Puncak Bintang Bandung
Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang Bandung bisa menjadi pilihan tempat wisata alam yang juga menawarkan keromantisan. Dataran tinggi yang menghadap ke kota Bandung, menawarkan pemandangan indah dan romantis terutama sunset dan suasana malam hari. Selain itu tentu berbagai aktivitas wisata lainnya juga bisa dilakukan. Trekking, camping, dan kegiatan alam lainnya.

Harga Tiket Masuk Puncak Bintang Bandung

Untuk berwisata ke kawasan bukit ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk Puncak Bintang Bandung bisa didapat dengan harga mulai Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Puncak Bintang Bandung
Tiket Masuk Rp15.000
Tiket Masuk Kemping Rp25.000

Baca: Bukit Moko Bandung Tiket & 5 Aktivitas Wisata

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan Bukit Bintang mulai dari pagi hari. Puncak Bintang Bandung mulai dibuka pukul 08.00 pagi setiap hari.

Jam Buka Puncak Bintang Bandung
Setiap Hari 08.00 – 19.00 WIB

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Puncak Bintang yang berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Bandung dan sekitarnya dari atas ketinggian. Tak hanya itu, di tempat ini juga ada beberapa alternatif wisata lain seperti menjelajah hutan pinus hingga camping.

1. Memandang Lanskap dan Menikmati Sunset

Sunset Puncak Bintang Bandung
Menikmati keromantisan matahari tenggelam dari Bukit Bintang. foto: fabianto setiadi

Karena berada di puncak sebuah bukit, maka tentu hal yang akan ditawarkan adalah pemandangan luas dari lanskap alam sekitarnya. Dari atas Bukit Bintang ini, pengunjung bisa bersantai di kursi-kursi yang sudah disediakan untuk melihat pemandangan alam dengan cuaca yang sejuk.

Saat siang, hijaunya perbukitan akan menjadi hidangan utama. Namun ketika sore menjelang malam, jika cuaca tidak berkabut, maka bersiaplah menikmati cantiknya matahari tenggelam (sunset).

Baca: TAMAN LOVE Soreang Bandung Tiket & Aktivitas

2. Citylight Kota Bandung dari Puncak Bintang

pemandangan lampu kota dari puncak bintang bandung
Menikmati citylight kota bandung dari dataran tinggi puncak bintang. foto:  gmap/evin eka prayogi

Selepas suguhan sunset, masih ada suguhan tak kalah cantik dan romantis yaitu kerlap-kerlip lampu kota yang membentang bagai hamparan cahaya. Persiapkan pula jaket tebal karena suhu udaranya akan sangat dingin.

3. Dermaga Bintang

dermaga bintang
Dermaga Bintang tempat yang biasa digunakan untuk memandang panorama sekitar bukit. foto: gmap/Oha Burhanudin

Salah satu lokasi favorit bernama Dermaga Bintang ini merupakan dek tempat melihat pemandangan alam. Dek ini dibuat tinggi, sejajar dengan puncak pepohonan pinus sehingga pandangan mata akan lebih luas alias tidak terhalkeromantisanang pepohonan. Itulah kenapa tempat ini selalu menjadi favorit untuk berfoto.

4. Menyusuri Hutan Pinus

hutan pinus puncak bintang bandung
Menyusuri hutan pinus Salah satu aktivitas alam yang bisa dilakukan di Puncak Bintang bintang. foto: gmap/Prawiro Utomo

Di dekat kawasan Bukit Bintang juga ada hutan pinus. Hutan Pinus ini sudah tertata sehingga terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki agar terarah. Deretan dan sebaran pohon pinus yang menjulang tinggi ditambah semburat cahaya yang menerobos masuk dari ranting dan dedaunan, menjadikan suasananya sangat menyenangkan.

Bagi pecinta fotografi, nuansa seperti ini tentu sangat menggoda untuk diabadikan. Pagi dan sore hari adalah waktu yang cocok untuk menyusuri hutan pinus yang memiliki total jalur sepanjang sekitar 2 km ini. Tak hanya berjalan kaki, ada kalanya terdapat pengunjung yang menjadikan hutan pinus ini sebagai area trek bersepeda.

Baca: Grafika Cikole Lembang Tiket & 5 Aktivitas Menarik

5. Berkemah

berkemah di kawasan puncak bintang
Berkemah menjadi aktivitas yang cukup favorit di kawasan wisata bukit bintang. foto: gmap/Abah Alfath

Di area sekitar Puncak Bintang juga terdapat lapangan luas yang dijadikan tempat berkemah. Di tempat ini, pengunjung bisa menyewa tenda atau membawa sendiri untuk didirikan dengan tarif yang cukup terjangkau.

Tersedia juga kayu api unggun untuk menerangi kemah sehingga suasana kemahnya semakin terasa. Untuk menikmati sensasi berkemah ini, pengunjung cukup mendaftar langsung di hari bersangkutan, tidak perlu booking atau memesan jauh-jauh hari.

Hanya saja jika saat akhir pekan atau libur, maka ada baiknya mendaftar sejak pagi, apalagi jika tidak membawa tenda sendiri lantaran jumlah tenda kemahnya juga tentunya terbatas.

Baca: Ciwangun Indah Camp Bandung Tiket & Berbagai Aktivitas

6. Sunrise di Patahan Lembang

Usai menikmati dinginnya malam dengan berkemah, sempatkan pula menuju area yang dinamakan Patahan Lembang. Di sana adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas standar sebagaimana tempat wisata tersedia di Puncak Bintang. Area parkir di dua lokasi : atas dan bawah, toilet, dan musholla semua tersedia dengan cukup memadai. Tempat makan juga tersedia di lingkungan sekitar Puncak Bintang, bukan di dalam areanya. Untuk kenyamanan  dan keselamatan, saat malam jalan yang ada disana juga sudah disediakan lampu penerangan.

Lokasi Bukit Bintang Bandung

Kawasan Wisata ini berlokasi di Cimenyan, Bandung, West Java 40197.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,80 / 5 pembaca