 – 2.000 orang. Sedangkan pada libur panjang jumlahnya dapat mencapai 5.000 orang perharinya.

Menikmati Keindahan Danau

Kawah Putih Bandung terbentuk secara alami dari hasil letusan Gunung Patuha dengan endapan tuff putih
Kawah Putih Bandung terbentuk secara alami dari hasil letusan Gunung Patuha dengan endapan tuff putih. Foto : Google Maps/Bhisma Puput

Kawah Putih merupakan danau hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Kontur tanahnya berwarna putih yang terjadi secara alamiah dari endapan tuff (abu gunung api). Air danaunya berwarna putih jernih kehijauan.

Kawah ini dikelilingi pasir putih dengan riak bertabur asap dan letupan lumpur hidup sesekali. Warna kawahnya dapat berubah sesuai kadar belerang, suhu, dan cuaca di sekitar area. Terkadang berwarna hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu, hingga berwarna putih berkabut.

Baca: Pemandian Air Panas (Hot Spring) Ciwidey Tiket & Aktivitas

Di sini, wisatawan akan mencium bau belerang yang kuat dari asap yang keluar dari kawahnya. Dengan tingkat keasaman tinggi di kisaran pH 0,5 – 1,3. Terdapat larangan bagi Wisatawan untuk berenang karena airnya memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi dapat membahayakan wisatawan.

Naik Ontang-anting ke Kawah

Memasuki area tempat wisata ini, wisatawan akan menumpangi ontang-anting menuju kawasan utamanya. Kendaraan ini adalah angkutan hasil modifikasi pihak pengelola untuk menuju pintu masuk. Selain sebagai angkutan, alat transportasi ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Harga tiket masuk Kawah Putih juga sudah termasuk tarif naik Ontang-anting. Menaiki kendaraan ini, wisatawan dapat menikmati udara segar dari kawasan yang masih murni. Sepanjang jalan akan terlihat hutan alami khas pegunungan.

Kawah Putih Sejarah Mitologi Sunda

Pepohonan di sekitar kawah memberikan kesan eksotis yang sangat cocok untuk latar foto bagi wisatawan Kawah Putih Bandung
Pepohonan di sekitar kawah memberikan kesan eksotis yang sangat cocok untuk latar foto bagi wisatawan. Foto : Instagram/ade_alman11

Masih menurut legenda, puncak Gunung Patuha tempat Kawah Putih berada merupakan tempat bertahtanya arwah leluhur. Gunung purba di Bandung ini memiliki julukan ‘Pak Tua’ karena usianya diduga lebih tua dibandingkan dengan gunung Sunda. Letusan Gunung Sunda sendiri memunculkan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang.

Keyakinan mitologi ini dibuktikan secara ilmiah dengan ekspedisi Franz Wilhelm Junghuhn pada 1837. Sebelumnya Gunung Patuha dianggap gunung angker dan puncaknya adalah wilayah keramat yang tidak boleh dimasuki. Hal tersebut diyakini karena tidak adanya  seekor pun burung melintasi Gunung Patuha, apalagi puncaknya.

Baca: Ciwidey Valley Resort Tiket & Aktivitas

Junghuhn pun menemukan bahwa hal tersebut karena kandungan unsur kawasan Kawah Putih. Hal tersebut mengingatkan kata ‘Sunda’ yang berasal dari bahasa Sansekerta Cuda berarti ‘putih’. Karena letusan Gunung Sunda tersebut mengakibatkan dataran Priangan diselimuti endapan tuff putih.

Berburu Foto di Spot Sunan Ibu

Menikmati matahari terbit dari spot Sunan Ibu Kawah Putih Bandung
Menikmati matahari terbit dari spot Sunan Ibu.
Foto : Instagram/bandunginframe

Selama berada di Kawah Putih Bandung didominasi warna putih akan begitu terasa. Sangat cocok untuk wisatawan yang suka berburu spot foto Instagramable. Memiliki kesan romantis dan unik serta menjadi latar favorit wisatawan untuk berfoto. Panorama alamnya yang indah, menjadi daya tarik wisatawan, terutama pasangan muda untuk mengabadikan momen.

