Beranda Tiket Wisata

HUTAN PINUS RAHONG Tiket & Aktivitas Desember 2021

Hutan Pinus RahongHarga Tiket: Rp4.000 - Rp80.000Jam Buka: 06.30 - 18.00No Telp: -Alamat: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Hutan Pinus Rahong atau terkenal juga dengan nama Wanawisata Rahong merupakan wisata bernuansa alam di Bandung. Memiliki enam klaster wanawisata letaknya berdekatan satu sama lain. Yaitu Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, dan Wisata Alam Singkur. Terdapat juga area Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong, Jembatan Cirahong.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Rahong

Harga tiket masuk setiap wahana di hutan pinus rahong terbilang murah. Hanya saja terdapat biaya tambahan untuk menikmati setiap klasternya. Kisaran harga masing- masing klaster tergantung dari kelengkapan fasilitas yang tersedia. Selain itu ke enam wahana di sini menawarkan sensasi pengalaman wisata yang berbeda. Berikut informasi harga tiket masuk dan biaya tambahan setiap wahana:

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000. Parkir semalaman karena camping Rp50.000
Wahana
Camping ground legok reretRp20.000/orang
Camping ground pineus tilu (per tenda 4-6 orang)Weekday: Rp600.000, Weekend: Rp800.000
Rafting (Max. perahu 6 orang)Rp125.000 – Rp150.000/orang
Paintball (Min. pemain 4 orang)Rp80.000/orang
Flying FoxRp15.000/orang

Baca Juga: 50 Tempat Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat

Jam Buka

Ada baiknya datang pagi atau siang hari. Karena kondisi jalanan menuju kawasan wisata cukup berliku-liku. Badan jalan di kawasan wisata ini tergolong sempit jadi harus berhati-hati. Sebetulnya tempat wisata ini buka 24 jam, tetapi khusus buat wahana camping ground.

Jam Operasional
Setiap hari06.30 – 18.00

Aktivitas Menarik di Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong Bandung menawarkan beragam pilihan aktivitas menarik, lokasinya saling berdekatan. Ada banyak opsi kegiatan yang bisa dilakukan selama berkunjung di Wanawisata Rahong, yaitu:

Wanawisata Rahong menghadirkan beragam aktraksi mengusung konsep menyatu dengan alam. Sebagian besar kegiatan outdoor seperti Paintball, Flying Fox, Rafting hingga camping. Kadang lokasi di Hutan Pinus Rahong menjadi tempat pertunjukan konser musik, pra-wedding dan gathering.

Masing-masing klaster Hutan Pinus Rahong Bandung memiliki aktraksi pengalaman tersendiri. Baik itu, permainan Paintball, Rafting sampai camping tengah hutan dan tepi sungai. Budget sudah termasuk fasilitas dari setiap klasternya.

Wahana

Kesejukan udara kawasan wisata kampur singkur masih terjaga
Wisatawan bisa merasakan camping serasa di rumah dengan pemandangan sejuk. Foto: Google Maps/Feri Ferdianto

Hutan Pinus Rahong Bandung menawarkan enam klaster dengan sensasi berlibur yang berbeda-beda. Mulai dari permainan Flying Fox, Paintball, Fun game dan spot foto instagrammable. Tidak hanya itu, tersedia juga permainan air seperti rafting serta penginapan. Konsep camping di Wanawisata Rahong terletak di pinggir sungai dan tengah hutan.

Berkemah di Tepi Sungai dan Tengah Hutan

berkemah di tepi sungai yang mengalir di Hutan Pinus Rahing
Selain untuk menginap wisatawan bisa memancing ikan di area sekitarnya. Foto: Google Maps/Amin Suparman

Camping ground Pineus Tilu menawarkan sensasi berkemah terbilang sangat unik dengan view kece. Yakni di sebelah aliran sungai, tenang! sungai ini berasal dari aliran Danau Situ Cileunca. Dengan debit air yang bisa diatur dari pintu danau sehingga relatif stabil. Ada banyak kegiatan seru di sini seperti memancing, barbecue, berkumpul sambil menikmati keindahan alam.

Pastikan juga membawa pakaian tebal sebab suhu udara pada saat pagi hari di kisaran 13-15 derajat celsius. Tersedia area publik mulai dari area makan, barbecue, area bersantai di hammock juga smoking area. Kemudian tersedia pula breakfast lengkap dengan teh hangat, jus buah. Selain itu pengunjung juga boleh membawa bahan makanan dan peralatan masak dari rumah.

Kegiatan Outdoor

Wahana camping ground di tengah hutan pinus rahong
Pengunjung dapat merasakan keseruan camping di tengah hutan tanpa gemericik air. Foto: Google Maps/Dwi Listiani

Berbagai aktivitas outdoor juga tersedia seperti Flaying fox, Paintball, Fun game serta berbagai spot foto. Selain itu, banyak yang memanfaatkan area outdoor Datar Pinus untuk berbagai kegiatan. Mulai dari konser, pra-wedding hingga gathering formal maupun informal berada di alam terbuka.

Sebetulnya Datar Pinus khusus untuk kegiatan camping dengan mengusung konsep tengah hutan. Memiliki 2 jenis tenda yaitu tenda biasa dan tenda dome untuk keluarga. Jeep camp atau camping dengan kendaraan yang bisa dibawa masuk ke dalam area hutan pinus. Keduanya sudah tersedia fasilitas penginapan yang cukup lengkap.

Wisata Alam Singkur

Titik kumpul dan akhir permainan Rafting
Rafting merupakan wahana permainan air dengan menggunakan perahu karet. Foto: Google Maps/Amin Suparman

Untuk area yang satu ini terletak di tepi sungai palayangan, di sini juga terdapat warung yang berjejer di pinggir sungai. Banyak pemain arung jeram menghabiskan waktu untuk rehat sejenak untuk mengisi tenaga kembali. Berbagai kudapan serta minuman hangat tersedia lengkap di warung ini. Lokasinya berada di tepi sungai memudahkan pemain arung jeram mengunjungi dan mampir sejenak.

Sambil menikmati kudapan, minuman berteman segarnya air sungai sekitar warung. Terdapat akses jalan kaki menuju Hutan Pinus Rahong. Kemudian tersedia juga penginapan sederhana semacam kabin dengan pemandangan area sungai dan perbukitan hijau. Lokasi penginapan kabin ini masuk pada area Wisata Alam Singkur.

Fasilitas

Tersedia berbagai fasilitas secara lengkap. Meliputi Family Tent, Cussion seat dan bantal, Slepping bag dan Foam mattres. Ada juga Private Dining dan Coffe Tabels, Camp Fire, BBQ Equipments, Dining Area. Hommocking, Fishing Pond, Toilet, Tisu dan Warm Water Shower, Parking Area.

Rute & Lokasi Hutan Pinus Rahong

Kawasan wisata hutan pinus ini berada di Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378. Akses jalan menuju kawasan wisata Hutan Pinus Rahong terbilang mudah. Cukup mengikuti jalan besar dari pusat Pangalengan hingga menuju Situ Cileunca. Lokasi Wanawisata Rahong juga tersedia di Google Maps. Ingat ketika sampai Jalan Raya Pangalengan perlu hati-hati sebab kondisi jalan berliku-liku.

Rute perjalanan menggunakan mobil pribadi dari arah Jakarta. Bisa memilih keluar dari Gerbang Tol Buah Batu lalu belok ke arah sampai tiba di persimpangan antara Ciwidey dan Pangalengan. Kemudian ambil arah kiri ke Pangalengan susuri terus hingga bertemu Situ Cileunca. Tidak jauh dari situ akan menemukan jalan masuk ke Wanawista Rahong terletak di sebelah kiri jalan.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Kasi Bintang