Selanjutnya latar belakang kawah dan alam yang eksotis menambah kesan natural hasil foto. Destinasi wisata ini turut dipopulerkan sebagai lokasi syuting film Heart pada 2006 silam. Lokasi ini juga kerap digunakan untuk lokasi foto prewedding.

Baca: Barusen Hills Ciwidey Tiket & Aktivitas

Salah satu spot foto yang menarik adalah Sunan Ibu sunrise viewing point. Spot ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan terutama pecinta fotografi untuk berburu sunrise. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari atas dan melihat matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl.

Fasilitas

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey juga telah dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Area pelataran parkirnya luas dan aman. Bagi yang ingin bersantap, telah tersedia banyak pilihan kios makan.

Di daerah sekitar kawah juga terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan bebatuan khas kawah. Cinderamata tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit hingga menghilangkan jerawat.

Akses

Akses jalan  menuju Kawah Putih Ciwidey sudah cukup mudah. Lokasi wisata ini berada di jarak 44 km arah Selatan kota Bandung. Tepatnya di sebelah kiri jalan raya km 41 Ciwidey – Rancabali, sebelum bumi perkemahan Ranca Upas.

Terdapat dua jalur pilihan, yaitu dari Cimahi melewati Baros dan tembus di Soreang. Alternatif lain dapat menuju Ciwidey dari arah jalan raya Kopo – Soreang. Menuju Ciwidey dari Cimahi, kondisi jalan tidak terlampau macet hanya saja rute perjalanan akan lebih memutar. Sementara jika melewati rute jalan raya Kopo – Soreang akan menghemat waktu.

Menuju Kawah Putih juga dapat menggunakan kendaraan umum. Tepat di gerbang masuk, wisatawan akan menjumpai papan petunjuk arah memasuki kawasan wisata.

Lokasi Kawah Putih

Kawasan Wisata ini berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,60 | 30 Pembaca

76 KOMENTAR

    • Dari informasi yang kami dapat. Kawah Putih Ciwidey sudah tidak mewajibkan pengunjung untuk membawa surat rapid test. Pengunjung wajib datang dalam kondisi sehat, menggunakan masker dan patuh pada protokol kesehatan yang berlaku di area. Terima Kasih

  1. apakah tanggal 12 januari 2021 buka? mengingat ada peraturan psbb dan apakah disana harus menyertakan surat rapid? mohon infonya, terima kasih.

    • Selama pandemi Covid-19, Kawah Putih Ciwidey tetap beroperasi dari pukul 07.00-17.00 WIB. Kawah Putih tidak mewajibkan pengunjung membawa surat rapid test. Pengunjung hanya perlu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Terima Kasih

  2. Tanggal 9 Januari Apakah kawah putih buka atau masih tutup.
    Biaya masuk Berapa ya. Soalnya saya DARI jakarta.

    • Dari informasi yang kami dapat. Kawah Putih buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk informasi harga tiket masuk dapat dilihat di halaman artikel. Terima Kasih

    • Kawah Putih buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Dari informasi yang kami dapat, di perjalanan menuju Kawah Putih akan ada pemeriksaan surat rapid test. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat. Jika pengunjung membawa sepeda motor akan dikenakan biaya tiket sebagai berikut: Tiket masuk domestik Rp30.000/orang, angkutan wisata Rp30.000/orang dan biaya tiket motor Rp10.000. Jadi untuk 2 orang pengunjung dan 1 sepeda motor biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp130.000. Harga tiket masuk domestik belum termasuk ke fasilitas Dermaga Ponton, Sunan Ibu, dan Sky Walk Cantigi. Terima Kasih

    • Kawah Putih buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk informasi harga tiket terbaru dapat dilihat di halaman artikel. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini